Rekomendasi Sekolah Bidan Area Jabodetabek dan Jawa


Buat yang ingin mencoba menuntut ilmu di jurusan kebidanan, simak rekomendasi sekolah bidan berikut ini.

Sebagian besar bayi di Indonesia lahir di fasilitas kesehatan umum seperti klinik, puskesmas, maupun tempat praktik bidan mandiri. Oleh karena itu, peran bidan menjadi sangat penting dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada ibu dan anak. Profesi bidan pun semakin menjanjikan, karena setiap tahun ada sekitar 4,8 juta anak yang lahir di Indonesia. Kesempatan untuk mencari pekerjaan dalam bidang kesehatan masih sangat menjanjikan.

Bagi Bunda yang tertarik untuk meniti karir di bidang kebidanan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi sekolah bidan yang bisa menjadi pilihan:

1. Akademi Kebidanan Kartini Jakarta
Akademi Kebidanan Kartini Jakarta adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang terakreditasi B. Kampus ini didirikan oleh Ibu Haji Kartini S.SiT.,M.Kes pada tahun 2009. Program studi yang ditawarkan adalah D3 Kebidanan, yang mencakup berbagai macam bidang seperti asuhan kebidanan komunitas, biologi dasar dan biologi perkembangan, kesehatan masyarakat, asuhan kebidanan nifas dan menyusui, mutu layanan kebidanan dan kebijakan kesehatan, dan lain sebagainya. Akademi Kebidanan Kartini Jakarta berlokasi di Jl. Ciledug Raya No.94-96, Cipulir, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka https://akbidkartinijkt.ac.id/.

2. Akademi Kebidanan Sismadi
Akademi Kebidanan Sismadi adalah perguruan tinggi swasta yang terakreditasi B. Kampus ini merupakan salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan bidan pertama di Jakarta. Visi dari Akademi Kebidanan Sismadi adalah menciptakan tenaga bidan profesional dan berdaya saing tinggi. Program studi yang ditawarkan adalah D3 Kebidanan. Kampus ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas pendidikan yang akan memudahkan proses pembelajaran. Akademi Kebidanan Sismadi berlokasi di Komplek RS. Sukmul Sisma Medika, Jl. Cumi No.37A, Tj. Priok, Kec. Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14330. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka http://www.akbidsismadi.ac.id/.

Baca Juga:  10 Penyebab Tanaman Mendadak Layu dan Cara Mengatasinya

3. Universitas Binawan
Universitas Binawan merupakan salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Universitas ini berada di bawah badan penyelenggara pendidikan yayasan Binawan. Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Binawan menawarkan program studi D3 Kebidanan. Mata kuliah yang diajarkan meliputi asuhan kebidanan persalinan, asuhan kebidanan kehamilan, hypnobirthing, dan lain sebagainya. Universitas Binawan berlokasi di Jl. Dewi Sartika No.25-30, Kalibata, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka https://binawan.ac.id/.

4. Poltekkes Kemenkes Jakarta III
Poltekkes Kemenkes Jakarta III adalah Politeknik Negeri yang terakreditasi B. Politeknik ini berada di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sehingga lulusan Poltekkes ini memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai instansi kesehatan pemerintah. Poltekkes Kemenkes Jakarta III memiliki visi menghasilkan tenaga bidan profesional yang mampu melaksanakan tugas kebidanan dengan baik. Poltekkes ini berlokasi di Jl. Melati 2 No.15, Jatiwarna, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka https://www.poltekkesjakarta3.ac.id/jakarta3/.

5. Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta
Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta adalah sekolah kebidanan di Jakarta yang sempat vakum namun kemudian dihidupkan kembali pada tahun 2007. Program studi yang ditawarkan adalah D3 Kebidanan dengan akreditasi C. Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta berlokasi di Komplek Taman Pondok Kelapa, Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G No. 6, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jl. Pd. Kelapa Raya 1 No.1, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka http://yayasanrsjakarta.org/.

Baca Juga:  8 Tahun Menikah, Inilah 8 Masalah Pernikahan yang Sering Saya Temui

6. Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya adalah universitas yang berlokasi di Kota Malang. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya membuka Program Studi Kebidanan untuk jenjang S1. Program studi ini menawarkan mata kuliah seperti asuhan kebidanan persalinan, asuhan kebidanan kehamilan, dan lain sebagainya. Universitas Brawijaya berlokasi di JL. Veteran Malang. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka http://bidan.fk.ub.ac.id/.

7. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga adalah universitas negeri yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini juga membuka Program Studi S1 Pendidikan Bidan yang terakreditasi A. Program studi ini menawarkan mata kuliah yang relevan dengan kebidanan. Universitas Airlangga berlokasi di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47 Surabaya – 60131. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka https://bidan.fk.unair.ac.id/.

Itulah beberapa rekomendasi sekolah bidan yang bisa menjadi pilihan bagi Bunda yang ingin meniti karir di bidang kebidanan. Setiap sekolah memiliki keunggulan dan program studi yang berbeda-beda, sehingga Bunda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan minat pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Bunda dalam menentukan institusi pendidikan yang tepat untuk mengejar impian menjadi bidan yang profesional.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com