Ternyata Berenang Memberi Banyak Manfaat Untuk Si Kecil, Lho!

Ternyata Berenang Memberi Banyak Manfaat Untuk Si Kecil, Lho!

Ada banyak sekali pilihan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan si Kecil ketika menginjak usia 2 tahun. Salah satu yang direkomendasikan adalah berenang. Mengapa berenang? Hal ini dikarenakan olahraga satu ini memiliki berbagai manfaat. Selain itu, si Kecil biasanya juga suka bermain air. Berenang bisa sangat menyenangkan apalagi dilakukan ketika hari cerah dan tidak terlalu panas. Berikut ini merupakan 5 manfaat yang bisa didapatkan oleh si Kecil apabila ia rutin berenang.

Meningkatkan nafsu makan dan membenahi pola tidur
Si Kecil malas-malasan serta selalu lemas? Bunda bisa mulai mengajaknya untuk berolahraga secara teratur. Ajaklah ia untuk berenang. Dengan berenang, nafsu makannya akan meningkat serta pola tidurnya lebih baik. Setiap kali selesai berenang, si Kecil akan merasa lapar dan ingin makan. Hal ini dikarenakan tenaganya habis digunakan untuk berenang.

Selain dari segi nafsu makan, manfaat lainnya dari rutin berenang yaitu pola tidur si Kecil dapat dibenahi. Si Kecil yang kesulitan tidur juga bisa lebih mudah dan lebih nyenyak untuk tidur karena terbiasa berenang.

Menjaga jantung agar tetap sehat
Berenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk dilakukan oleh si Kecil. Berenang adalah latihan kardiovaskular yang efektif. Hal tersebut memberikan efek positif seperti meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan stamina dan bahkan meningkatkan keseimbangan serta postur tubuh. Dengan berenang tentu tubuh si Kecil akan semakin kuat.

Salah satu cara untuk menenangkan diri
Selain memberi manfaat untuk raga, berenang dapat juga memberi manfaat bagi jiwa. Berenang bukan hanya sebagai aktivitas olahraga namun juga bisa dijadikan sebagai pilihan bersantai bagi si Kecil. Bunda sebaiknya terus memberi dukungan agar si Kecil rutin untuk berenang. Si Kecil bisa belajar menenangkan diri dengan berenang. Hal ini akan membantu tumbuh kembang emosinya. Selain itu, berenang dapat mengembalikan suasana hati yang baik ketika sebelumnya si Kecil merasa cemas dan sedih.

Baca Juga:  Rekomendasi Suplemen Daya Tahan Tubuh Untuk Anak dan Keluarga

Sebagai alat keselamatan ketika dalam keadaan tertentu
Jika melakukan olahraga lain, si Kecil akan mudah menyerah dan berhenti ketika keringat sudah mulai bercucuran. Akan tetapi hal itu tidak berlaku ketika si Kecil berenang. Aktivitas ini dilakukan di dalam air sehingga keringat yang muncul dari tubuh tidak dapat terlihat. Dengan begitu si Kecil dapat memaksimalkan tenaganya. Saat berenang hampir seluruh otot tubuh dari kepala sampai kaki ikut bergerak. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh si Kecil sangat besar karena tubuh menjadi lebih berat di dalam air. Hal itu dapat memberikan manfaat menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

Membentuk dan menguatkan otot
Berenang selain sebagai olahraga tentu dapat pula dikatakan sebagai sebuah skill. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya si Kecil bisa berenang karena tentunya skill akan sangat berguna untuk masa depannya. Berenang dapat menjadi bekal keselamatan bagi si Kecil. Ketika berada di kapal dan terjadi bencana, si Kecil akan memiliki kemungkinan hidup lebih tinggi jika ia bisa berenang. Selain itu, ketika dewasa nanti, si Kecil bisa membantu menyelamatkan orang tenggelam jika terpaksa karena ia bisa berenang. Manfaat berenang sangat beragam, ya?

Wah, betapa banyaknya manfaat yang bisa didapatkan apabila si Kecil rutin berenang. Ajarkanlah si Kecil agar bisa berenang sejak sedini mungkin karena manfaatnya sangat banyak. Selain itu, Bunda sebaiknya ikut berenang bersama si Kecil. Mengapa demikian? Pertama, Bunda dapat mengawasi si Kecil dari dekat apabila ikut berenang. Kedua, Bunda juga akan semakin sehat dengan ikut berenang. Ketiga, ikatan antara Bunda dan si Kecil akan tumbuh pesat dan semakin kuat apabila kalian sering melakukan aktivitas bersama seperti berenang. Jadi, tunggu apalagi, Bu? Yuk, segera berenang bersama si Kecil.

Baca Juga:  14 Panggilan Unik Anak Dari Orangtuanya. Lucu-Lucu!

Selain itu, berenang juga dapat menjadi kesempatan bagi si Kecil untuk belajar dan mengembangkan keterampilan motoriknya. Ketika berenang, si Kecil harus menggunakan berbagai gerakan tubuh seperti menendang kaki, menggerakkan tangan, dan mengatur pernapasan. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus si Kecil.

Berenang juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan si Kecil pada lingkungan air. Si Kecil dapat belajar tentang keamanan di air dan bagaimana berperilaku yang baik ketika berada di sekitar air. Bunda dapat mengajarkan si Kecil tentang pentingnya menggunakan pelampung, tidak berenang sendirian, dan tidak bermain di sekitar kolam atau sungai tanpa pengawasan.

Selain itu, berenang juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri si Kecil. Ketika si Kecil berhasil melakukan gerakan-gerakan berenang dengan baik, ia akan merasa bangga dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan emosional dan sosial si Kecil.

Berenang juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menghilangkan stres bagi si Kecil. Ketika berenang, si Kecil dapat merasakan sensasi menyelam, bermain air, dan bergerak dengan bebas di dalam air. Hal ini dapat membantu si Kecil merasa lebih rileks dan senang.

Namun, sebagai orang tua, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal saat si Kecil berenang. Pertama, pastikan kolam renang atau tempat berenang aman dan terawat dengan baik. Pastikan juga bahwa Bunda atau orang dewasa yang bertanggung jawab selalu ada di dekat si Kecil saat berenang. Selain itu, pastikan si Kecil menggunakan pelampung atau alat bantu renang yang sesuai dengan usianya.

Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan suhu air saat si Kecil berenang. Pastikan suhu air tidak terlalu dingin atau terlalu panas agar si Kecil merasa nyaman saat berenang. Juga, pastikan si Kecil tidak terlalu lama berada di dalam air untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga:  Rekomendasi Hotel Ramah Anak

Berenang juga dapat menjadi kesempatan bagi Bunda untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama si Kecil. Selain berenang, Bunda dan si Kecil dapat bermain di air, bermain bola, atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan di sekitar kolam renang. Hal ini akan memperkuat ikatan antara Bunda dan si Kecil serta menciptakan kenangan indah bersama.

Dalam melakukan aktivitas berenang, Bunda juga dapat mengajarkan si Kecil tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Bunda dapat mengajarkan si Kecil untuk mandi sebelum dan setelah berenang serta mengenakan pakaian renang yang bersih dan sesuai. Hal ini akan membantu si Kecil memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Dalam kesimpulan, berenang memiliki banyak manfaat bagi si Kecil. Selain meningkatkan nafsu makan dan membenahi pola tidur, berenang juga dapat menjaga kesehatan jantung, menenangkan diri, menjadi alat keselamatan, membentuk dan menguatkan otot, serta mengembangkan keterampilan motorik. Bunda juga dapat terlibat dalam aktivitas berenang bersama si Kecil untuk menciptakan ikatan yang kuat dan waktu berkualitas bersama. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajak si Kecil berenang dan nikmati manfaatnya!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com