Menyiasati Makanan Bagi Anak yang Alergi Gluten


Roti/pizza/cakes/pancake/kukis dan sejenisnya.

Untuk menggantikan makanan yang biasanya menggunakan tepung terigu seperti roti, pizza, kue, pancake, dan kukis, saya telah menemukan beberapa alternatif yang sangat lezat dan tidak mengandung gluten. Salah satu tempat yang saya rekomendasikan adalah Beyond Treats, toko roti lokal yang menyediakan berbagai macam produk non gluten. Selain itu, ada juga Igor’s Pastry dan Mars Kitchen yang juga menyediakan produk non gluten yang sangat enak.

Tidak hanya itu, jika Anda suka mengolah makanan sendiri, sekarang sudah banyak produsen tepung non-gluten yang dijual di supermarket seperti Kem Chicks, Food Hall, Ranch Market, dan bahkan di Titan pun ada. Anda dapat menggunakan tepung non gluten ini untuk membuat kue tradisional seperti kue ketan hitam atau sifon yang tidak memerlukan tepung terigu.

Pasta, bakmie dan sejenisnya.

Bagi Anda yang menyukai pasta dan bakmie, Anda dapat mencari pasta non gluten yang terbuat dari tepung beras atau tepung jagung. Pasta non gluten ini sangat enak dan tidak kalah dengan pasta yang menggunakan tepung terigu. Untuk bakmie non gluten, memang cukup sulit untuk ditemukan di Jakarta, namun Anda dapat menggantinya dengan bihun/soun atau kwetiau yang menggunakan tepung beras, tepung jagung, atau kacang hijau. Rasanya tetap lezat dan Anda masih bisa menggunakan bumbu yang sama.

Snacks keripik/chips/sticks.

Untuk menggantikan keripik, chips, dan sticks yang biasanya mengandung gluten, Anda dapat membuat sendiri keripik kentang, keripik pisang, atau keripik singkong yang aman dan mudah dibuat. Jika Anda ingin yang praktis, Anda juga dapat membelinya di supermarket atau toko yang saya sebutkan sebelumnya. Selain itu, ada juga keripik jagung (tortilla) dan kacang-kacangan yang bisa menjadi alternatif yang sehat. Namun, pastikan untuk membaca komposisi dengan baik, karena terkadang ada kacang-kacangan yang dipanggang dengan taburan tepung terigu agar gurih.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Psikolog Pernikahan di Indonesia

Jenis makanan gorengan tepung

Untuk menggantikan makanan gorengan yang biasanya menggunakan tepung terigu seperti pisang goreng, ayam/ikan goreng tepung, bakwan, dan tempe goreng tepung, Anda dapat mengganti tepung terigu dengan tepung beras agar makanan lebih garing atau tepung sagu agar makanan lebih renyah dan chewy. Dengan mengganti tepung terigu dengan tepung beras atau tepung sagu, Anda masih dapat menikmati makanan gorengan yang favorit tanpa khawatir mengandung gluten.

Es krim dan sejenisnya.

Untuk es krim dan makanan penutup lainnya, Anda harus lebih jeli membaca komposisinya, karena beberapa brand dan jenis es krim menggunakan tepung terigu. Untuk yang paling aman, Anda dapat membuat sendiri popsicle yang menggunakan buah alami atau susu. Selain itu, ada juga brand ORGRAN yang menawarkan banyak varian produk non gluten, seperti kukis, tepung cepat saji, dan pasta non gluten yang aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Dalam menghadapi alergi gluten, kita sebagai orangtua dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih makanan untuk anak-anak kita. Awalnya mungkin sulit, namun jika kita konsisten, kita akan menemukan kebiasaan baru yang lebih sehat. Saya sendiri juga tidak akan bisa memahami betapa pentingnya hal ini jika saya tidak rajin browsing baik online maupun di supermarket dan juga mendapatkan masukan dari para orangtua lainnya. Jadi, jika ada masukan lain mengenai pengganti makanan yang mengandung gluten, saya sangat menunggu sharing-nya dari para orangtua lainnya.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com