SD Islam Harapan Ibu: Maksimal Gali Potensi Terbesar Anak


Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu, yang sudah berkecimpung di dunia pendidikan selama 41 tahun, merupakan sebuah institusi pendidikan yang telah menghasilkan banyak lulusan berprestasi serta berakhlak. Berdiri sejak tahun 1981 di bawah naungan Yayasan Harapan Ibu Pondok Pinang, SD Islam Harapan Ibu telah mengumpulkan banyak pengalaman dan menjadi tempat yang menghasilkan lulusan yang sukses.

Dalam menjalankan sekolahnya, SD Islam Harapan Ibu memiliki visi yang mulia, yaitu membentuk pemimpin masa depan yang berkarakter, berakhlaqul karimah, serta berwawasan luas dalam bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Komunikasi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Sekolah ini berlokasi di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, dan menerapkan Kurikulum berbasis Nasional sebagai kurikulum utama, dengan didukung oleh Kurikulum Khas SIHI yang diselaraskan dengan visi dan misi sekolah. Kurikulum ini memperhatikan kondisi khas masing-masing anak, dengan memasukkan kurikulum keagamaan, Science, Math, dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

SD Islam Harapan Ibu juga mengusung Program Bilingual untuk memaksimalkan penyerapan ilmu oleh para siswanya. Program ini melibatkan 2 orang guru kelas untuk setiap kelas yang terdiri dari maksimal 24 siswa. Pembelajaran Dwi Bahasa dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2003-2004, dengan didukung oleh program native speaker yang bekerja sama dengan lembaga EF (English First). Beberapa mata pelajaran, seperti Bahasa Inggris, Math, dan Science, menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak berkomunikasi dengan bahasa Inggris setiap harinya. Di kelas 6, para murid akan mengikuti tes Cambridge untuk mengukur keberhasilan program pembiasaan berbahasa Inggris dalam program bilingual.

Selain itu, SD Islam Harapan Ibu juga menerapkan pendekatan Fun and Active Learning, yang memberikan pengalaman belajar sebanyak mungkin untuk mengasah Creative Thinking Skill dan Productive Thinking Skill anak-anak. Pendekatan ini dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas maupun melalui Program Outing Class. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk memperkaya pengalaman belajar murid dan juga orang tua. Oleh karena itu, sekolah ini mengadakan extended program yang selalu berkembang dari tahun ke tahun. Beberapa pilihan program tersebut antara lain Tahfizh juz 30, Art Performance, Student Project, Guest Teacher (Native, Parents), dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Perkuat Tulang Anak dengan 3 Sumber Kalsium Alami Ini

Fasilitas yang disediakan oleh SD Islam Harapan Ibu sangat lengkap dan dapat membantu memaksimalkan kegiatan belajar dan mengajar. Beberapa fasilitas tersebut meliputi ruang kelas ber-AC, Infokus dan komputer di setiap kelas, lapangan olahraga, laboratorium IPA, laboratorium komputer, Cooking Room, Ruang Musik, Perpustakaan, Ruang BK (Bimbingan Konseling), aula, dan UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, diharapkan siswa dapat belajar dengan nyaman dan mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.

Untuk masuk ke SD Islam Harapan Ibu, calon murid harus membeli formulir seharga Rp.500.000, yang mencakup biaya formulir dan observasi. Setelah hasil observasi diterima dan calon murid dinyatakan diterima oleh pihak sekolah, calon murid diharuskan membayar booking fee sesuai dengan yang telah disesuaikan. Biaya pendidikan yang harus dibayarkan mencakup uang gedung untuk perawatan dan pengembangan, uang pangkal (yang mencakup bahan seragam 6 pasang, 1 kaos olahraga, BKP 1 tahun, buku paket, dan buku tulis), serta SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) bulan Juli.

Dalam upaya menciptakan kondisi yang aman, bersih, dan nyaman, semua pihak yang terlibat dalam SD Islam Harapan Ibu, baik itu guru, yayasan, maupun orang tua murid, bekerjasama secara harmonis. Mereka saling bahu membahu untuk mendidik dan menggali potensi terbesar dalam diri anak-anak. Hal ini tidak terlepas dari peran penting orang tua sebagai mitra dalam pendidikan anak-anak mereka. Dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

SD Islam Harapan Ibu telah memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan selama 41 tahun. Banyak lulusan sekolah ini yang telah berhasil meraih prestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik. Prestasi-prestasi ini tidak hanya didukung oleh keberhasilan dalam bidang akademik, tetapi juga oleh pembentukan akhlak yang baik. Sekolah ini memberikan penekanan pada penanaman pendidikan agama dan pembentukan akhlak yang mulia. Dengan demikian, lulusan SD Islam Harapan Ibu diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlakul karimah.

Baca Juga:  Hemangioma, Kenali Gejala, Penyebab, & Pengobatannya

Dalam menjalankan visi dan misinya, SD Islam Harapan Ibu juga menghadapi tantangan-tantangan. Salah satunya adalah adaptasi dengan perkembangan teknologi. Dalam era yang semakin maju ini, teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sekolah ini menggunakan Edutez by SIHI sebagai Learning Management System dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam era pandemi ini, pembelajaran jarak jauh menjadi sebuah keharusan, dan Edutez akan terus digunakan meskipun sudah ada pembelajaran tatap muka.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, SD Islam Harapan Ibu tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa-siswinya. Melalui pendekatan Fun and Active Learning, Program Bilingual, dan penerapan kurikulum yang komprehensif, sekolah ini berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Dengan adanya fasilitas-fasilitas yang lengkap, diharapkan siswa dapat belajar dengan nyaman dan mendapatkan pengalaman belajar yang optimal.

Secara keseluruhan, SD Islam Harapan Ibu merupakan sebuah institusi pendidikan yang memiliki reputasi yang baik dan telah menghasilkan banyak lulusan yang sukses. Dengan visi dan misinya yang mulia, sekolah ini berupaya untuk membentuk pemimpin masa depan yang berkarakter, berakhlaqul karimah, serta berwawasan luas dalam bidang IPTEK dan IMTAQ. Melalui penerapan pendekatan pembelajaran yang menarik dan inovatif, sekolah ini berusaha untuk menciptakan kondisi yang mendukung siswa dalam mengembangkan potensi terbaik mereka. Dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara sekolah, guru, yayasan, dan orang tua murid, diharapkan SD Islam Harapan Ibu dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif dalam dunia pendidikan.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com