Seru! 8 Permainan Anak Ini Bikin Puasa Jadi Menyenangkan

Seru! 8 Permainan Anak Ini Bikin Puasa Jadi Menyenangkan

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia. Ibadah ini dilakukan selama satu bulan penuh, yaitu bulan Ramadan. Selama bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan segala bentuk nafsu selama waktu puasa, mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Namun, bagi anak-anak, puasa bisa menjadi sebuah tantangan. Mereka mungkin merasa bosan atau kehilangan energi selama berpuasa. Oleh karena itu, penting bagi orang tua atau pengasuh untuk menciptakan suasana yang menyenangkan selama bulan puasa agar anak-anak tidak merasa terbebani dan tetap semangat menjalankan ibadah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bermain permainan anak yang seru. Berikut ini adalah daftar permainan anak yang bisa membuat puasa menjadi lebih menyenangkan:

1. Ular Tangga (Snake and Ladders)

Permainan ular tangga adalah permainan papan yang sangat populer di kalangan anak-anak. Permainan ini bisa dimainkan oleh minimal dua orang dan maksimal empat orang. Setiap pemain akan melempar dadu dan maju sejauh angka yang keluar dari dadu. Jika pemain berhenti di kotak yang berisi ular, maka pemain harus mundur ke kotak yang ditentukan oleh ular tersebut. Sebaliknya, jika pemain berhenti di kotak yang berisi tangga, maka pemain akan maju ke kotak yang ditentukan oleh tangga tersebut. Pemenang permainan ini adalah pemain yang pertama kali mencapai kotak finish.

2. Puzzle

Puzzle adalah permainan yang bisa melatih kecerdasan dan keterampilan motorik anak. Permainan ini terdiri dari beberapa kepingan yang harus disusun agar membentuk gambar yang utuh. Tingkat kesulitan puzzle bisa disesuaikan dengan usia anak. Semakin besar usia anak, semakin kompleks pula gambar yang harus disusun. Anak akan merasa puas dan senang ketika berhasil menyelesaikan puzzle yang sulit.

Baca Juga:  7 Manfaat Baik Memberikan Apresiasi pada Anak

3. Masak-masakan

Permainan masak-masakan adalah salah satu permainan tradisional yang sangat populer di kalangan anak perempuan. Saat ini, sudah banyak mainan peralatan memasak yang bisa dibeli di toko mainan. Namun, Anda juga bisa bermain masak-masakan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah, seperti daun, beras, batu bata yang dihaluskan, dan sebagainya. Permainan ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan anak tentang cara memasak dan memperkenalkannya dengan berbagai bahan makanan yang sehat.

4. Flash Card

Flash card adalah permainan edukatif yang bisa melatih daya ingat dan kemampuan anak dalam mengenal berbagai hal, seperti nama-nama hewan, tumbuhan, benda, warna, angka, dan huruf. Permainan ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perlombaan antara Anda dan anak untuk mencari kartu dengan nama yang disebutkan. Siapa yang bisa mengumpulkan kartu paling banyak, dialah pemenangnya.

5. Main Air

Bermain air adalah salah satu permainan yang bisa membuat anak senang dan terhibur. Ada banyak cara bermain air yang bisa dilakukan, seperti bermain balon air, bermain air pancuran, atau bermain di kolam renang. Selama bermain air, anak akan merasakan kesegaran dan kegembiraan yang bisa menghilangkan rasa bosan dan membuat puasa menjadi lebih menyenangkan.

6. Tebak Kuis

Permainan tebak kuis adalah permainan yang bisa melatih kemampuan berpikir dan kreativitas anak. Caranya adalah dengan memberikan petunjuk atau pertanyaan kepada anak dan minta mereka untuk menebak jawabannya. Setelah itu, anak bisa memberikan pertanyaan atau petunjuk kepada Anda. Permainan ini tidak hanya seru, tetapi juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat anak.

Baca Juga:  10 Alasan yang Membuat Saya Kagum pada Guru

7. Menyusun Lego

Permainan menyusun Lego adalah permainan yang bisa melatih keterampilan motorik anak. Lego adalah mainan yang terdiri dari berbagai bentuk blok yang bisa disusun menjadi bentuk yang lebih kompleks. Anak bisa berkreasi dengan Lego dan membuat berbagai model yang mereka inginkan. Selama bermain Lego, anak akan merasa senang dan puas dengan hasil karyanya.

8. Pasir Sintetis

Bermain pasir di pantai adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, jika tidak ada pantai di sekitar tempat tinggal Anda, Anda bisa menggantinya dengan bermain pasir sintetis. Pasir sintetis adalah pasir buatan yang memiliki tekstur mirip dengan pasir asli. Anak bisa bermain dan berkreasi dengan pasir sintetis ini. Bermain pasir sintetis akan melatih imajinasi dan keterampilan motorik anak.

Itulah beberapa permainan anak yang bisa membuat puasa menjadi lebih menyenangkan. Dengan bermain permainan ini, anak akan merasa senang dan terhibur selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu, permainan ini juga bisa melatih berbagai keterampilan dan kemampuan anak, seperti keterampilan motorik, daya ingat, dan kemampuan berpikir. Jadi, jangan ragu untuk mencoba bermain permainan ini bersama anak-anak Anda selama bulan puasa. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com