Mengapa Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Penting?

Mengapa Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Penting?

Pada saat seorang bayi baru lahir, Inisiasi Menyusui Dini (IMD) menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. IMD merupakan proses dimana bayi yang baru lahir diletakkan di atas dada ibunya, sehingga bayi tersebut secara alami akan mencari puting susu untuk menyusu. IMD memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi bayi dan ibu. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa IMD penting dan apa saja manfaatnya.

Manfaat IMD Bagi Bayi

1. Mendapatkan Kolostrum
Salah satu manfaat utama dari IMD adalah memberikan kesempatan bagi bayi untuk mendapatkan kolostrum. Kolostrum adalah ASI pertama yang keluar setelah melahirkan. Kolostrum kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk bayi. Cairan ASI pertama ini biasanya berwarna kuning, sangat padat, dan hanya berjumlah sekitar satu sendok teh. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam kolostrum dapat membantu mencegah penyakit dan memberikan kekebalan tubuh yang kuat bagi bayi.

2. Membangun Ikatan Emosional
Melakukan IMD juga membantu membangun ikatan emosional antara ibu dan bayi. Saat bayi diletakkan di atas dada ibunya, kontak kulit dengan kulit akan terjadi. Hal ini sangat penting untuk mempererat hubungan antara ibu dan bayi. Selain itu, proses IMD juga membantu menjaga bayi tetap hangat setelah keluar dari rahim ibu.

3. Stabilisasi Detak Jantung dan Pernapasan
IMD dapat membantu detak jantung dan pernapasan bayi menjadi lebih stabil. Dengan demikian, bayi akan lebih tenang dan jarang menangis. Stabilisasi detak jantung dan pernapasan juga merupakan tanda bahwa bayi dalam keadaan sehat.

4. Optimalisasi Kecerdasan Bayi
ASI mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak bayi, seperti DHA dan Omega-3. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi. Melalui IMD, bayi akan mendapatkan akses langsung ke ASI yang kaya akan nutrisi tersebut.

Baca Juga:  Penyebab dan Pilihan Obat Sariawan pada Bayi dan Anak

5. Melatih Kemampuan Menghisap, Menelan, dan Bernapas
Menghisap, menelan, dan bernapas adalah keterampilan penting yang perlu dilatih oleh bayi sejak dini. Melalui IMD, bayi akan belajar untuk menghisap dan menelan ASI dengan baik. Selain itu, proses IMD juga membantu bayi melatih kemampuan bernapas yang penting untuk kelangsungan hidupnya.

6. Meningkatkan Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh
ASI mengandung protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh bayi. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu memperkuat sistem imun tubuh bayi sehingga ia lebih tahan terhadap infeksi virus dan bakteri.

Manfaat IMD Bagi Bunda

Selain memberikan manfaat bagi bayi, IMD juga memiliki manfaat yang penting bagi ibu. Berikut adalah beberapa manfaat IMD bagi ibu:

1. Meningkatkan Produksi ASI
IMD dapat merangsang peningkatan produksi hormon oksitosin dalam tubuh ibu. Hormon oksitosin ini berfungsi untuk menjaga produksi dan pengeluaran ASI ibu tetap lancar. Dengan melakukan IMD, ibu akan lebih mungkin untuk memiliki pasokan ASI yang cukup untuk menyusui bayinya.

2. Membantu Pemulihan Pasca Persalinan
Gerakan bayi saat melakukan IMD dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang membantu kontraksi uterus. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu mengurangi risiko pendarahan pasca persalinan. Selain itu, IMD juga membantu ibu pulih lebih cepat setelah melahirkan.

3. Merangsang Keluarnya Kolostrum
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kolostrum memiliki banyak manfaat bagi bayi. Melakukan IMD akan merangsang keluarnya kolostrum sehingga bayi dapat segera mendapat manfaat dari cairan ASI pertama ini.

4. Meningkatkan Kedekatan dengan Bayi
Melalui IMD, ibu dapat merasakan kedekatan emosional yang lebih dalam dengan bayinya. Proses ini membantu memperkuat ikatan antara ibu dan bayi sehingga hubungan antara keduanya menjadi lebih kuat.

Baca Juga:  Puding dengan Biskuit Favorit si Kecil

5. Meningkatkan Produksi ASI
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IMD dapat merangsang peningkatan produksi ASI. Dengan melakukan IMD secara teratur, ibu dapat memastikan bahwa pasokan ASI untuk bayinya selalu cukup.

Cara Menerapkan IMD

Meskipun IMD memiliki banyak manfaat, tidak semua rumah sakit mendukung penerapannya. Oleh karena itu, ibu perlu memilih rumah sakit dengan cermat jika ingin melakukan IMD setelah melahirkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan atau ditanyakan sebelum memilih rumah sakit:

1. Dukungan ASI dan IMD
Pastikan rumah sakit yang dipilih mendukung pemberian ASI dan IMD. Rumah sakit seharusnya tidak menyarankan pemberian susu formula pada bayi baru lahir.

2. Kebijakan Ruangan Pasca Persalinan
Periksa apakah rumah sakit memiliki kebijakan untuk menempatkan ibu dan bayi dalam satu ruangan pasca persalinan. Hal ini penting karena IMD sebaiknya dilakukan dalam satu jam pertama setelah bayi dilahirkan.

3. Dukungan dari Dokter dan Perawat
Pastikan dokter dan perawat di rumah sakit bersedia membantu ibu dalam melakukan IMD. Mereka juga harus siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan.

4. Waktu Menyusui yang Cukup
Tanyakan apakah rumah sakit bersedia merawat bayi dan memberikan waktu yang cukup bagi ibu untuk menyusui. Bayi perlu diberikan kesempatan untuk menyusu pada ibu sesuai dengan kebutuhannya.

Pentingnya IMD bagi Bunda dan Bayi

IMD merupakan salah satu bentuk perawatan bayi yang penting untuk dilakukan. Melalui IMD, bayi dapat mendapatkan manfaat kolostrum dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, IMD juga membantu membangun ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi. Bagi ibu, IMD dapat membantu meningkatkan produksi ASI, mempercepat pemulihan pasca persalinan, dan meningkatkan kedekatan dengan bayi.

Baca Juga:  Persiapan Optimal Sebelum Operasi Caesar

Sebagai ibu yang akan melahirkan, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan baik. Konsultasikan IMD kepada dokter Anda dan pastikan rumah sakit yang Anda pilih mendukung penerapan IMD. Dengan melakukan IMD, Anda sedang memberikan yang terbaik bagi kesehatan dan perkembangan bayi Anda. Semoga proses persalinan Anda berjalan dengan lancar!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com