Resep Cupcake Pisang

Resep Cupcake Pisang

Cupcake pisang adalah salah satu makanan penutup yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat cupcake pisang menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Jika Anda ingin mencoba membuat cupcake pisang sendiri di rumah, berikut ini adalah resep yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cupcake pisang ini adalah sebagai berikut:
– 175 gr mentega
– 100 gr gula halus
– 25 gr gula palem
– 100 gr pisang ambon, haluskan
– 3 butir telur
– 165 gr tepung terigu
– 50 gr almond bubuk
– 1 sendok teh baking powder
– 50 ml krim kental

Cara membuat cupcake pisang ini cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, kocok mentega, gula halus, dan gula palem hingga lembut. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.
2. Setelah itu, masukkan telur satu per satu ke dalam adonan dan kocok kembali hingga rata. Usahakan agar adonan terlihat lembut dan tidak ada gumpalan.
3. Selanjutnya, masukkan pisang ambon yang telah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
4. Kemudian, masukkan tepung terigu, almond bubuk, dan baking powder ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
5. Terakhir, tambahkan krim kental ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik dan adonan terlihat lembut.

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi dengan paper cup. Jika Anda tidak memiliki paper cup, Anda juga dapat menggunakan loyang muffin yang telah diolesi dengan mentega dan ditaburi dengan tepung terigu agar adonan tidak lengket.

Baca Juga:  Atas Nyeri Punggung Saat Hamil

Setelah adonan dituangkan ke dalam loyang, panggang cupcake dalam oven dengan suhu 180ยบ C selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang. Pastikan untuk memeriksa kematangan cupcake dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam cupcake keluar bersih, berarti cupcake telah matang dan siap diangkat dari oven.

Setelah matang, angkat cupcake dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Anda dapat menambahkan hiasan atau topping sesuai dengan selera, seperti whipped cream, cokelat leleh, atau potongan buah-buahan segar.

Hasil dari resep cupcake pisang ini adalah 8 porsi. Cupcake pisang ini dapat disajikan sebagai makanan penutup di berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, arisan, atau hanya sebagai camilan di sore hari.

Selain rasanya yang lezat, cupcake pisang juga memiliki manfaat kesehatan. Pisang mengandung banyak serat dan nutrisi, seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Serat dalam pisang juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah.

Dengan menggunakan resep cupcake pisang ini, Anda dapat menciptakan makanan penutup yang lezat dan sehat untuk keluarga Anda. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com