Anak Suka Buang Makanan? Coba Tips Ini Yuk, Bu!

Anak Suka Buang Makanan? Coba Tips Ini Yuk, Bu!

Pernahkah Bu ibu mengalami masalah dengan anak yang suka buang makanan? Jika ya, Bu, jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Banyak orangtua mengalami hal yang sama. Anak-anak yang suka buang makanan adalah hal yang umum terjadi. Namun, sebagai orangtua, tentu kita ingin mengajarkan anak untuk menghargai makanan dan tidak membuang-buangnya. Oleh karena itu, dalam tulisan ini, saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebiasaan buang makanan pada anak.

Sebelum kita masuk ke tipsnya, ada baiknya kita memahami penyebab anak suka buang makanan. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya, antara lain:

1. Eksplorasi Kemampuan Motorik
Anak usia 1-3 tahun sedang dalam masa perkembangan motoriknya. Mereka senang mengambil dan melempar benda-benda di sekitar mereka, termasuk makanan. Ini adalah cara mereka untuk belajar dan bereksplorasi. Jadi, jangan terlalu khawatir jika anak Anda suka buang makanan, karena itu adalah bagian dari proses belajar mereka.

2. Ketidakcocokan dengan Rasa Makanan
Beberapa anak memiliki preferensi rasa yang berbeda-beda. Mereka mungkin tidak menyukai beberapa jenis makanan tertentu dan lebih memilih untuk membuangnya. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik atau pengalaman sebelumnya. Misalnya, jika anak pernah mengalami mual setelah makan makanan tertentu, mereka mungkin akan menghindarinya di masa mendatang.

3. Gangguan Sensorik
Beberapa anak memiliki gangguan sensorik yang membuat mereka tidak nyaman dengan tekstur atau aroma makanan tertentu. Hal ini bisa menjadi penyebab mereka suka buang makanan. Jika Anda curiga bahwa anak Anda memiliki gangguan sensorik, sebaiknya konsultasikan dengan ahli terkait.

Setelah memahami penyebab anak suka buang makanan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

Baca Juga:  Rekomendasi Dokter Spesialis Gastroenterologi di Jakarta

1. Berikan Porsi yang Tepat
Salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan buang makanan pada anak adalah dengan memberikan porsi yang tidak terlalu banyak. Jika anak Anda merasa kenyang dengan porsi yang kecil, mereka akan lebih cenderung untuk menghabiskannya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan tambahan jika mereka masih merasa lapar setelah selesai makan.

2. Libatkan Anak dalam Proses Memilih Makanan
Memberikan anak pilihan dalam memilih makanan juga bisa membantu mengurangi kebiasaan buang makanan. Misalnya, Anda bisa menawarkan dua pilihan sayuran yang berbeda dan meminta mereka untuk memilih satu yang mereka sukai. Dengan cara ini, anak merasa lebih memiliki kontrol atas makanannya dan lebih termotivasi untuk menghabiskannya.

3. Kreatif dalam Penyajian Makanan
Mengubah tampilan makanan bisa membuat anak lebih tertarik untuk mencobanya. Anda bisa mencoba membuat bentuk-bentuk yang menarik atau menggabungkan warna-warna yang cerah. Misalnya, Anda bisa membuat piring berbentuk wajah dengan menggunakan potongan sayuran dan buah-buahan. Hal ini tidak hanya membuat makanan terlihat menarik, tetapi juga bisa meningkatkan selera makan anak.

4. Libatkan Anak dalam Proses Memasak
Mengajak anak untuk turut serta dalam proses memasak juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan buang makanan. Anak akan merasa lebih tertarik dan memiliki rasa keberhasilan ketika mereka melihat hasil masakan mereka sendiri. Selain itu, mereka juga akan lebih menghargai makanan karena mereka tahu betapa banyak usaha yang dilakukan untuk membuatnya.

5. Berikan Pendidikan tentang Pentingnya Makanan
Pendidikan tentang pentingnya makanan juga penting untuk diberikan kepada anak. Anda bisa menjelaskan kepada mereka mengenai manfaat makanan bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Misalnya, Anda bisa mengatakan bahwa sayur dan buah-buahan bisa membuat mereka tumbuh tinggi dan kuat, atau bahwa makanan bergizi bisa membuat mereka lebih cerdas dan pintar. Dengan memberikan pemahaman yang baik, anak akan lebih menghargai makanan dan tidak suka membuang-buangnya.

Baca Juga:  Vitamin A dalam ASI

6. Jangan Terlalu Memaksa
Terakhir, jangan terlalu memaksa anak untuk menghabiskan makanan mereka. Memaksa anak untuk menghabiskan makanan bisa membuat mereka merasa tertekan dan tidak menyenangkan. Hal ini bisa memperburuk kebiasaan buang makanan mereka. Sebagai gantinya, berikan mereka waktu dan ruang untuk menghabiskan makanan mereka sendiri. Anda bisa memberikan batasan waktu, misalnya 30 menit, untuk menghabiskan makanan. Jika mereka tidak menghabiskannya dalam waktu tersebut, biarkan saja dan jangan terlalu mempermasalahkannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebiasaan buang makanan pada anak. Ingatlah bahwa setiap anak adalah individu yang unik, jadi Anda perlu mencari tahu apa yang bekerja dengan baik untuk anak Anda. Jangan lupa untuk tetap sabar dan memberikan dukungan kepada anak selama proses ini. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan anak-anak Anda. Selamat mencoba, Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com