Perlengkapan P3K yang Harus Ibu Miliki di Rumah

Perlengkapan P3K yang Harus Bunda Miliki di Rumah

Pentingnya Memiliki Perlengkapan P3K di Rumah

Sebagai manusia tentu kita tidak bisa memprediksi terjadinya suatu kecelakaan. Sehingga memiliki perlengkapan P3K menjadi penting untuk setiap keluarga. Dengan adanya P3K Bunda bisa mengatasi cedera ringan hingga penyakit yang lebih serius. P3K juga bisa membantu menurunkan risiko infeksi dan berpotensi mengurangi keparahan cedera. Si Kecil yang sudah mulai masuk usia 7 bulan juga akan lebih sering bergerak. Kemungkinan si Kecil mengalami cedera saat bermain tentu harus ditangani dengan segera. Sehingga dengan adanya P3K di rumah bisa mengatasi hal tersebut.

Banyak manfaat yang bisa Bunda peroleh dengan menyediakan P3K di rumah. P3K berfungsi sebagai tempat persediaan obat. Kotak P3K bisa menyimpan kebutuhan obat dalam satu kotak. Dengan begini Bunda tidak akan membuang waktu mencari obat. Bunda bisa mengambil obat yang diperlukan secara langsung. Biasanya kotak P3K diletakkan di tempat yang bisa dijangkau oleh semua keluarga. Namun Bunda harus menjauhkan kotak tersebut dari si Kecil karena dia belum tahu kegunaannya.

Kotak P3K juga bisa Bunda bawa kemana pun sehingga bisa digunakan saat bepergian. Apabila Bunda melakukan perjalanan bersama keluarga dan membawa si Kecil, dengan adanya P3K bisa menangani luka sementara. Letakkan kotak tersebut di dalam kendaraan. Ketika keluarga atau si Kecil terkena insiden atau penyakit, Bunda bisa menanganinya dengan obat yang ada dalam kotak tersebut. Hal ini tentunya sangat membantu Bunda dalam merawat si Kecil selama perjalanan.

Dalam situasi darurat, kotak P3K sangat membantu kebutuhan tersebut. kotak ini menjadi persediaan obat darurat yang bisa digunakan kapan pun. Bunda bisa mengatasi kondisi darurat yang terjadi di rumah sebelum membawanya ke rumah sakit. Sesuai namanya kotak ini memang selalu menjadi penolong pertama Bunda dalam kecelakaan. Karena hal ini jugalah sebuah kotak P3K sangat penting keberadaannya.

Baca Juga:  [13 Manfaat] Alpukat yang Menyehatkan untuk Balita

Perlengkapan yang Harus Ada di Kotak P3K

Untuk mengatasi berbagai insiden kecelakaan, Bunda tentunya harus memiliki berbagai macam obat di dalam kotak P3K. Berikut perlengkapan yang sebaiknya Bunda sediakan dalam kotak tersebut.

1. Obat dengan resep dokter: Sediakanlah obat dengan resep dokter beserta salinan resepnya. Salinan ini berguna bila obat tersebut habis dan ingin membeli lagi. Jangan lupa menyimpan nomor dokter tersebut agar mudah dihubungi ketika membutuhkan sesuatu.

2. Termometer: Termometer yang baik sangat dibutuhkan untuk mengecek kondisi tubuh si Kecil. Bunda sebaiknya memastikan termometer yang digunakan. Dokter tidak menganjurkan untuk membeli termometer merkuri. Termometer digital sangat banyak digunakan di mulut, ketiak, dan rektum. Bila Bunda memiliki hewan peliharaan di rumah sebaiknya menggunakan termometer telinga. Bunda juga sebaiknya menyiapkan paracetamol agar bisa mengontrol suhu tubuh sebelum dokter memeriksa penyebabnya.

3. Obat demam dan pereda sakit: Untuk menurunkan demam dan meredakan rasa sakit, Bunda perlu menyediakan acetaminphen atau ibuprofen untuk si Kecil.

4. Sabun cair: Sediakan juga sabun cair, pilihlah sabun berbentuk gel yang tidak membutuhkan air. Sabun ini bisa Bunda gunakan untuk alat pembersih ketika si Kecil sedang diare.

5. Salep antibiotik: Sediakan juga salep antibiotik untuk membantu dalam penyembuhan luka gores dan melindungi dari infeksi.

6. Perban steril: Perban steril juga penting untuk membalut luka dan menghentikan pendarahan.

7. Plester: Bila si Kecil sedang bermain dan terluka Bunda memerlukan plester untuk cedera yang lebih besar. Terutama bila cederanya mengeluarkan darah. Bunda pasti membutuhkan perban dan plester untuk membuat balutan yang lebih besar. Bunda sebaiknya menggunakan perban steril, pakaikan antiseptik, dan tutup luka, lalu rekatkan dengan plester.

8. Alat jepit: Alat jepit berguna untuk mengangkat benda asing yang tertahan di kulit seperti serpihan benda. Pastikanlah alat penjepit dalam keadaan steril dengan membersihkannya dengan losion antiseptik. Sediakan juga perban perekat untuk sejenis luka gores. Jangan pernah membiarkan luka gores terbuka karena bisa menimbulkan infeksi luka. Perban perekat memiliki ukuran yang berbeda.

Baca Juga:  Pregnancy Fatigue, Tanda Kehamilan yang Harus Diwaspadai

9. Tabir surya: Dalam kotak P3K Bunda perlu menyediakan tabir surya untuk melindungi kulit si Kecil dari sinar UVA dan UVB.

10. Anti serangga: Bunda juga bisa menggunakan produk anti serangga sejak si Kecil berusia 2 bulan.

11. Krim dan losion antiseptik: Jangan lupakan juga krim dan losion antiseptik yang bisa digunakan untuk membersihkan luka atau goresan.

12. Kompres dingin: Sediakan juga kompres dingin untuk meredakan nyeri atau bengkak.

13. Larutan pengganti elektrolit: Jika si Kecil mengalami diare atau muntah, sediakan larutan pengganti elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

14. Obat jamur: Jika si Kecil mengalami infeksi jamur, sediakan obat jamur yang sesuai dengan petunjuk penggunaan.

15. Pemotong kuku: Sediakan pemotong kuku yang aman dan tepat untuk memotong kuku si Kecil.

Pastikan semua perlengkapan tersebut tersedia dalam kotak P3K yang Bunda miliki. Dengan memiliki perlengkapan P3K yang lengkap, Bunda dapat dengan cepat dan efektif menangani kecelakaan atau penyakit ringan yang mungkin terjadi pada si Kecil. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa obat-obatan dan menggantinya sesuai dengan petunjuk yang tertera. Selalu perbarui isi kotak P3K secara berkala agar tetap siap digunakan dalam situasi darurat.

Mengajarkan Anak tentang P3K

Selain memiliki perlengkapan P3K yang lengkap di rumah, penting juga bagi Bunda untuk mengajarkan anak tentang pentingnya P3K dan bagaimana menggunakannya dengan benar. Berikut beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk mengajarkan anak tentang P3K:

1. Berikan penjelasan singkat tentang apa itu P3K dan mengapa penting untuk memiliki perlengkapannya di rumah.

2. Ajarkan anak tentang perlengkapan P3K yang ada di rumah, seperti termometer, perban, plester, dan obat-obatan.

Baca Juga:  Tips Makin Kreatif dengan Bernyanyi Bersama si Kecil

3. Beri contoh penggunaan perlengkapan P3K, misalnya dengan memperlihatkan cara mengukur suhu tubuh menggunakan termometer atau cara membersihkan dan membungkus luka dengan perban.

4. Latih anak untuk mengenali tanda-tanda cedera ringan atau penyakit ringan, seperti demam, luka gores, atau muntah.

5. Ajarkan anak untuk selalu meminta bantuan orang dewasa saat mengalami kecelakaan atau merasa tidak sehat.

6. Beri penghargaan pada anak ketika mereka berhasil menggunakan perlengkapan P3K dengan benar atau memberikan perhatian pada teman yang terluka.

Dengan mengajarkan anak tentang P3K sejak dini, Bunda dapat membantu mereka untuk menjadi lebih mandiri dan tanggap terhadap keadaan darurat. Selain itu, anak juga akan lebih siap dalam menghadapi situasi yang memerlukan penanganan medis sederhana.

Kesimpulan

Perlengkapan P3K merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga, terutama untuk anak-anak yang masih rentan terhadap cedera atau penyakit ringan. Dengan memiliki perlengkapan P3K yang lengkap dan mengajarkan anak tentang pentingnya P3K, Bunda dapat dengan cepat dan efektif menangani kecelakaan atau penyakit ringan yang mungkin terjadi pada si Kecil. Selalu perbarui isi kotak P3K secara berkala dan pastikan obat-obatan dalam kotak P3K belum kadaluarsa. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Bunda dalam menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com