Shichida Method, Stimulasi Otak Kanan Anak dengan Maksimal


Shichida Method: Metode yang Maksimalkan Konsentrasi dan Potensi Anak

Shichida Method adalah salah satu metode pendidikan yang diklaim mampu meningkatkan konsentrasi dan potensi anak secara maksimal. Metode ini dikembangkan oleh seorang peneliti veteran yang berfokus pada pengembangan otak kanan anak. Dalam metode ini, anak-anak akan diajarkan berbagai teknik dan metode belajar yang berbeda, sehingga dapat meningkatkan fungsi otak kanan mereka.

Pentingnya Konsentrasi dalam Belajar

Sebagai orang tua, kita semua tentu menginginkan anak-anak kita memiliki kemampuan konsentrasi yang baik. Konsentrasi yang baik akan membantu mereka dalam memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Namun, tidak semua anak memiliki tingkat konsentrasi yang sama. Menurut beberapa psikolog anak, tingkat konsentrasi anak tergantung pada usia mereka. Jumlah usia dikali 2 menit merupakan batasan lama konsentrasi anak. Sebagai contoh, jika anak kita berusia 7 tahun, maka tingkat konsentrasinya paling lama hanya 12 menit.

Dalam konteks ini, Shichida Method hadir sebagai solusi untuk meningkatkan konsentrasi anak. Metode ini menggunakan teknik khusus yang dikembangkan untuk merangsang otak kanan anak. Dengan merangsang otak kanan, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus mereka.

Peran Otak Kanan dan Otak Kiri dalam Konsentrasi dan Kecerdasan

Sebelum lebih lanjut membahas tentang Shichida Method, penting untuk memahami peran otak kanan dan otak kiri dalam konsentrasi dan kecerdasan anak. Otak kanan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang. Sementara itu, otak kiri memiliki peran yang penting dalam menstimulasi kecerdasan anak dalam bidang akademis.

Namun, sayangnya, lembaga pendidikan seperti sekolah-sekolah cenderung lebih banyak menggunakan pola dan cara yang dominan otak kiri. Pola pembelajaran yang dominan otak kiri ini dapat membuat otak kanan anak menjadi kurang distimulasi. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran yang dapat merangsang otak kanan anak secara maksimal.

Baca Juga:  Perkembangan Janin di Akhir Trimester Pertama

Shichida Method: Solusi untuk Merangsang Otak Kanan Anak

Shichida Method adalah salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan khusus untuk merangsang otak kanan anak. Metode ini ditemukan dan dikembangkan oleh seorang peneliti veteran yang memiliki pengalaman dalam memberikan pengajaran menggunakan otak kanan. Dalam metode ini, anak-anak akan diajarkan cara belajar dengan teknik dan metode yang berbeda dari pembelajaran konvensional.

Salah satu pusat pendidikan yang mengadopsi Shichida Method adalah Shichida Child Education Center di bilangan Dharmawangsa Square. Di sana, anak-anak akan dikenalkan dengan cara belajar yang berbeda. Metode pembelajaran yang ditawarkan sangat beragam dan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak.

Untuk anak batita, mereka akan diajarkan menggunakan flash card. Flash card adalah kartu-kartu dengan gambar-gambar yang digunakan untuk mengenalkan berbagai konsep kepada anak. Metode ini sangat efektif untuk merangsang otak kanan anak dan meningkatkan daya ingat mereka.

Selain itu, ada juga sistem belajar dengan menggunakan photographic memory. Photographic memory adalah kemampuan otak untuk mengingat gambar atau informasi dengan sangat detail. Dengan menggunakan metode ini, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan daya ingat mereka secara signifikan.

Metode pembelajaran Shichida juga mencakup perfect pitch music. Perfect pitch music adalah kemampuan otak untuk mengenali dan mengingat nada musik dengan sempurna. Dalam metode ini, anak-anak akan diajarkan untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan dan memahami musik.

Untuk anak-anak SD, metode pembelajaran Shichida akan berbeda. Mereka akan diajarkan dengan cara yang lebih interaktif melalui penggunaan video. Metode ini bertujuan untuk membuat anak-anak lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan mereka dalam memahami informasi melalui visual.

Jadwal dan Biaya Mengikuti Shichida Method

Baca Juga:  Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa 30 Hari Lengkap dengan Resep

Untuk mengikuti Shichida Method, anak-anak dapat mengikuti kelas seminggu sekali dengan total 10 kali pertemuan selama 2,5 bulan. Biaya registrasi untuk mengikuti program ini adalah 1 juta rupiah, dan biaya untuk satu term selama 2,5 bulan adalah 4 juta rupiah. Namun, jika ingin mengikuti kelas weekend yang ditujukan untuk anak di atas 3 tahun, biayanya sedikit berbeda yaitu 4,8 juta rupiah.

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar

Perlu diketahui bahwa bahasa pengantar dalam Shichida Method adalah Bahasa Inggris. Namun, jika anak kita belum lancar berbahasa Inggris, tidak perlu khawatir karena mereka akan diajarkan secara bertahap. Banyak anak yang awalnya belum bisa berbahasa Inggris, namun setelah mengikuti Shichida Method, mereka menjadi terbiasa dan lancar dalam berbahasa Inggris.

Kesimpulan

Shichida Method adalah metode pendidikan yang dikembangkan khusus untuk merangsang otak kanan anak. Metode ini dapat meningkatkan konsentrasi dan potensi anak secara maksimal. Dalam metode ini, anak-anak akan diajarkan berbagai teknik dan metode belajar yang berbeda, seperti menggunakan flash card, photographic memory, perfect pitch music, dan video. Metode ini dapat diikuti oleh anak-anak dari berbagai usia dan memiliki biaya yang terjangkau. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi dan potensi anak Anda, mungkin Shichida Method adalah pilihan yang tepat.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com