Review Empat Botol Susu


Review Botol Susu BPA Free untuk Bayi: Pilihan Terbaik untuk Tania

Botol susu merupakan salah satu perlengkapan yang penting bagi bayi dalam proses pemberian makan. Memilih botol susu yang tepat sangatlah penting, terutama ketika bayi sudah selesai ASI eksklusif dan mulai menggunakan botol susu. Botol susu yang aman dan bebas dari BPA (Bisphenol A) menjadi perhatian utama para orang tua dalam memilih botol susu untuk bayi mereka. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan review mengenai beberapa botol susu BPA Free yang pernah dicoba oleh Tania, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing botol tersebut.

1. Botol Closer to Nature Tommee Tippee
Botol susu BPA Free pertama yang dicoba oleh Tania adalah botol Closer to Nature dari merek Tommee Tippee. Botol ini dipilih karena memiliki bentuk dot yang menyerupai puting ibu, sehingga bayi tidak mengalami kesulitan saat menggunakan botol ini. Selain itu, bentuk botolnya yang unik dan lucu juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun, sayangnya Tania tidak menyukai botol ini sehingga botol ini tidak terpakai. Kelebihan dari botol ini adalah bentuk dotnya yang mirip dengan puting ibu, sudah BPA Free, serta cuci botol yang lebih mudah karena bentuknya yang agak lebar dan pendek. Namun, kekurangan dari botol ini adalah bentuknya yang besar terkadang menyusahkan jika ingin menggunakan warmer merek lain, serta tidak bisa digunakan dengan dot merek lain (kecuali merek Tommee Tippee) yang dapat membuat biaya penggantian dot menjadi lebih mahal.

2. Botol Medela
Botol susu BPA Free selanjutnya yang dicoba oleh Tania adalah botol Medela. Botol ini memiliki ukuran kecil 150 ml dan tersedia dalam satu paket berisi 3 buah botol. Botol ini memiliki bentuk standar dan mirip dengan botol susu regular lainnya, sehingga Tania merasa nyaman saat menggunakannya. Kelebihan dari botol ini adalah ukurannya yang standar sehingga dapat digunakan dengan dot merek lain yang juga standar, sudah BPA Free, serta dapat digunakan sebagai media penyimpanan ASI karena dilengkapi dengan tutup di bagian ring. Namun, kekurangan dari botol ini adalah tidak disertai dengan dot dan tutup botol sehingga tidak dapat dibawa pergi, namun solusinya dapat dengan membeli ring dan tutup botol merek Medela agar dapat fungsi yang sama dengan botol susu lainnya.

Baca Juga:  Pentingnya Stimulasi Dini untuk si Kecil

3. Botol Playtex Ventair Advance
Botol susu BPA Free selanjutnya adalah botol Playtex Ventair Advance. Botol ini dibeli dalam satu paket yang berisi 3 botol dengan ukuran 240 ml. Botol ini menjadi favorit bagi mamanya karena memiliki ukuran yang standar dan dapat dibuka di bagian bawahnya sehingga lebih mudah dicuci. Kelebihan dari botol ini adalah ukurannya yang standar sehingga dapat digunakan dengan berbagai merek dot dan tidak terlalu mahal untuk penggantian dot di masa mendatang. Botol ini juga dilengkapi dengan dot yang lebih lembut dari dot silikon biasa, namun sayangnya mudah robek. Saya hampir tidak menemukan kekurangan pada botol ini dan saya sangat menyukainya.

4. Botol Avent Airflex
Botol susu BPA Free terakhir yang dicoba oleh Tania adalah botol Avent Airflex. Botol ini memiliki bentuk wide neck yang bagus dan dot yang hampir sama dengan Playtex, tidak terlalu keras dibandingkan dengan dot merek Pigeon. Kelebihan dari botol ini adalah bentuknya yang gendut dan pendek sehingga mudah dicuci tanpa menggunakan sikat botol. Namun, kekurangan dari botol ini adalah dotnya tidak dapat diganti dengan merek lain, sehingga harus membeli dot dengan merek yang sama. Botol ini juga memiliki ring di bagian dalam leher botol yang sangat penting, jika hilang atau lepas maka botol tidak dapat digunakan lagi karena akan bocor.

Dari semua botol susu yang pernah dicoba oleh Tania, botol Playtex Ventair Advance menjadi favorit saya. Selain botol ini dapat membersihkan botol hingga ke dasar ketika dicuci, dotnya juga dapat diganti dengan merek Pigeon atau huki yang memiliki harga yang lebih terjangkau. Hal ini penting bagi Tania yang sering merusak nipple dengan menggigitnya. Selain itu, bentuk botolnya yang lucu dan sedikit belok membuat Tania dapat minum dengan posisi duduk tegak tanpa harus terlalu mendongak. Namun, tentunya setiap bayi memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga penting bagi para orang tua untuk mencoba dan memilih botol susu yang sesuai dengan bayi mereka.

Baca Juga:  Menyiasati Lecet pada Puting Susu

Dalam memilih botol susu BPA Free yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan botol susu memiliki label BPA Free yang menjamin keamanan botol tersebut. Kedua, sesuaikan bentuk dot dengan preferensi bayi, apakah bayi lebih nyaman dengan dot yang menyerupai puting ibu atau dot yang berbeda. Ketiga, perhatikan kepraktisan botol susu dalam hal pencucian dan penggunaan dot. Terakhir, sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki, karena beberapa merek botol susu BPA Free memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan botol susu biasa.

Sebagai orang tua, tentunya kita selalu menginginkan yang terbaik untuk bayi kita. Memilih botol susu BPA Free yang aman dan sesuai dengan kebutuhan bayi adalah salah satu langkah yang tepat dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi bayi kita. Semoga review ini bermanfaat bagi para orang tua dalam memilih botol susu BPA Free yang tepat untuk bayi mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com