Senam Hamil, Latihan Sederhana untuk Lancarkan Persalinan

Senam Hamil, Latihan Sederhana untuk Lancarkan Persalinan

Senam hamil merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan rutin melakukan senam hamil, tubuh ibu akan menjadi lebih sehat dan persalinan akan menjadi lebih lancar. Senam hamil juga dapat membantu ibu hamil untuk mempertahankan kebugaran tubuhnya. Yuk, ikuti senam hamil sederhana ini untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

1. Berdiri Bertumpu

Gerakan pertama dalam senam hamil adalah berdiri bertumpu. Gerakan ini dimulai dengan posisi badan dalam keadaan berdiri tegak dan salah satu tangan bertumpu pada kursi. Buka kedua kaki dengan lebar kurang lebih 45 derajat. Kemudian, tekuk lutut dan secara perlahan bawalah tubuh dalam posisi serendah mungkin dan jagalah agar posisi punggung tetap lurus. Setelah itu, angkat kembali tubuh dan luruskan kaki seperti posisi awal. Ulangi gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot paha bagian belakang dan pantat, serta meningkatkan keseimbangan.

2. Jongkok

Gerakan selanjutnya adalah jongkok. Posisikan tubuh dengan punggung dalam keadaan lurus. Kemudian, turunkan badan pelan-pelan hingga mencapai posisi berjongkok. Tahanlah posisi tersebut selama beberapa saat, sekitar 10 detik. Angkat tubuh perlahan-lahan dan berdirilah dengan tegak. Gerakan jongkok ini dapat memperkuat otot paha dan otot panggul, sehingga dapat mempermudah persalinan.

3. Duduk

Selanjutnya adalah gerakan senam hamil dalam posisi duduk. Gerakan ini dapat dilakukan di lantai dengan punggung bersandar pada dinding. Tekuk lutut dan rapatkan telapak kaki. Angkat dan turunkan lutut hingga menyentuh lantai dengan telapak kaki yang masih saling menyentuh. Gerakan ini bisa dilakukan selama 10-20 detik saja. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot paha dan membuat tubuh lebih rileks.

Baca Juga:  Kampung Main Cipulir (KMC)

4. Miringkan Panggul

Gerakan selanjutnya adalah memiringkan panggul. Posisikan tubuh seperti hendak merangkak dengan punggung yang lurus dan kepala ditegakkan. Sembari menengadahkan kepala, cobalah untuk menarik nafas dan melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik sehari. Gerakan ini dapat menguatkan otot perut dan mengurangi rasa sakit di pinggang selama masa kehamilan.

Gerakan-gerakan sederhana dalam senam hamil ini dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Namun, sebelum melakukan senam hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan ibu dan janin.

Selain senam hamil, ibu hamil juga perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan bergizi. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pola makan yang sehat selama kehamilan.

Dapatkan info parenting dan hadiah spesial dari Bunda & Balita dengan mengisi data diri Anda. Kami akan memberikan informasi seputar parenting dan tips-tips kesehatan untuk ibu dan anak. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hadiah spesial dari Bunda & Balita, Frisian Flag Indonesia, dan partner Bunda & Balita.

Demikianlah informasi mengenai senam hamil dan pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk ibu hamil dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Tetaplah aktif bergerak dan jaga pola makan yang sehat selama kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com