10 Rekomendasi Obat Sariawan Anak yang Belum Ibu Tahu

10 Rekomendasi Obat Sariawan Anak yang Belum Bunda Tahu

Sariawan adalah masalah umum yang sering terjadi pada anak-anak. Sariawan dapat membuat anak tidak nyaman dan sulit makan. Oleh karena itu, penting bagi para ibu untuk mengetahui obat sariawan yang aman dan efektif untuk anak-anak mereka. Berikut ini adalah 10 rekomendasi obat sariawan anak yang belum banyak diketahui oleh ibu-ibu.

1. Triamcinolone-dental orabase
Triamcinolone-dental orabase adalah obat sariawan berbentuk gel atau menyerupai pasta gigi. Obat ini dapat dioleskan pada area sariawan dengan menggunakan cotton bud. Penggunaan obat ini sebanyak 2-3 kali sehari setelah makan atau sebelum tidur. Jika dalam 7-14 hari sariawan tidak membaik atau malah semakin parah, sebaiknya bawa anak ke dokter.

2. Gentian violet 0,25%
Gentian violet adalah obat sariawan yang dapat diberikan dengan menggunakan cotton bud pada area sariawan yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Obat ini dapat digunakan 2 kali sehari. Penting untuk memastikan bahwa gentian violet tidak tertelan oleh anak.

3. Obat oles golongan steroid
Obat oles golongan steroid dapat diresepkan oleh dokter untuk meredakan sariawan dengan luka yang besar dan mempercepat penyembuhan. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

4. Air garam
Air garam dapat digunakan untuk kumur sehari-hari. Kumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sariawan dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Baking soda
Baking soda dapat dilarutkan dengan air dan digunakan sebagai obat kumur atau langsung dioleskan pada sariawan. Baking soda memiliki efek mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan.

6. Policresulen
Policresulen adalah obat kumur yang banyak digunakan untuk meredakan sariawan. Saat ini telah tersedia formula baru yang tidak menyebabkan rasa perih saat dioleskan pada sariawan. Obat ini dapat dioleskan pada sariawan menggunakan cotton bud dan ditekan selama ½ menit sampai obat meresap.

Baca Juga:  Dukung Tumbuh Kembang si Kecil dengan Asupan Mineral Seng

7. Tanaman lidah buaya
Daging lidah buaya dapat dioleskan pada sariawan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi sariawan.

8. Madu
Madu dapat dioleskan pada sariawan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan infeksi pada sariawan.

9. Borax glyserin
Borax glyserin dapat dioleskan pada sariawan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Obat ini memiliki efek antiseptik yang dapat membantu melawan infeksi pada sariawan.

10. Ho fung san
Ho fung san adalah obat Cina berbentuk bubuk berwarna hijau yang umumnya digunakan untuk meredakan sariawan. Obat ini dapat dioleskan pada sariawan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan.

Dari sepuluh obat sariawan anak di atas, Bunda dapat memilih yang paling cocok untuk anak-anak mereka. Namun, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat kepada anak-anak. Dokter akan memberikan petunjuk penggunaan yang tepat sesuai dengan kondisi anak.

Selain menggunakan obat-obatan, ada juga beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah sariawan pada anak-anak. Pertama, pastikan anak-anak memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Berikan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kedua, ajari anak-anak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan benang gigi. Ketiga, hindari memberikan makanan atau minuman yang terlalu panas atau pedas kepada anak-anak. Makanan atau minuman yang terlalu panas atau pedas dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan memicu sariawan.

Baca Juga:  Penyebab Bayi Gumoh dan Cara Mengatasinya [Tips Kesehatan]

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan di atas dan menggunakan obat sariawan anak yang direkomendasikan, Bunda dapat membantu anak-anak mengatasi sariawan dan menjaga kesehatan mulut mereka. Jika sariawan tidak kunjung membaik setelah penggunaan obat atau terjadi komplikasi lain, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah rekomendasi obat sariawan anak yang belum banyak diketahui oleh ibu-ibu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bunda dan anak-anak mereka. Tetaplah menjaga kesehatan mulut dan gigi anak-anak agar mereka dapat tumbuh dengan sehat dan aktif bermain.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com