8 Manfaat Beras Merah untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Perkembangan Organ Tubuh

Perkembangan organ tubuh sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Salah satu manfaat beras merah adalah untuk mendukung perkembangan organ tubuh si kecil. Beras merah mengandung vitamin B kompleks yang berperan penting dalam perkembangan otak anak. Vitamin B kompleks dapat membantu mempercepat proses belajar anak, sehingga anak menjadi lebih cerdas dan tanggap dalam menyerap informasi. Selain itu, beras merah juga mengandung asam lemak alfa linolenat yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak dan mata anak.

Pertumbuhan Tulang dan Rambut

Beras merah juga memiliki manfaat untuk pertumbuhan tulang, otot, gigi, dan rambut anak. Hal ini dikarenakan beras merah mengandung mineral seperti magnesium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B yang dapat membantu memperkuat rambut anak dan mencegah kerontokan rambut.

Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Salah satu kelebihan beras merah dibandingkan dengan beras putih adalah angka indeks glikemik yang lebih rendah. Angka indeks glikemik yang rendah membuat gula dalam darah meningkat secara perlahan setelah mengonsumsi beras merah. Hal ini membuat anak merasa kenyang lebih lama dan energi yang diproduksi tubuh lebih stabil. Dengan demikian, anak tidak mudah merasa lapar dan tidak cepat kelelahan. Selain itu, rasa kenyang yang lebih lama juga dapat membantu mengurangi risiko anak mengonsumsi makanan tidak sehat atau cemilan berlebihan, sehingga berat badan anak tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.

Untuk Pembentukan Energi

Beras merah mengandung vitamin B1 (tiamin) dan mangan yang berperan dalam pembentukan energi. Vitamin B1 dapat membantu tubuh anak menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk bergerak dan beraktivitas sepanjang hari. Selain itu, vitamin B1 juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan mengurangi stres.

Baca Juga:  TBC Tulang Membuat Duniaku Sebatas Kamar Tidur

Perkembangan Jantung dan Jaringan Syaraf

Beras merah mengandung tiamin yang sangat baik untuk perkembangan jantung dan jaringan syaraf anak. Selain itu, beras merah juga mengandung fosfor yang berperan dalam pembentukan dan pertumbuhan sistem kerangka anak. Dengan mengonsumsi beras merah secara teratur, anak akan memiliki kerangka yang kuat dan tumbuh dengan baik.

Memperbaiki Pola Tidur

Beras merah mengandung zat tepung yang dapat meningkatkan jumlah serotonin dalam otak. Serotonin adalah senyawa yang berperan dalam mengatur tingkat kantuk manusia. Dengan mengonsumsi beras merah, anak akan memiliki tidur yang lebih nyenyak dan pola tidur yang lebih teratur. Selain itu, serotonin juga dapat menciptakan rasa tenang dan menjaga suasana hati anak, sehingga anak tidak mudah rewel dan cenderung lebih tenang dalam berperilaku.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Anak-anak sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan anak adalah dengan mengonsumsi beras merah. Beras merah kaya akan serat yang berperan dalam memperlancar pencernaan anak. Dengan mengonsumsi beras merah secara teratur, anak akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

Mengurangi Risiko Penyakit Asma

Berdasarkan penelitian, anak yang mengonsumsi beras merah secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gejala penyakit asma. Beras merah dapat membantu mengurangi respon tubuh terhadap alergen, sehingga anak tidak mudah mengalami penyempitan saluran napas dan gejala asma.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa beras merah memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan beras merah kepada anak sejak dini agar mereka mendapatkan manfaatnya secara optimal. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan asupan nutrisi lainnya seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral agar kebutuhan nutrisi anak tercukupi dengan baik.

Baca Juga:  Cegah Kolesterol Sejak Dini untuk Kesehatan Balita

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai tumbuh kembang anak dan nutrisi yang dibutuhkan, Anda dapat mengunjungi laman Tanya Pakar. Di laman tersebut, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur ini.

Sumber:
– Theasianparent
– Popmama

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com