Resep Bubur Havermut Manis

Resep Bubur Havermut Manis

Senang deh rasanya kalau si Kecil sudah menginjak usia 9 bulan. Bukan karena dia sudah bertambah pintar saja, Bu. Kita juga jadi punya kesempatan menggunakan kreativitas untuk meracik berbagai variasi menu makanan pendamping yang lezat, menarik, dan bisa memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari. Asyik, ya?

Tapi, kadang masih ada kebingungan saat menentukan menu MPASI untuk si Kecil, kan? Nah, kali ini saya akan membagikan resep bubur havermut manis yang bisa menjadi alternatif menu makanan pendamping ASI untuk si Kecil.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu havermut. Havermut atau oat adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman oat. Biji-bijian ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Havermut mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, serta beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, serta vitamin A, B, dan E.

Bubur havermut manis merupakan salah satu variasi menu makanan pendamping ASI yang bisa diberikan pada si Kecil di usia 9 bulan ke atas. Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga disukai oleh si Kecil. Selain itu, bubur havermut manis juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil.

Berikut ini adalah resep bubur havermut manis yang bisa Bunda coba di rumah:

Bahan-bahan:
– 2 sendok makan havermut
– 150 ml air
– 120 ml ASI
– 1 buah pisang matang, haluskan atau potong dadu kecil
– 1 sendok teh madu (opsional)

Cara membuat:
1. Rebus havermut dengan air hingga mendidih dan mengental.
2. Tambahkan ASI ke dalam bubur havermut yang sudah matang. Aduk rata.
3. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan atau dipotong kecil-kecil ke dalam bubur havermut. Aduk rata.
4. Jika ingin memberikan rasa manis tambahan, tambahkan madu sesuai selera. Aduk rata.
5. Dinginkan bubur havermut manis sejenak sebelum disajikan kepada si Kecil.

Baca Juga:  Rahasia Kacang Kedelai Menjaga Kehamilan

Bubur havermut manis siap disajikan sebagai menu makanan pendamping ASI untuk si Kecil. Pastikan suhu bubur sudah cukup hangat dan sesuai dengan selera si Kecil.

Selain rasanya yang enak, bubur havermut manis juga memiliki manfaat nutrisi yang baik untuk si Kecil. Havermut mengandung serat yang membantu pencernaan, protein untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, serta karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang cukup untuk si Kecil.

Selain itu, pisang yang ditambahkan ke dalam bubur havermut juga mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, dan potassium. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, sementara vitamin B6 dan potassium membantu dalam perkembangan otak dan saraf si Kecil.

Dalam menyajikan bubur havermut manis, Bunda juga bisa berkreasi dengan menambahkan topping tambahan seperti potongan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau biji-bijian seperti chia seed atau flaxseed. Topping tambahan ini akan menambah nutrisi dan tekstur pada bubur havermut manis.

Selain itu, Bunda juga bisa mengkombinasikan bubur havermut manis dengan makanan pendamping lainnya seperti bubur buah, bubur sayur, atau puree sayur untuk variasi menu yang lebih lengkap dan seimbang. Pastikan Bunda memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas untuk memberikan nutrisi yang optimal bagi si Kecil.

Selamat mencoba resep bubur havermut manis ini, Bu! Semoga si Kecil suka dengan menu makanan pendamping ASI yang lezat dan bergizi ini. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai menu makanan pendamping yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Sebagai seorang ibu, tentunya Bunda ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam hal gizi dan nutrisi. Jika Bunda memiliki pertanyaan atau kebingungan mengenai gizi dan nutrisi yang tepat untuk si Kecil, jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan ahli gizi.

Baca Juga:  Kenali Sindrom Baby Blues Sebelum dan Sesudah Melahirkan

Bunda dapat melakukan konsultasi gratis dengan ahli gizi melalui layanan Posyandu Online. Layanan ini memudahkan Bunda dalam mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai gizi dan nutrisi untuk si Kecil tanpa harus datang ke posyandu secara fisik.

Cukup dengan mengisi data diri Bunda dan si Kecil, Bunda sudah bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi melalui chat atau telepon. Ahli gizi akan memberikan informasi dan saran yang tepat mengenai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil berdasarkan usia dan kondisinya.

Selain itu, Bunda juga bisa mendapatkan informasi parenting dan hadiah spesial dari Bunda & Balita melalui layanan ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan informasi dan konsultasi yang berkualitas mengenai gizi dan nutrisi untuk si Kecil.

Pastikan Bunda selalu memberikan yang terbaik bagi si Kecil dengan memberikan makanan yang sehat, bergizi, dan bervariasi. Dengan begitu, si Kecil akan tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Demikianlah resep bubur havermut manis dan informasi mengenai konsultasi gratis dengan ahli gizi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Bunda dalam meracik menu makanan pendamping ASI yang lezat dan bergizi untuk si Kecil. Selamat mencoba dan selamat memberikan yang terbaik untuk si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com