Sekolah Tetum Bunaya, Sederhana dan Bersahaja


Sekolah Tetum Bunaya: Pilihan Terbaik untuk Masa Depan Anak

Sudah mau masuk tahun ajaran baru, tentunya Bunda yang anaknya mau masuk Playgroup, TK maupun SD sudah mendaftar ke sekolah pilihan masing-masing, ya. Begitupun dengan saya. Tadinya memang rencananya Aluf mau tetap bersekolah di Bumi Bambini untuk TK-nya, tapi sayang sekali saya harus pindah rumah yang lokasinya amat jauh dari Bintaro, sehingga tetap bersekolah di Bambini sudah bukan pilihan yang masuk akal lagi.

Untungnya, kakak saya baru saja mendaftarkan anaknya, Yoko, yang baru mau masuk SD, ke Sekolah Tetum Bunaya. Mendengar cerita kakak saya tentang sekolah ini, saya pun segera mencari lebih banyak info di situsnya dan juga melakukan survei ke sana, sebelum mencari sekolah lain. Ternyata, pilihan pertama saya ini membuat saya sangat sreg sampai-sampai saya tidak survei ke sekolah lain sama sekali!

Tentunya Bunda tahu dong, ya, bahwa saat mencari sekolah, selain lokasi, biaya dan kurikulum, pertimbangan yang juga tidak kalah pentingnya adalah keselarasan pola pengasuhan anak antara sekolah dengan di rumah. Ini buat saya justru bobotnya jauh lebih besar dibandingkan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah sekolah. Dan hal ini lah yang membuat saya memutuskan untuk mempercayakan anak saya untuk bersekolah di Tetum Bunaya.

Sederhana dan bersahaja, itu kesan yang saya tangkap setelah berkunjung ke Sekolah Tetum Bunaya dan berbicara cukup lama dengan para pengelola sekolah. Berlokasi di sebuah jalan yang jauh dari ramainya jalan raya, di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, sekolah dengan gedung sederhana ini kelihatan sangat teduh, bahkan hampir “tersembunyi” di balik pohon bambu dan tanaman hijau lainnya. Gedungnya yang menyerupai rumah dikelilingi oleh halaman yang cukup luas, terutama halaman belakang dengan lapangan olahraga, kebun serta sebuah amphitheatre. Tetum Bunaya menyediakan kelas untuk anak-anak mulai usia 15 bulan (Kelas Air), 2 tahun (Kelas Darat), 3 tahun (Kelas Laut), 4 tahun (Kelas Langit), 5 tahun (Kelas Antariksa), dan Sekolah Dasar. Di samping itu, mereka juga membuka Kelas Sensori, dengan pelayanan Terapi Sensori Integrasi dan Terapi Menulis. Kelas Sensori tidak hanya ditujukan bagi Anak Berkebutuhan Khusus, tetapi juga anak yang memerlukan stimulasi dalam kestabilan sensori.

Sekolah ini mengacu kepada kurikulum nasional, namun proses pembelajarannya dikemas dengan cara yang aktif, kreatif, menyenangkan dengan mempertimbangkan perbedaan individual tiap anak. Tetum Bunaya percaya sekali bahwa setiap anak adalah spesial, sehingga mereka berusaha untuk memastikan bahwa setiap anak tersebut, bagaimanapun kondisinya, akan mampu berkembang dengan baik. Tetum Bunaya memusatkan fokus mereka ke anak-anak, bukan kurikulum, mereka menyiapkan anak sebagai insan yang utuh (the whole being), sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang telah memiki blueprint dalam perkembangannya. Jika Bunda bertanya-tanya apakah ini artinya mereka menerima murid dengan kebutuhan khusus, ya, benar. Sekolah Tetum Bunaya memang merupakan sekolah inklusi.

Tetum Bunaya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan banyak memberikan pelajaran tentang budaya Indonesia–seperti misalnya dengan kunjungan ke berbagai cagar budaya dan belajar membuat makanan Indonesia. Mereka percaya bahwa anak-anak harus memiliki akar budaya yang kuat dulu supaya nantinya merasa percaya diri ketika berada di lingkungan internasional. Dan ini saya setuju sekali 🙂

O, ya, sebelum resmi diterima di Sekolah Tetum Bunaya, setiap anak diharuskan untuk melalui assessment test terlebih dahulu. Assessment Test dilakukan oleh seorang psikolog, yang kemudian hasilnya akan dibahas bersama pihak sekolah dan orang tua murid yang dilanjutkan dengan penentuan kelas. Jadi penentuan kelas tidak berdasarkan umur, tapi hasil assessment test. Kok ribet, ya? Memang agak panjang, sih, prosesnya dibanding sekolah Aluf yang terdahulu, tapi sebenarnya assessment test ini cukup banyak manfaatnya. Sekolah jadi mampu mengidentifikasi anak secara detail, termasuk berbagai masalah perkembangan yang mungkin nantinya dapat menganggu prestasi akademik anak tersebut, seperti kemampuan motorik dan perencanaan motorik.

Aluf juga sudah mengikuti assessment test dan saya cukup kagum dengan pembahasan hasil observasi yang sangat mendalam dan detail. Saya jadi tahu banyak hal tentang perkembangan sensori Aluf yang tidak saya sadari selama ini. Dan hasilnya? Aluf resmi diterima di kelas Langit dan akan bersekolah di sana mulai Juli nanti 🙂

Baca Juga:  Berapa Gaji ART dan Pengasuh Yang Umum?

Masih banyak hal lain yang membuat saya mantap menyekolahkan Aluf di sini, tapi tentu saja yang terpenting adalah melihat bagaimana antusiasnya anak perempuan saya itu saat kami berkunjung ke sana. Bahkan pada saat assessment test pun ia (menurut laporan ibu psikolog) sangat ceria dan begitu menikmati tiap kegiatan yang ia lewati. Saat ditanya apakah mau bersekolah di Tetum Bunaya, Aluf melonjak-lonjak sambil berkata, “Mau! Mau!” Ini cukup membuat saya tenang karena saya cukup khawatir ia akan merasa sedih keluar dari sekolah Bumi Bambini yang sangat ia sukai.

Anyway, pada saat saya sedang browsing soal Sekolah Tetum Bunaya, saya menemukan blog Kak Endah, pendiri dan kepala sekolah Tetum Bunaya. Membaca tulisan-tulisan beliau membuat hati saya terasa adem. Beliau kelihatan sangat passionate terhadap pekerjaannya dan dunia pendidikan anak-anak. Lewat tulisannya saya jadi tahu betapa seriusnya Tetum Bunaya mengemban rasa percaya para orangtua murid. Saya juga sangat suka atas pemikiran-pemikiran beliau yang cerdas, terbuka, analitis sekaligus rendah hati. Semua kualitas yang tentunya kita harapkan ada di seorang pemimpin sekolah, kan? 🙂

Tetum Bunaya: Sebuah Lingkungan Belajar Yang Mendukung Pengembangan Anak

Sekolah Tetum Bunaya merupakan salah satu pilihan terbaik untuk Bunda yang sedang mencari sekolah untuk anak-anak mereka. Dengan pengalaman dan dedikasi yang dimiliki oleh para pengelola dan pendidiknya, Tetum Bunaya berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan anak secara holistik.

Salah satu hal yang membuat Sekolah Tetum Bunaya begitu menarik adalah pendekatan aktif, kreatif, dan menyenangkan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Mereka mengakui bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki potensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk memaksimalkan potensi tersebut melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual setiap anak. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar dengan lebih efektif dan merasa termotivasi untuk mengembangkan diri mereka secara optimal.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga sangat memperhatikan keselarasan pola pengasuhan anak antara sekolah dan di rumah. Mereka sadar bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga tanggung jawab orang tua. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk bekerja sama dengan orang tua dalam mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Dengan adanya kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua, anak-anak dapat merasa didukung dan dicintai di kedua lingkungan tersebut.

Kurikulum yang diterapkan oleh Sekolah Tetum Bunaya mengacu pada kurikulum nasional. Namun, mereka juga memberikan perhatian khusus terhadap pengajaran budaya Indonesia. Mereka percaya bahwa anak-anak harus memiliki akar budaya yang kuat agar dapat merasa percaya diri ketika berada di lingkungan internasional. Oleh karena itu, mereka sering mengadakan kunjungan ke berbagai cagar budaya dan mengajarkan anak-anak tentang tradisi dan kebudayaan Indonesia. Dengan demikian, anak-anak dapat mengembangkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia sejak dini.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki program khusus untuk anak-anak yang membutuhkan stimulasi dalam kestabilan sensori. Program ini tidak hanya ditujukan bagi Anak Berkebutuhan Khusus, tetapi juga anak-anak yang membutuhkan bantuan dalam mengembangkan keterampilan sensori mereka. Dalam program ini, anak-anak akan mendapatkan pelayanan terapi sensori integrasi dan terapi menulis yang dapat membantu mereka dalam mengatasi masalah perkembangan yang mungkin mereka alami. Dengan adanya program ini, Sekolah Tetum Bunaya menunjukkan komitmennya untuk memberikan pendidikan yang inklusif dan merangkul semua anak tanpa memandang latar belakang dan kondisi mereka.

Tidak hanya itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk mendukung proses pembelajaran. Mereka memiliki lapangan olahraga, kebun, dan amphitheatre yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, mereka juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran di dalam kelas, seperti perpustakaan dan laboratorium. Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai ini, anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan merasa nyaman di lingkungan sekolah.

Baca Juga:  9 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Marina Bay Sands

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki guru-guru yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidang pendidikan. Mereka tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas tentang materi yang diajarkan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengajar dengan cara yang menarik dan interaktif. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk memahami kebutuhan dan potensi setiap anak secara individual. Dengan adanya guru-guru yang berkualitas ini, anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan merasa termotivasi untuk mengembangkan diri mereka secara optimal.

Sekolah Tetum Bunaya juga memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan sensori anak. Mereka menyadari bahwa perkembangan sensori anak sangat penting untuk mendukung perkembangan kognitif dan motorik mereka. Oleh karena itu, mereka menyediakan pelayanan terapi sensori integrasi dan terapi menulis untuk anak-anak yang membutuhkannya. Dengan adanya pelayanan ini, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan sensori mereka secara optimal dan merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam belajar.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki program yang mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional anak. Mereka menyadari bahwa keterampilan sosial dan emosional sangat penting untuk membantu anak-anak berinteraksi dengan orang lain dan menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mereka menyediakan berbagai kegiatan dan program yang dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka, seperti kegiatan kolaborasi, diskusi kelompok, dan pengembangan identitas diri. Dengan adanya program ini, anak-anak dapat belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dengan orang lain, dan mengatur emosi mereka dengan baik.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan yang inklusif. Mereka menyadari bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, mereka menerima anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Dalam menerima anak-anak dengan kebutuhan khusus, Sekolah Tetum Bunaya tidak hanya fokus pada kebutuhan akademik mereka, tetapi juga pada kebutuhan sosial dan emosional mereka. Dengan adanya pendekatan inklusif ini, anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat merasa diterima dan didukung dalam proses belajar mereka.

Sekolah Tetum Bunaya juga memberikan perhatian khusus terhadap keterampilan berbahasa Indonesia anak-anak. Mereka menyadari bahwa bahasa merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mereka memberikan pelajaran bahasa Indonesia secara intensif dan memastikan bahwa anak-anak dapat menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Selain itu, mereka juga memberikan pelajaran tentang budaya Indonesia dan sering mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan budaya Indonesia. Dengan adanya pelajaran bahasa Indonesia dan budaya Indonesia ini, anak-anak dapat mengembangkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia sejak dini.

Tidak hanya itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki komitmen untuk menjaga kesehatan dan keamanan anak-anak. Mereka menyadari bahwa kesehatan dan keamanan anak-anak sangat penting dalam mendukung proses belajar mereka. Oleh karena itu, mereka memiliki protokol yang ketat dalam menjaga kesehatan dan keamanan anak-anak di sekolah. Mereka juga memiliki fasilitas kesehatan yang memadai dan staf yang terlatih untuk memberikan pertolongan pertama jika diperlukan. Dengan adanya perhatian khusus terhadap kesehatan dan keamanan anak-anak ini, orang tua dapat merasa tenang dan yakin bahwa anak-anak mereka berada di lingkungan yang aman dan sehat.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki program pengembangan kepemimpinan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan anak-anak. Mereka sadar bahwa keterampilan kepemimpinan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan anak-anak. Oleh karena itu, mereka menyediakan berbagai kegiatan dan program yang dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka, seperti kegiatan kepemimpinan, pengembangan tim, dan pengembangan kemampuan berbicara di depan umum. Dengan adanya program ini, anak-anak dapat belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan siap menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Wajib Tonton; Petualangan Singa Pemberani Magilika

Dalam proses pembelajaran, Sekolah Tetum Bunaya juga menerapkan metode dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan anak. Mereka menyadari bahwa setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda, oleh karena itu mereka mengatur pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Dengan adanya pendekatan yang sesuai dengan perkembangan anak, anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan merasa termotivasi untuk mengembangkan diri mereka secara optimal.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki program pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Mereka menyadari bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif sangat penting dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan anak-anak. Oleh karena itu, mereka menyediakan berbagai kegiatan dan program yang dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mereka, seperti diskusi kelompok, pemecahan masalah, dan pengembangan keterampilan berpikir logis. Dengan adanya program ini, anak-anak dapat belajar bagaimana berpikir secara kritis dan kreatif dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan keterampilan komunikasi anak-anak. Mereka menyadari bahwa keterampilan komunikasi sangat penting dalam berinteraksi dengan orang lain dan mengungkapkan gagasan dan perasaan mereka. Oleh karena itu, mereka menyediakan berbagai kegiatan dan program yang dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan komunikasi mereka, seperti diskusi kelompok, presentasi, dan pengembangan keterampilan menulis. Dengan adanya perhatian khusus terhadap pengembangan keterampilan komunikasi ini, anak-anak dapat belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dan efektif dalam berbagai situasi.

Sekolah Tetum Bunaya juga memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan keterampilan kolaborasi anak-anak. Mereka menyadari bahwa keterampilan kolaborasi sangat penting dalam bekerja sama dengan orang lain dan mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, mereka menyediakan berbagai kegiatan dan program yang dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kolaborasi mereka, seperti proyek kelompok, diskusi kelompok, dan pengembangan keterampilan bekerja dalam tim. Dengan adanya perhatian khusus terhadap pengembangan keterampilan kolaborasi ini, anak-anak dapat belajar bagaimana bekerja sama dengan baik dan efektif dalam berbagai situasi.

Selain itu, Sekolah Tetum Bunaya juga memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Mereka menyadari bahwa lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting dalam mendukung proses belajar anak-anak. Oleh karena itu, mereka memiliki program pengelolaan lingkungan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Mereka juga mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberikan contoh yang baik dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Dengan adanya perhatian khusus terhadap lingkungan yang bersih dan sehat ini, anak-anak dapat belajar bagaimana menjaga lingkungan dengan baik dan merasa nyaman di lingkungan sekolah.

Oleh karena itu, bagi Bunda yang sedang mencari sekolah untuk anak-anak mereka, Sekolah Tetum Bunaya adalah pilihan terbaik. Dengan dedikasi dan komitmen yang dimiliki oleh para pengelola dan pendidiknya, Sekolah Tetum Bunaya berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan anak secara holistik. Mereka tidak hanya memberikan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan sosial, emosional, dan keterampilan lainnya anak-anak. Dengan adanya Sekolah Tetum Bunaya, anak-anak dapat belajar dengan baik, merasa didukung dan dicintai, serta siap menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mempercayakan masa depan anak-anak kita kepada Sekolah Tetum Bunaya.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com