Pricilla Irena Djemat, SH.,MH: “Anak-anak Memahami Kesibukan Saya Bekerja dan Mereka Tumbuh Menjadi Pribadi yang Mandiri”


1. Hail Illa, punya tools atau aplikasi tertentu untuk membantu kamu memanage karier dan keluarga nggak?

Ketika ditanya tentang tools atau aplikasi yang digunakan untuk membantu mengatur karier dan keluarga, Illa menjawab bahwa ia lebih mengandalkan pemisahan waktu dengan sebaik-baiknya. Ia berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mencampuradukkan kegiatan bekerja dan kegiatan bersama keluarga. Illa mengungkapkan bahwa ketika ia sedang bekerja, fokusnya hanya pada pekerjaannya. Begitu juga ketika ia bersama keluarga, fokusnya sepenuhnya untuk suami dan anak-anaknya. Illa menjadwalkan hari Senin hingga Jumat sebagai waktu untuk bekerja, sedangkan akhir pekan ia sisihkan sepenuhnya untuk bersama keluarga.

2. Rahasia membuat hidup sebagai seorang ibu bekerja lebih efisien?

Illa mengatakan bahwa kuncinya adalah mampu melakukan multitasking. Sebagai seorang perempuan yang memiliki beberapa peran, seperti sebagai istri, ibu, pengacara, dan dosen, Illa harus bisa melakukan banyak hal sekaligus. Meskipun ia fokus dengan pekerjaannya saat sedang bekerja, jika ada urusan keluarga yang urgent, Illa harus bisa membagi pikirannya dengan cepat. Dengan melatih diri untuk multitasking, Illa mampu menyelesaikan urusan rumah, mengurus anak-anak, dan menjalankan pekerjaannya dengan baik.

3. Bagaimana dengan rutinitas keluarga?

Illa mengungkapkan bahwa ia berusaha untuk tidak terlalu sering pulang larut malam, sehingga ia bisa tetap makan malam bersama suami dan anak-anaknya. Saat makan malam, mereka saling bercerita mengenai aktivitas mereka sepanjang hari. Illa dan suaminya juga mengajak anak-anak untuk bercerita mengenai apa yang mereka lakukan sepanjang hari. Hal ini membuat anak-anak belajar tentang dunia kerja orangtua mereka, dan Illa dan suaminya bisa memantau perkembangan anak-anak mereka.

4. Ada nggak buku yang menjadi favorit seputar karier atau dunia parenting?

Baca Juga:  Pelajari 4 Cara Kompak Mengurus Anak dengan Orang tua

Karena Illa adalah seorang pengacara dan dosen di fakultas hukum, buku-buku yang ia baca lebih berkaitan dengan dunia hukum. Illa harus selalu up-to-date dengan perkembangan di dunia hukum agar bisa membantu pekerjaannya dengan baik.

5. Tip agar tetap bisa fokus kerja di tengah-tengah kesibukan?

Illa mengungkapkan bahwa kuncinya adalah menikmati apa yang sedang dikerjakan. Meskipun pekerjaannya sangat sibuk dan tingkat stresnya tinggi, Illa mencoba untuk menikmati setiap momen tersebut. Dengan mencintai dan menikmati apa yang sedang dikerjakan, Illa bisa fokus dengan sendirinya karena ia memberikan waktu, pikiran, dan hati semaksimal mungkin.

6. Me time yang biasa dilakukan?

Sebagai bentuk me time, Illa sering pergi ke salon dan menjalani berbagai macam treatment. Ia menghabiskan waktu satu hari penuh di salon untuk merawat dirinya. Hal ini memberikan kesempatan bagi Illa untuk bersantai dan merawat tubuhnya setelah sibuk dengan pekerjaan dan keluarga.

7. Bagaimana dukungan suami dan anak-anak terhadap kesibukan dan pekerjaan yang kamu miliki?

Illa merasa sangat bersyukur karena suami dan anak-anaknya sangat memahami kesibukannya. Mereka menyadari bahwa Illa dan suaminya harus bekerja untuk meraih mimpi-mimpi keluarga mereka. Anak-anak Illa juga menjadi mandiri karena mereka paham bahwa Illa sibuk untuk keluarga. Dukungan ini membuat Illa merasa lebih tenang karena ia tahu bahwa keluarganya mendukungnya sepenuhnya.

8. Tiga hal yang dilakukan ketika merasa stuck atau bosan dengan pekerjaan?

Ketika merasa stuck atau bosan dengan pekerjaannya, Illa memiliki tiga hal yang bisa dilakukan. Pertama, ia melakukan olahraga favoritnya, yaitu Zumba. Olahraga ini membantu Illa melepaskan stres dan mengembalikan energinya. Kedua, Illa menghabiskan waktu dengan sahabat-sahabatnya. Sekadar minum kopi bersama sahabat-sahabatnya sudah membuat Illa merasa senang. Terakhir, Illa mengajak suami dan anak-anaknya menonton film di bioskop. Aktivitas sederhana ini mampu mengisi ulang energi dan pikiran Illa.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Ketika si Kecil Makan Tanaman Liar

Dalam wawancara ini, Illa membuktikan bahwa meskipun sibuk bekerja, ia mampu mengatur manajemen waktu keluarga dengan baik. Ia memisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga secara jelas. Illa juga mampu melakukan multitasking sehingga ia bisa menyelesaikan pekerjaan rumah, mengurus anak-anak, dan menjalankan pekerjaannya sebagai pengacara dan dosen dengan baik. Dukungan dari suami dan anak-anaknya juga sangat membantu Illa dalam menjalani hidup sebagai seorang ibu bekerja. Illa adalah contoh nyata bahwa quality time bersama keluarga dan teman-teman tetap bisa terjaga, bahkan anak-anak pun menjadi mandiri.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com