Minum Pil KB Bisa ‘Memancing’ Kehamilan?


I. Pendahuluan

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai mitos yang sering kali terdengar bahwa minum pil KB dapat menjadi pancingan agar bisa hamil. Apakah benar bahwa pil KB memiliki kemampuan untuk membantu proses kehamilan atau hanyalah sekedar mitos belaka? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita akan merujuk pada penjelasan dari dr. Yassin Yanuar MIB, Sp. OG, MSc, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

II. Mimpi dan Harapan untuk Punya Adik

Cerita dimulai ketika Bumi, anak dari penulis, pulang dari sekolah dan menceritakan sebuah mimpi indah yang dialaminya. Dalam mimpi tersebut, Bumi memiliki seorang adik perempuan yang membuatnya sangat senang. Kemudian, Bumi bertanya mengapa mimpi tersebut tidak menjadi kenyataan dan mengapa ia harus menunggu lama untuk memiliki adik.

Pertanyaan seperti ini sering kali membuat orang tua bingung untuk memberikan jawaban yang tepat. Sebagai seorang ibu, penulis ingin menjawab dengan jujur dan sebenarnya, namun juga dengan bahasa yang mudah dipahami oleh seorang anak. Namun, lebih rumit lagi ketika penulis harus menghadapi pertanyaan serupa dari orang-orang di sekitarnya yang bertanya mengapa penulis belum memiliki anak lagi atau tidak ingin hamil lagi.

III. Saran untuk Mengonsumsi Pil KB sebagai Pancingan Hamil

Suatu hari, seorang teman baik dari ibu penulis memberikan saran untuk mencoba minum pil KB sebagai pancingan agar bisa hamil. Teman tersebut mengatakan bahwa keponakannya berhasil hamil setelah berhenti minum pil KB. Ibupun ikut-ikutan memberikan saran yang sama, bahkan mengatakan bahwa banyak orang yang berhasil hamil setelah berhenti minum pil KB.

Namun, penulis tidak yakin dengan saran tersebut. Menurut penulis, hal tersebut hanya kebetulan belaka dan tidak ada hubungannya dengan minum pil KB sebagai pancingan untuk hamil. Untuk memastikan kebenaran dari saran tersebut, penulis memutuskan untuk bertanya kepada seorang ahli, yaitu dr. Yassin Yanuar MIB, Sp. OG, MSc.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Tahu dalam MPASI Bayi

IV. Penjelasan dari dr. Yassin Yanuar MIB, Sp. OG, MSc

dr. Yassin menjelaskan bahwa pandangan tersebut memang keliru. Pil KB sebenarnya digunakan untuk mencegah kehamilan, bukan untuk membantu proses kehamilan. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut hanya merupakan pemikiran yang tidak tepat terhadap suatu peristiwa dan cenderung menyebar menjadi sebuah mitos. Penggunaan pil KB harus tepat sesuai dengan tujuannya, jika tidak maka kontrasepsi tersebut bisa gagal.

Selain itu, dr. Yassin juga menjelaskan bahwa pil KB memiliki manfaat utama untuk mencegah kehamilan. Namun, tidak ada bukti bahwa pil KB dapat digunakan sebagai pancingan untuk hamil. Mengonsumsi obat yang tidak bermanfaat justru akan membuat peluang terjadinya kehamilan semakin kecil dan hanya akan membuang-buang uang belaka.

V. Langkah-langkah untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Untuk meningkatkan peluang hamil, dr. Yassin menyarankan untuk melakukan hubungan seksual secara teratur, makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Jika setelah satu tahun belum juga hamil, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena hal tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah kesuburan.

VI. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dari dr. Yassin Yanuar MIB, Sp. OG, MSc, dapat disimpulkan bahwa minum pil KB sebagai pancingan untuk hamil hanyalah mitos belaka. Pil KB digunakan untuk mencegah kehamilan, bukan untuk membantu proses kehamilan. Jika ingin meningkatkan peluang hamil, ada langkah-langkah lain yang perlu diambil seperti melakukan hubungan seksual secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Sebagai seorang ibu, penulis menghimbau kepada semua pembaca untuk selalu mempertimbangkan saran atau petuah dari orang lain dengan bijak. Jangan langsung percaya begitu saja, namun selalu tanyakan pada ahlinya terlebih dahulu. Kita tidak ingin terjebak dalam mitos yang tidak memiliki dasar yang kuat. Jika ada pembaca yang memiliki pengalaman atau pendapat mengenai penggunaan pil KB sebagai pemancing kehamilan, penulis terbuka untuk mendengarnya.

Baca Juga:  4 Permainan untuk Perkembangan Kecerdasan si Kecil

VII. Referensi

– Yassin Yanuar MIB, Sp. OG, MSc. (2021). Penjelasan mengenai mitos minum pil KB sebagai pancingan agar bisa hamil. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2021 dari


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com