Rekomendasi Bank Sampah dan Tempat Donasi Barang-Barang Bekas Layak Pakai


Buat yang sedang membersihkan rumah, berikut ini adalah daftar rekomendasi bank sampah dan tempat donasi barang-barang bekas yang masih layak pakai. Kegiatan membersihkan rumah memang melelahkan, namun harus dilakukan. Tidak perlu menunggu momen tertentu seperti akhir tahun, decluttering atau membuang barang-barang yang tidak lagi memunculkan kebahagiaan sama pentingnya dengan membuang sampah secara rutin. Barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan tidak perlu didiamkan lama-lama di rumah jika memang sudah tidak dipakai. Tapi pertanyaannya, kemana sebaiknya kita membuang sampah serta barang-barang bekas yang sudah kita pisahkan, selain mengandalkan tukang sampah mingguan yang kita sendiri tidak tahu apa yang akan terjadi dengan sampah tersebut dan di mana sampah tersebut akan berakhir. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencatat daftar bank sampah serta tempat donasi barang-barang bekas berikut ini.

Kegiatan memilah sampah seharusnya sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap individu. Namun, jika merasa bahwa melakukannya sekali seminggu terlalu berat, kita bisa melakukannya sekali sebulan. Dalam buku yang berjudul “Better Than Before: Mastering the Habits of Our Everyday Lives” yang ditulis oleh Gretchen Rubin, uncluttering atau merapikan rumah dan isinya merupakan salah satu dasar utama bagi seseorang yang ingin membentuk kebiasaan baru. Oleh karena itu, mulailah secara perlahan namun lakukan secara konsisten. Jadikan membersihkan rumah dan memilah sampah sebagai kebiasaan yang harus dilakukan.

Saat memilah sampah di rumah, sebaiknya kita mengumpulkan dulu sampah tersebut di rumah sebelum kemudian dibawa ke bank sampah. Memang, tidak ada orang yang ingin mengumpulkan sampah di rumah, namun jika sudah dipilah, sampah rumah tangga biasanya lebih banyak yang kering dibandingkan yang basah. Sampah basah atau sampah organik bisa diolah menjadi kompos, namun proses pengolahan sampah organik ini membutuhkan akses yang lebih sulit sehingga sebaiknya diserahkan ke pihak pengelolaan sampah oleh Pemerintah Daerah. Tidak masalah jika kita belum yakin untuk mengolahnya sendiri di rumah.

Baca Juga:  Ketahui Manfaat Protein Agar Anak Terhindar dari Risiko Penyakit

Namun, bagaimana dengan sampah kering maupun barang-barang bekas? Sampah kering memiliki banyak kategori, mulai dari kardus bekas, plastik kemasan, botol plastik, kayu, hingga perabot rumah dan alat-alat elektronik seperti kaset, CD, DVD, charger, dan handphone yang secara tidak sadar menumpuk di rumah. Oleh karena itu, diperlukan bantuan dari kita sebagai pemilik sampah untuk memilahnya terlebih dahulu. Caranya, siapkan wadah ukuran sedang, tidak perlu membeli, bisa menggunakan kardus bekas. Kemudian, kita memilahnya berdasarkan jenisnya. Jenis yang paling umum adalah metal atau besi, plastik, kertas, dan kaca. Dengan memilah sampah terlebih dahulu, akan lebih mudah bagi kita untuk mengirimnya ke bank sampah yang tersedia.

Untuk sampah plastik, ada beberapa bank sampah yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah REBRICKS yang menerima plastik sachet/kemasan, plastik bekas kemasan online shop, bubble wrap, dan botol berlabel. Kita bisa menghubungi REBRICKS melalui website mereka di www.rebricks.id atau melalui WhatsApp di nomor 0899-0750-022. Selain itu, ada juga MISENIO.ID yang merupakan pembuat kerajinan dari plastik daur ulang seperti tas dan dompet. Kita bisa menghubungi MISENIO.ID melalui Instagram mereka di @misenio.id atau melalui kontak di +62895365283889.

Untuk sampah tetrapak, seperti kemasan minuman kotak, kita bisa menghubungi MARKAS JARINGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN (JPL) melalui alamat Jl. Gatotkaca III No.10, Perum Bumi Indraprasta, Bogor atau melalui email [email protected]. Selain itu, ada juga BANK SAMPAH MY DARLING yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 20 dan dapat dihubungi melalui nomor telepon 0821-2465-7070 atau melalui email [email protected]. POPSIKLUS BY BIKINBIKINCRAFT.ID juga merupakan tempat yang menerima sampah tetrapak dan menjadikannya kerajinan. Kita bisa menghubungi mereka melalui WhatsApp di nomor 0856-1161-687.

Baca Juga:  4 Posisi Bayi dalam Kandungan yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

Untuk sampah elektronik, kita bisa menghubungi KOMUNITAS EWASTERJ melalui Instagram mereka di @ewasterj atau melalui website www.ewasteRJ.com. Mereka berlokasi di Taman Cipulir Estate, Jl. Alamanda Blok B1/7, Kota Tangerang dan dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 0851-6147-6275 yang dikontrol oleh Claudia.

Untuk sampah kertas, kita bisa menghubungi RUBAH KERTAS melalui alamat Jl. Balai Pustaka IV np. 24, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Untuk donasi pakaian, ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah CLOTHES FOR CHARITY yang berlokasi di Jl. Jatipadang Utara no.2, Jatipadang, Pasar Minggu. Selain itu, ada juga SADARI SEDARI yang berlokasi di Kemang Timur Raya, Jakarta Selatan.

Selain itu, ada juga tempat-tempat lain yang menerima donasi barang-barang bekas. Salah satunya adalah WASTE4CHANGE yang dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 0813-8383-4144 atau melalui website www.waste4change.com. Mereka menerima barang seperti kaca, metal, sachet multilayer, plastik, tetrapak, kemasan shampo dan sabun cair, kardus, dan plastik. Mereka berlokasi di Vida Bumipala, Jl. Alun-alun Utara, Padurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Selain itu, ada juga ARMADA KEMASAN yang menerima barang seperti plastik, kaca, kertas, kemasan, minyak jelantah, dan barang-barang elektronik. Mereka juga menyediakan layanan antar jemput dan dapat dihubungi melalui Instagram mereka di @armadakemasan atau melalui WhatsApp di nomor 0811-8330-107. Mereka berlokasi di Jl. Raya Ciherang No.88 Sukatani, Depok. JAGATERA juga merupakan tempat yang menerima sampah kecil hingga barang bekas yang besar seperti furniture dan kasur. Mereka memiliki beberapa lokasi drive thru dan drop point yang dapat dihubungi melalui Instagram mereka di @jagatera.id atau melalui WhatsApp di nomor 0821 9388 5277.

Baca Juga:  3 Menu Sehat untuk Sarapan Ibu Hamil

Selain bank sampah, ada juga tempat donasi barang lainnya seperti DONASI BARANG yang dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 0856-9793-4766 atau melalui website www.donasibarang.com. Mereka menerima donasi barang seperti elektronik, furnitur, otomotif, buku, dan alat dapur. Ada juga BEBERES INDONESIA yang menerima barang seperti elektronik, plastik, kertas, kardus, dan besi. Terakhir, ada juga YAYASAN AMAL KHAIR YASMIN yang dapat dihubungi melalui website www.Yasmin.or.id atau melalui nomor telepon 021-7490932 atau 0812-1159-4700. Mereka menerima donasi barang seperti furnitur, pecah belah, dan elektronik.

Dengan adanya daftar bank sampah dan tempat donasi barang bekas ini, diharapkan kita dapat dengan mudah membuang sampah serta barang-barang bekas yang sudah tidak kita butuhkan. Dengan melakukan decluttering secara rutin dan memilah sampah dengan baik, kita dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Selain itu, dengan mendonasikan barang-barang bekas yang masih layak pakai, kita juga dapat membantu orang lain yang membutuhkannya. Jadi, mari kita mulai membersihkan rumah dan memilah sampah dengan baik!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com