Cara Menyikat Gigi yang Benar pada si Kecil

Cara Menyikat Gigi yang Benar pada si Kecil

Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menyikat gigi yang benar pada si Kecil. Menyikat gigi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak. Namun, seringkali kita kesulitan dalam mengajari si Kecil untuk menyikat gigi dengan benar. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengajari si Kecil menyikat gigi dengan benar.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih sikat gigi yang tepat untuk si Kecil. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan usia si Kecil. Biasanya, pada kemasan sikat gigi anak sudah tertera usia yang dianjurkan. Selain itu, pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan khusus untuk gigi anak-anak. Hal ini penting agar gigi dan mulut si Kecil tidak terluka saat menyikat gigi.

Setelah kita memilih sikat gigi yang tepat, langkah berikutnya adalah memberikan takaran pasta gigi yang sesuai. Takaran pasta gigi untuk anak-anak berbeda dengan takaran untuk orang dewasa. Untuk anak di bawah usia 3 tahun, takaran pasta gigi yang dianjurkan adalah sebesar 1 butir beras. Sedangkan untuk anak berusia 3-6 tahun, takaran pasta gigi yang dianjurkan adalah seukuran 1 biji jagung. Pastikan juga bahwa pasta gigi yang kita gunakan mengandung fluoride, yang dapat membantu menghilangkan bakteri jahat di gigi dan memperkuat gigi si Kecil.

Setelah kita memberikan takaran pasta gigi yang sesuai, langkah selanjutnya adalah berkumur terlebih dahulu. Ajari si Kecil untuk berkumur dengan air matang. Kemudian, mulailah menyikat gigi bagian depan. Ajari si Kecil untuk menyikat gigi dengan gerakan yang benar, yaitu searah dari gusi ke gigi. Untuk memudahkan si Kecil mengingat gerakan tersebut, kita bisa menyebutkannya dari merah ke putih atau dari atas ke bawah.

Baca Juga:  MD Review Head to Head: Diapers K-MOM vs Nepia Genki

Setelah menyikat gigi bagian depan, lanjutkan dengan menyikat gigi bagian dalam. Lakukan gerakan yang berlawanan dengan saat menyikat gigi bagian depan, yaitu dari bawah ke atas. Sikat gigi bagian dalam sebanyak 10 kali dan lakukan pada kedua sisi atas dan bawah. Selanjutnya, lanjutkan dengan menyikat gigi bagian samping kiri dan kanan. Posisi mulut harus terkatup saat menyikat gigi bagian samping, dan lakukan gerakan memutar dari gigi yang paling dalam hingga ke depan. Sikat gigi dengan lembut agar tidak melukai gigi dan gusi si Kecil.

Terakhir, sikat gigi bagian geraham. Ajari si Kecil untuk menggerakkan tangan ke arah depan dan belakang saat menyikat gigi bagian geraham. Setelah itu, balik arah bulu sikat ke atas untuk menggosok permukaan geraham atas. Setelah selesai menyikat gigi, ajari si Kecil untuk berkumur lagi untuk membersihkan sisa pasta gigi di dalam mulut. Ulangi berkumur sebanyak 2 kali menggunakan air matang.

Selain langkah-langkah di atas, terdapat beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membantu si Kecil menyikat gigi dengan benar. Pertama, kita bisa membiasakan si Kecil untuk menjaga kebersihan mulut sejak sebelum giginya tumbuh. Kita dapat membersihkan rongga mulut si Kecil secara rutin menggunakan kain bersih atau tisu basah. Hal ini dapat membantu mengurangi sensitivitas dan muntah saat sikat gigi masuk ke dalam mulut.

Kedua, ajari si Kecil untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Penting untuk mengajarkan kebiasaan menyikat gigi sejak dini agar si Kecil terbiasa melakukannya saat dewasa nanti. Ketiga, kita dapat menyikat gigi bersama si Kecil. Dengan melihat contoh langsung dari orang tua, si Kecil akan lebih termotivasi untuk menyikat gigi dengan benar.

Baca Juga:  7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Memergoki Perselingkuhan di Kantor

Keempat, kita dapat membuat si Kecil merasa nyaman saat memegang sikat giginya. Pilih sikat gigi dengan gagang tebal atau balutlah gagang sikat gigi dengan handuk kecil agar si Kecil dapat menggenggamnya dengan nyaman. Kelima, berikan apresiasi saat si Kecil selesai menyikat gigi dengan benar. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan kebanggaan si Kecil dalam menjaga kebersihan giginya.

Terakhir, kita juga perlu memeriksa apakah gigi si Kecil sudah bersih atau masih ada sisa plak yang menempel. Jika masih ada sisa plak, bantu si Kecil untuk membersihkannya sekali lagi. Hal ini penting agar gigi si Kecil tetap bersih dan sehat.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, kita dapat mengajari si Kecil untuk menyikat gigi dengan benar. Penting untuk mengajarkan kebiasaan menyikat gigi sejak dini agar si Kecil memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari masalah gigi di masa depan. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan contoh yang baik dengan menyikat gigi bersama si Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para orang tua dalam mengajari si Kecil menyikat gigi dengan benar.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com