10 Ide Kreatif Olahan Putih Telur Untuk Anak Prima

10 Ide Kreatif Olahan Putih Telur Untuk Anak Prima

Siapa bilang olahan putih telur hanya bisa dibuat untuk makanan anak yang membosankan? Intip di sini untuk ide kreatif mengolahnya yuk, Bu!

Olahan putih telur memang sering dianggap sebagai makanan yang membosankan dan tidak memiliki rasa. Namun, sebenarnya ada banyak ide kreatif untuk mengolah putih telur menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahan putih telur dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Sebelum kita membahas ide-ide kreatif tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan yang ada di dalam putih telur dan manfaatnya untuk tubuh. Putih telur mengandung protein yang lebih banyak dibandingkan dengan kuning telur. Satu porsi putih telur besar mengandung sekitar 3,6 gram protein, sedangkan kuning telur hanya mengandung sekitar 2,7 gram protein. Protein dalam putih telur memiliki kualitas yang tinggi dan mengandung asam amino esensial yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa asam amino esensial yang terdapat dalam putih telur antara lain leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

Selain protein, putih telur juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalium, sodium, magnesium, dan kalsium. Oleh karena itu, mengonsumsi olahan putih telur dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak-anak.

Berikut ini adalah 10 ide kreatif olahan putih telur yang dapat Anda coba untuk anak-anak Anda:

1. Putih Telur Kukus
Olahan putih telur kukus adalah pilihan yang baik untuk makanan sehat anak-anak. Anda dapat mencampurkan putih telur dengan potongan sayuran seperti brokoli, wortel, dan buncis. Tambahkan sedikit air atau susu cair dan keju sesuai selera. Setelah semua bahan tercampur, kukus hingga olahan putih telur matang.

Baca Juga:  10 Manfaat Bayam Merah Untuk Anak yang Wajib Ibu Ketahui

2. Omelette Putih Telur
Omelette putih telur adalah alternatif yang lebih sehat daripada omelette biasa yang menggunakan telur utuh. Anda dapat menambahkan potongan sayuran dan keju rendah lemak untuk menambah rasa dan gizi pada omelette tersebut.

3. Muffin Brokoli Putih Telur
Muffin brokoli putih telur adalah makanan yang lezat dan bergizi untuk anak-anak. Anda dapat mencampurkan putih telur dengan potongan brokoli yang sudah direbus dan ditiriskan. Tambahkan sedikit garam, merica, dan keju rendah lemak. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin dan panggang hingga matang.

4. Orak Arik Putih Telur Tahu
Orak arik putih telur tahu adalah makanan tradisional Indonesia yang lezat dan bergizi. Anda dapat menumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai dengan sedikit minyak zaitun. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok dan tahu yang sudah dipotong kecil-kecil. Tumis hingga matang dan sajikan dengan nasi hangat.

5. Pancake Putih Telur
Pancake putih telur adalah alternatif sehat untuk pancake biasa. Anda dapat mengocok putih telur hingga mengembang dan mencampurkannya dengan adonan pancake. Tambahkan sedikit gula dan vanili untuk memberikan rasa manis. Panggang adonan hingga matang dan sajikan dengan sirup maple atau buah-buahan segar.

6. Sayur Sup Putih Telur
Sayur sup putih telur adalah makanan yang sehat dan lezat untuk anak-anak. Anda dapat menambahkan potongan sayuran seperti wortel, buncis, dan sosis ke dalam sup. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok dan aduk hingga matang. Sajikan sup hangat dengan nasi atau roti.

7. Tumis Putih Telur
Tumis putih telur adalah alternatif yang ekonomis dan sehat untuk makan siang anak-anak. Anda dapat mengukus putih telur yang sudah dikocok dan memotongnya menjadi potongan kecil. Tumis putih telur bersama dengan bahan-bahan lain seperti sayuran dan daging ayam. Sajikan tumisan putih telur dengan nasi hangat.

Baca Juga:  Manfaat Meditasi dalam Kehamilan

8. Nugget Putih Telur
Nugget putih telur adalah pilihan yang sehat dan lezat untuk camilan anak-anak. Anda dapat membuat adonan nugget dari putih telur yang sudah dikocok, bawang merah goreng yang sudah diremas, garam, lada, dan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air. Bentuk adonan menjadi bentuk nugget dan goreng hingga matang. Sajikan nugget putih telur dengan saus tomat atau saus sambal.

9. Telur Dadar Sayur
Telur dadar sayur adalah pilihan yang baik untuk sarapan anak-anak. Anda dapat mencampurkan putih telur dengan potongan sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung. Tambahkan sedikit garam, merica, dan keju rendah lemak. Dadar putih telur hingga matang dan sajikan dengan roti atau nasi hangat.

10. Sandwich Putih Telur
Sandwich putih telur adalah makanan yang praktis dan lezat untuk anak-anak. Anda dapat mencampurkan putih telur dengan mayones rendah lemak dan mustard. Sajikan sandwich putih telur dengan roti gandum dan potongan sayuran seperti selada, tomat, dan mentimun.

Itulah 10 ide kreatif olahan putih telur untuk anak prima. Anda dapat mencoba variasi-variasi tersebut untuk membuat makanan yang sehat dan lezat untuk anak-anak Anda. Pastikan juga untuk mengimbangi olahan putih telur dengan makanan lain yang seimbang agar kebutuhan gizi anak terpenuhi dengan baik.

Selain olahan putih telur, susu juga merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kekurangan 9AAE dapat berdampak buruk pada pertumbuhan anak, seperti menurunnya tinggi badan. Oleh karena itu, pastikan anak Anda juga mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE secara teratur.

Baca Juga:  Jenis Penyakit Bayi Baru Lahir dan Vaksinnya

Susu pertumbuhan adalah salah satu pilihan yang baik karena mengandung 9AAE dengan jumlah yang cukup. Selain itu, susu pertumbuhan juga mengandung zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, vitamin C, dan serat pangan inulin yang baik untuk kesehatan tubuh anak. Mengonsumsi susu pertumbuhan secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mendukung pertumbuhan yang optimal.

Jadi, jangan ragu untuk mengolah putih telur menjadi makanan yang lezat dan bergizi untuk anak-anak Anda. Selain itu, pastikan anak Anda juga mendapatkan asupan susu pertumbuhan yang cukup agar pertumbuhannya menjadi lebih prima. Dengan mengombinasikan olahan putih telur dan susu pertumbuhan, Anda dapat memberikan nutrisi yang baik untuk anak-anak Anda dan membantu mereka menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com