Resep Es Teler kesayangan si Kecil

Resep Es Teler kesayangan si Kecil

Es Teler merupakan salah satu minuman segar yang sangat populer di Indonesia. Minuman ini terdiri dari berbagai macam buah segar yang dicampur dengan santan, susu kental manis, dan sirup. Es Teler biasanya disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es serut sebagai penyegar. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati dalam cuaca yang panas atau sebagai penutup setelah makan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Teler antara lain adalah alpukat, nangka, kelapa muda, kolang-kaling, susu kental manis putih, santan, daun pandan, garam, sirup pandan, agar-agar bubuk putih, air, gula pasir, dan es serut. Alpukat dipotong kotak, nangka dipotong dadu, kelapa muda diambil dagingnya, kolang-kaling direbus hingga lunak, susu kental manis putih, santan, dan sirup pandan digunakan sebagai bahan campuran untuk Es Teler. Agar-agar bubuk putih digunakan untuk membuat hiasan agar-agar yang akan ditambahkan pada Es Teler. Air dan gula pasir digunakan untuk membuat sirup pandan. Dan terakhir, es serut digunakan sebagai pelengkap untuk membuat Es Teler menjadi lebih segar.

Langkah pertama dalam membuat Es Teler adalah membuat agar-agar. Campurkan air, agar-agar bubuk putih, dan gula pasir dalam panci, lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat agar-agar tersebut dan bekukan agar menjadi padat. Setelah itu, serut agar-agar tersebut menggunakan serutan keju dan sisihkan untuk digunakan sebagai hiasan pada Es Teler.

Langkah berikutnya adalah membuat campuran santan dan daun pandan. Campurkan santan, garam, dan daun pandan dalam panci, lalu rebus hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah. Setelah mendidih, angkat campuran santan tersebut dan dinginkan.

Selanjutnya, rebus kolang-kaling dengan gula pasir hingga lunak. Setelah lunak, angkat kolang-kaling tersebut dan buang airnya. Siapkan mangkuk saji untuk menyajikan Es Teler. Tambahkan alpukat yang sudah dipotong kotak, nangka yang sudah dipotong dadu, kolang-kaling yang sudah direbus, dan agar-agar serut ke dalam mangkuk saji. Tuang sirup pandan dan santan secukupnya sesuai dengan selera. Terakhir, tambahkan es serut dan susu kental manis putih sebagai penyegar. Es Teler siap disajikan dalam keadaan dingin.

Baca Juga:  7 Makanan Penyubur Kandungan yang Sehat Bergizi

Tips tambahan dalam membuat Es Teler adalah membuat sirup pandan dengan cara merebus gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1 (1 kg gula pasir: 1 liter air) hingga mendidih dan gula larut. Jika ingin menarik, tambahkan pewarna makanan secukupnya pada sirup pandan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Resep Es Teler ini dapat menghasilkan sekitar 20 porsi, sehingga cocok untuk disajikan dalam acara keluarga atau acara kumpul-kumpul bersama teman-teman. Es Teler ini memiliki rasa yang segar dan manis karena campuran buah-buahan segar, santan, susu kental manis, dan sirup pandan.

Es Teler adalah minuman yang sangat cocok untuk dinikmati oleh si Kecil. Buah-buahan segar seperti alpukat dan nangka mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dalam masa pertumbuhan. Selain itu, santan dan susu kental manis juga mengandung lemak sehat dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Mengkonsumsi Es Teler juga dapat memberikan rasa segar dan menyegarkan tubuh si Kecil, terutama saat cuaca sedang panas.

Untuk memastikan Es Teler yang disajikan aman dan sehat, pastikan semua bahan yang digunakan dalam pembuatan Es Teler adalah bahan yang segar dan berkualitas. Pastikan juga untuk membersihkan semua buah-buahan sebelum dipotong dan digunakan dalam Es Teler. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan susu kental manis yang berkualitas dan tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan si Kecil.

Dengan membuat Es Teler sendiri di rumah, kita dapat mengontrol kualitas dan kebersihan bahan yang digunakan dalam pembuatan Es Teler. Selain itu, kita juga dapat menyesuaikan rasa dan kelezatan Es Teler sesuai dengan selera si Kecil. Es Teler juga dapat menjadi alternatif minuman yang sehat dan menyegarkan untuk si Kecil, daripada memilih minuman yang mengandung banyak gula dan bahan pengawet yang tidak sehat.

Baca Juga:  Berenang, Aman atau Tidak Bagi Ibu Hamil?

Dalam menyajikan Es Teler kepada si Kecil, pastikan untuk memberikan porsi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan gizinya. Jangan terlalu banyak memberikan Es Teler kepada si Kecil, karena terlalu banyak konsumsi gula dapat berdampak buruk bagi kesehatan si Kecil. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan minuman lain yang sehat dan bergizi kepada si Kecil, seperti air putih, jus buah segar, atau susu.

Selain sebagai minuman yang menyegarkan, Es Teler juga dapat menjadi pilihan menu penutup yang lezat setelah makan. Es Teler dapat memberikan rasa manis dan segar setelah makan yang dapat membuat perut menjadi lebih nyaman. Es Teler juga dapat menjadi hidangan penutup yang menarik untuk disajikan dalam acara keluarga atau acara kumpul-kumpul bersama teman-teman.

Dalam menyajikan Es Teler kepada tamu atau keluarga, pastikan untuk memberikan tampilan yang menarik dan menggugah selera. Gunakan mangkuk saji yang cantik dan tambahkan hiasan agar-agar serut atau buah segar di atas Es Teler. Tampilan yang menarik akan membuat orang lebih tertarik untuk mencicipi Es Teler yang disajikan.

Dalam kesimpulan, Es Teler adalah minuman segar yang sangat cocok untuk dinikmati oleh si Kecil atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Es Teler terdiri dari berbagai macam buah segar yang dicampur dengan santan, susu kental manis, dan sirup pandan. Es Teler ini dapat disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es serut untuk memberikan sensasi kesegaran. Dengan membuat Es Teler sendiri di rumah, kita dapat mengontrol kualitas dan kebersihan bahan yang digunakan, serta menyesuaikan rasa dan kelezatannya sesuai dengan selera si Kecil. Es Teler juga dapat menjadi alternatif minuman yang sehat dan menyegarkan daripada memilih minuman yang mengandung banyak gula dan bahan pengawet yang tidak sehat. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com