Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan Mental dari dokter Jiemi Ardian


Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa kesehatan mental yang baik, kita tidak akan mampu berpikir dengan jernih, merasa bahagia, dan berinteraksi dengan orang lain secara sehat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami kesehatan mental dan bagaimana cara menjaga dan merawatnya.

Dalam hal ini, psikiater Jiemi Ardian memberikan lima rekomendasi buku tentang kesehatan mental yang sangat bermanfaat. Buku-buku ini dapat membantu kita memahami lebih dalam tentang kesehatan mental dan memberikan wawasan serta pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri dan orang lain.

Pertama, buku yang direkomendasikan oleh dokter Jiemi adalah “Life Lessons: Two Experts on Death and Dying Teach Us About the Mysteries of Life and Living” yang ditulis oleh Elisabeth Kübler-Ross dan David Kessler. Buku ini menceritakan tentang pengalaman hidup orang yang baru merasakan kehilangan dan orang yang akan menghadapi kematian. Buku ini berisi pesan-pesan kehidupan yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi pembaca.

Menurut dokter Jiemi, buku ini sangat membantu dan memberikan banyak pelajaran. Buku ini mengajarkan tentang identitas diri, cinta, dan hubungan yang dapat membantu kita memiliki persepsi yang baru tentang kehidupan. Buku ini mengajak kita untuk mempertimbangkan apa yang benar-benar penting dan bermakna dalam hidup kita.

Selanjutnya, buku yang direkomendasikan adalah “The Only Things You Can See Only When You Slow Down” yang ditulis oleh Haemin Sunim. Buku ini ditulis oleh seorang Biksu yang mengajak pembaca untuk melambat sejenak dalam kehidupan yang serba cepat ini. Buku ini mengajarkan pentingnya istirahat dan melambat agar kita dapat melihat dengan jelas apa yang terjadi di sekitar kita dan apa yang benar-benar penting dalam hidup kita.

Baca Juga:  Perkembangan Bayi 10 Bulan, Tahap Sosial dan Komunikasi

Dokter Jiemi menyatakan bahwa buku ini berisi banyak kutipan yang dapat direnungkan. Meskipun tidak membutuhkan waktu lama untuk membacanya, namun buku ini dapat memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan kita jika kita benar-benar merenungkan isinya.

Selanjutnya, buku “Attached: The New Science of Adult Attachment” yang ditulis oleh Amir Levine dan Rachel S.F. Heller juga direkomendasikan oleh dokter Jiemi. Buku ini membahas tentang pola kelekatan pada manusia dan bagaimana pola ini dipengaruhi oleh faktor psikologis dan pola asuh. Buku ini penting untuk membantu kita mengenali pola kelekatan kita dengan orang lain.

Menurut dokter Jiemi, buku ini sangat baik untuk mempelajari pola kelekatan kita dengan orang lain. Dengan memahami pola kelekatan yang ada pada diri kita, kita dapat lebih baik dalam berhubungan dengan orang lain dan menjaga kesehatan mental kita.

Buku selanjutnya yang direkomendasikan adalah “Maybe You Should Talk to Someone” yang ditulis oleh Lori Gottlieb. Buku ini adalah memoar seorang psikiater yang mencari terapis lain setelah mengalami perpisahan dengan pasangannya. Buku ini menarik karena apa yang ditemukan oleh Lori dalam proses terapisnya ternyata juga ditemukan dalam kehidupan sehari-hari klien-kliennya.

Dokter Jiemi menyatakan bahwa buku ini memberikan banyak wawasan yang sangat manusiawi. Buku ini juga memberikan insight tentang perpisahan dan kehilangan yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi pembaca.

Terakhir, buku yang direkomendasikan adalah “Merawat Luka Batin” yang ditulis oleh Jiemi Ardian sendiri. Buku ini sangat cocok untuk mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang depresi dan kesehatan mental secara umum. Buku ini berisi tentang proses berpikir dan memberikan latihan sederhana untuk melatih ulang pikiran agar menjadi lebih sehat dalam merawat luka batin.

Baca Juga:  Pentingnya Manfaat Buah Tomat untuk Bayi, Ibu Wajib Tahu!

Dokter Jiemi menjelaskan bahwa buku ini tidak hanya cocok untuk mereka yang sedang merawat luka batin, tetapi juga bagi para caregiver dan penyintas depresi. Buku ini mengajak kita untuk berempati dan memahami sudut pandang orang yang sedang mengalami depresi.

Dalam kesimpulannya, kelima buku tentang kesehatan mental yang direkomendasikan oleh dokter Jiemi Ardian sangat bermanfaat bagi kita untuk memahami dan merawat kesehatan mental kita. Melalui membaca buku-buku ini, kita dapat memproses pengalaman kita, belajar tentang psikologi, dan membantu kita menyadari tindakan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mental, kita dapat menjaga kesehatan mental kita dengan lebih baik dan menghadapi tantangan kehidupan dengan lebih kuat. Jadi, jangan ragu untuk membaca buku-buku ini dan mulailah merawat kesehatan mental Anda dari sekarang.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com