Sekolahku Semi Palar, Bandung


Rumah Belajar SemiPalar: Mengutamakan Pendidikan Holistik

Profil Sekolah

Rumah Belajar SemiPalar merupakan sekolah di Bandung yang menawarkan pendidikan holistik untuk anak-anak. Dalam mencari sekolah untuk putri saya, Ninda, saya merasa kesulitan menemukan sekolah yang sesuai dengan harapan saya. Namun, saat saya menemukan Rumah Belajar SemiPalar, saya merasa tertarik dengan konsep pengajaran yang mereka tawarkan.

Sekolah ini menggunakan konsep pembelajaran holistik, yang bertujuan untuk mempelajari, memahami, menghasilkan, menghayati, dan mematangkan jiwa manusia. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat mencari, menemukan, dan mengenal Tuhan, serta siap untuk kembali berserah kepada-Nya. Konsep ini sangat sesuai dengan arti dari Rumah Belajar SemiPalar itu sendiri, yang berarti tumbuh menjadi harapan.

Perjalanan Mengenal Rumah Belajar SemiPalar

Untuk memastikan kecocokan sekolah ini dengan putri saya, suami dan saya melakukan survei ke sekolah tersebut. Ternyata, ada sepupu yang menyekolahkan anaknya di sana, dan kami melihat foto bersama keluarga mereka di jendela kelas PG. Hal ini memberikan kami referensi yang bagus mengenai sekolah ini.

Kami juga memutuskan untuk mengikuti open house dan trial di Rumah Belajar SemiPalar. Setelah melalui tes, Ninda akhirnya dinyatakan lulus dan kami merasa sangat senang. Untuk jenjang TK, sekolah ini lebih mengutamakan anak-anak yang sebelumnya telah bersekolah di PG mereka. Hanya lima orang dari luar sekolah yang diterima. Hal yang sama akan berlaku ketika Ninda ingin melanjutkan ke jenjang SD di Rumah Belajar SemiPalar. Karena Ninda bukan siswa PG di sana, ia harus mengikuti tes untuk masuk. Tes ini bukanlah tes akademik, melainkan lebih menekankan pada aspek kemandirian, kemampuan bersosialisasi, beradaptasi dengan lingkungan baru, serta kemauan untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Baca Juga:  Produk Perawatan Kulit yang Harus Dimiliki Bayi dan Cara Pemilihannya

Pengalaman Ninda di Sekolah

Hingga saat ini, Ninda sangat antusias bersekolah di Rumah Belajar SemiPalar. Saya selalu bertanya perasaannya tentang sekolah tersebut, dan ia selalu menjawab dengan bahagia, “Ya mam, aku senang.” Hal ini terbukti dari beberapa stiker yang ada di buku bintangnya, yang menunjukkan betapa antusiasnya Ninda dan semangatnya dalam mengikuti pelajaran setiap hari.

Outing Bersama Orangtua

Salah satu kegiatan yang disukai oleh Ninda di Rumah Belajar SemiPalar adalah outing bersama orangtua. Kegiatan ini merupakan momen berharga bagi Ninda dan keluarga untuk saling berinteraksi dan saling mengenal. Selain itu, outing ini juga menjadi kesempatan bagi orangtua untuk melihat langsung perkembangan anak-anak di sekolah.

Fasilitas dan Lingkungan Sekolah

Rumah Belajar SemiPalar memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Selain itu, lingkungan sekolah yang nyaman dan aman juga menjadi salah satu keunggulan sekolah ini. Dengan lingkungan yang kondusif, siswa dapat belajar dengan lebih baik dan nyaman.

Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Rumah Belajar SemiPalar memiliki kurikulum yang dikembangkan secara komprehensif. Kurikulum ini dirancang untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupan siswa, mulai dari aspek akademik, moral, agama, sosial, hingga keterampilan. Dalam proses pembelajarannya, sekolah ini menggunakan metode pembelajaran aktif dan kreatif, sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses belajar-mengajar.

Peran Orangtua dalam Pendidikan

Saat memilih sekolah untuk putri saya, saya juga mempertimbangkan peran orangtua dalam pendidikan di Rumah Belajar SemiPalar. Sekolah ini sangat mendorong partisipasi aktif orangtua dalam mendukung proses pembelajaran anak-anak. Melalui buku bintang, orangtua dapat terlibat dalam memantau perkembangan anak dan berkomunikasi dengan guru mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga:  Cocok untuk Family Time, Ini 20 Rekomendasi Restoran Keluarga di Bekasi

Keunggulan Rumah Belajar SemiPalar

Rumah Belajar SemiPalar memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk pendidikan anak-anak. Pertama, sekolah ini menawarkan pendidikan holistik yang mengembangkan berbagai aspek kehidupan siswa. Kedua, lingkungan sekolah yang nyaman dan aman memberikan rasa nyaman bagi siswa dalam belajar. Ketiga, fasilitas yang lengkap dan memadai mendukung proses pembelajaran yang efektif. Terakhir, melalui peran aktif orangtua dalam pendidikan, sekolah ini mampu menciptakan kolaborasi yang baik antara sekolah dan keluarga.

Kesimpulan

Dalam memilih sekolah untuk putri saya, Ninda, saya menemukan Rumah Belajar SemiPalar yang menawarkan pendidikan holistik. Konsep pengajaran holistik yang diterapkan di sekolah ini sangat cocok dengan apa yang saya harapkan dari sebuah sekolah. Melalui survei, open house, dan trial, Ninda dinyatakan lulus dan kami merasa senang. Hingga saat ini, Ninda sangat antusias bersekolah di Rumah Belajar SemiPalar dan menunjukkan semangatnya dalam mengikuti pelajaran setiap hari. Dengan fasilitas yang lengkap, lingkungan yang nyaman, dan metode pembelajaran yang aktif dan kreatif, sekolah ini memberikan pengalaman pendidikan yang baik bagi Ninda. Saya juga mengapresiasi peran aktif orangtua dalam pendidikan di sekolah ini. Rumah Belajar SemiPalar merupakan pilihan yang tepat bagi pendidikan anak-anak dengan pendekatan holistik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com