7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Seperti yang kita ketahui, di 2 tahun pertama kehidupannya, setiap anak sedang mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan. Saat si Kecil berusia 2 tahun, otaknya akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Proses ini dapat mendukung si Kecil untuk cepat belajar dan memahami dunia di sekitarnya.

Secara umum, anak yang berusia 2 tahun sudah mulai bisa menyusun balok mainan, membedakan bentuk dan warna, memerhatikan buku dan membalik halamannya sendiri, berjalan menaiki atau menuruni tangga sambil berpegangan, serta lebih banyak bergerak aktif untuk meraih atau memegang barang-barang yang menarik perhatiannya.

Oleh karena itu, kehadiran mainan edukasi anak 2 tahun dibutuhkan bukan hanya sebagai teman bermain yang menyenangkan, tetapi juga sebagai media untuk stimulasi kemampuan motorik, sensorik, berbahasa, komunikasi, sosial, dan emosional si Kecil.

Meskipun saat ini sudah banyak pilihan mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa kita berikan untuk si Kecil, tetapi tidak semua mainan aman digunakan. Itulah sebabnya, penting bagi kita untuk memerhatikan mainan yang dipakai si Kecil, mulai dari bahan dasarnya, keamanan, komponen mainan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Banyak hal mulai dipelajari oleh si Kecil saat ia menginjak usia 2 tahun. Oleh karena itu, memberikannya berbagai jenis permainan edukasi anak 2 tahun yang tepat dipercaya akan membantu tumbuh kembangnya secara optimal.

Salah satu kegiatan yang paling penting dilakukan oleh anak 2 tahun yaitu bermain. Bermain bagi si Kecil merupakan hal yang dianggap sama nilainya dengan bekerja dan belajar bagi orang dewasa.

Menurut penelitian, bermain dapat menjadi sarana untuk mengubah potensi dalam diri anak yang akan membentuk macam-macam penguasaan pada kehidupan yang akan datang. Pengalaman mengenali dunia sekitar didapat anak selama bermain.

Setiap permainan yang dilakukan oleh anak mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kita perlu memilih jenis permainan edukasi anak 2 tahun yang sesuai agar tumbuh kembangnya bisa semakin optimal. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga:  Afeksi adalah Kasih Sayang, Ini Manfaatnya Bagi Anak

1. Buku
Mainan edukasi anak 2 tahun yang pertama yaitu buku. Kita pasti mengetahui bahwa buku merupakan media pembelajaran sekaligus permainan edukasi anak 2 tahun yang menarik bagi si Kecil. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buku, di antaranya dapat menambah berbagai kosakata, meningkatkan kemampuan bahasa, meningkatkan fungsi otak, mengembangkan kemampuan kognitif, menjalin hubungan dengan orang tua, dan lain sebagainya.

Kita dapat memberikan si Kecil buku sebagai mainan edukasi anak 2 tahun yang bertema hewan, ensiklopedia, board book, dan buku jenis lainnya yang berisi cerita serta gambar menarik. Kita juga dapat mengajak si Kecil untuk pergi ke toko buku supaya dapat memilih jenis buku yang ia inginkan.

2. Mainan Bertema Profesi
Mainan edukasi anak 2 tahun selanjutnya yaitu mainan bertema profesi, seperti dokter, koki, pemadam kebakaran, polisi, dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak mainan edukasi anak 2 tahun bertema profesi yang bisa kita berikan untuk si Kecil agar ia mulai mengenal profesi-profesi beserta tanggung jawabnya.

Mainan edukasi anak 2 tahun ini juga bisa menjadi media bagi anak agar dapat meniru dan melakukan pekerjaan dari profesi tertentu. Misalnya, kita bisa mengajak si Kecil bermain profesi sebagai dokter dengan mainan pendukung, seperti stetoskop, termometer, lampu senter, jas dokter, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mainan ini bisa menstimulasi perkembangan kecerdasan emosi, melatih kemampuan komunikasi dan sosialisasi, mengajarkan si Kecil dalam merawat sesuatu, dan lain sebagainya.

3. Balance Bike
Balance bike identik dengan mainan anak laki-laki 2 tahun yang bisa menstimulasi sekaligus menyenangkan bagi si Kecil. Ada beragam manfaat dari balance bike, di antaranya melatih koordinasi, keseimbangan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta membangun kedekatan emosional antara si Kecil dan orang tua.

Baca Juga:  3 Alat Olahraga yang Wajib Ada di Rumah

Meskipun balance bike lebih melekat sebagai mainan anak laki-laki, kita juga bisa menjadikannya sebagai mainan anak perempuan 2 tahun juga. Mainan yang satu ini memiliki beragam manfaat, tetapi kita perlu memilih balance bike yang tepat. Pastikan balance bike tersebut memang berkualitas, baik dari segi bahan dan spesifikasinya, serta sesuaikan balance bike dengan usia si Kecil.

4. Mainan Balok
Mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa kita pilih selanjutnya yaitu mainan berbentuk balok. Sebenarnya mainan ini sudah bisa kita kenalkan kepada si Kecil sejak ia masih bayi. Namun, untuk anak yang sudah berusia 2 tahun, kita bisa memberikannya mainan balok dengan bentuk dan warna yang semakin beragam, mulai dari bentuk huruf, angka, hewan, bangunan, dan lain sebagainya.

Mainan edukasi anak 2 tahun ini memiliki beragam manfaat yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil, di antaranya melatih koordinasi, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kecerdasan dan kreativitas si Kecil, serta melatih kesabaran.

5. Bola
Kita ingin mainan anak laki-laki 2 tahun yang mendorong si Kecil agar lebih aktif bergerak? Nah, mainan berbentuk bola mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Ini karena bola mendukung si Kecil agar bisa melempar dan menangkapnya dengan benar sehingga yang bergerak bukan hanya tangan si Kecil, tetapi kakinya pun ikut bergerak sehingga pertumbuhannya lebih prima.

Manfaat bola sebagai mainan edukasi anak 2 tahun juga tak kalah dari mainan sebelumnya. Bermain bola bisa melatih keseimbangan, paham konsep sebab-akibat, mengasah kemampuan motorik, dan menambah kepercayaan diri.

6. Mainan Alat Musik
Mainan alat musik merupakan salah satu mainan yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan perkembangan si Kecil, seperti meningkatkan pendengaran, melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan lain sebagainya. Selain itu, mainan edukasi anak 2 tahun ini juga bisa menjadi media bagi kita untuk mengenalkan si Kecil dengan berbagai jenis alat musik, mulai dari drum mini, gitar, piano, flute, biola, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Yuk, Kenali Perubahan Perut Ibu Hamil Setiap Bulannya

Dengan mengenalkan mainan edukasi anak 2 tahun berupa alat musik, kemungkinan kita juga bisa melihat ketertarikan si Kecil terhadap salah satu alat musik yang nantinya bisa diasah terus seiring pertambahan usianya.

7. Mainan Puzzle
Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang sayang untuk dilewatkan adalah puzzle. Jenis mainan ini sangat penting untuk mendukung kecerdasan si Kecil karena dengan bermain puzzle, otak si Kecil akan didorong untuk berpikir dan memecahkan masalah saat menggabungkan teka-teki sesuai dengan instruksi pada gambar.

Puzzle cocok dijadikan sebagai mainan edukasi anak 2 tahun karena dapat meningkatkan memori, melatih kemampuan motorik halus, melatih koordinasi mata dan tangan, mengasah kemampuan problem solving, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Selain mainan yang telah disebutkan, sebenarnya ada jenis mainan edukasi anak 2 tahun buatan sendiri yang bisa jadi pilihan kita, di antaranya boneka jari, roket mainan, hingga mobil-mobilan dari kardus.

Di samping menstimulasi si Kecil dengan mainan edukasi anak 2 tahun buatan sendiri, penting bagi kita untuk memenuhi asupan nutrisi berkualitas agar memaksimalkan kecerdasan, akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, selama masa tumbuh kembangnya, hormon pertumbuhan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak. Peran 9AAE sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan sebanyak 34%, dan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. 9AAE dan DHA harus terpenuhi bersamaan. Karena keduanya harus bekerja bersamaan dan harus dipenuhi dari makanan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com