Pentingkah USG 4 Dimensi?


1. Bila saya sudah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, apakah saya masih perlu memeriksa kandungan dengan USG 4D?

Dokter akan menggunakan USG sebagai alat bantu untuk melihat segala hal yang terjadi pada janin. USG yang umum digunakan adalah USG 2D, USG 3D, dan USG 4D. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan USG 2D terlebih dahulu, baru USG 3D dan USG 4D bila dirasa perlu. Jadi, bila dari USG 2D sudah cukup menggambarkan kesehatan dan perkembangan janin, maka USG 3D dan 4D tidak lagi perlu dilakukan.

2. Apa beda USG 4D dengan USG yang lain?

USG 4D memiliki tingkat teknologi yang lebih unggul, sehingga kita bisa melihat janin dengan lebih jelas. Organ tubuh, wajah, dan tubuh bayi bisa terlihat lebih real. Hal ini disebabkan karena USG 4D menggunakan teknologi 4 dimensi yaitu lebar, panjang, kedalaman, dan gerak atau dimensi waktu. Sementara USG 2D dan 3D hanya menggunakan dimensi panjang dan lebar saja.

3. Apa saja fungsi USG 4D?

Selain bisa melihat wajah bayi beserta ekspresi janin, USG 4D juga memiliki fungsi lain yang cukup penting. Teknologi canggih ini bisa mengetahui permukaan anatomi janin dengan lebih jelas. Sehingga lewat USG 4D, kita dapat melihat gambaran kelengkapan anggota tubuh janin dengan lebih jelas. Kelainan yang mungkin terjadi pada janin dan tidak terlihat jelas jika menggunakan USG 2D atau 3D pun bisa tergambar lebih jelas lewat USG ini. Jadi, bila memang ada kelainan pada janin, dokter bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasi kelainan tersebut.

Fungsi lain dari USG 4D ini sebetulnya hampir sama dengan USG lainnya, yaitu untuk melihat perkembangan kehamilan, memperkirakan hari lahir janin, memantau pertumbuhan janin, merekam detak jantung dan napas janin, serta melihat kelainan posisi janin.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mengajarkan Matematika

4. Kapan waktu terbaik untuk melakukan USG 4 Dimensi?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka USG 4D sebaiknya dilakukan pada usia kandungan 28 sampai 32 minggu. Pada saat itulah organ tubuh janin sudah cukup berkembang sehingga dapat terlihat dengan lebih jelas melalui USG 4D. Namun, setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan USG 4D.

5. Apakah ada persiapan khusus bila akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4D?

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan menggunakan USG 4D. Pemeriksaan ini sama seperti pemeriksaan kandungan pada umumnya. Namun, sebaiknya ibu hamil menghindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan gas, seperti kacang-kacangan dan minuman berkarbonasi, beberapa jam sebelum pemeriksaan. Hal ini dikarenakan gas dalam perut dapat mengganggu kualitas gambar yang dihasilkan oleh USG 4D.

Dengan melakukan USG 4D, ibu hamil dapat melihat secara lebih jelas perkembangan janin dalam kandungannya. Selain itu, USG 4D juga dapat memberikan informasi penting mengenai kelainan yang mungkin terjadi pada janin. Meskipun biaya pemeriksaan ini cukup mahal, namun bagi ibu hamil yang penasaran dengan wajah dan anggota tubuh janinnya, USG 4D dapat menjadi pilihan yang menarik. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan pemeriksaan ini.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com