Menengok Parenting Ala Orang Tua Kembar Lima AIUEO


Merawat dan membesarkan anak kembar lima bukanlah hal mudah. Pasangan Habibie Ahmad Akbar dan Lely Solihati mengalami hal ini ketika mereka tidak menyangka akan memiliki bayi kembar lima. Kelahiran bayi kembar lima pada tahun 2016 lalu sempat menarik perhatian banyak orang karena tidak biasa terjadi. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat kehidupan AIUEOS Family, keluarga yang memiliki anak kembar lima, dan tips parenting yang bisa menjadi inspirasi bagi orang tua.

1. Memberi pengertian kepada Si Sulung

Saat Lely hamil dengan bayi kembar lima, mereka sudah memiliki seorang anak perempuan bernama Shakira. Shakira awalnya merasa cemburu karena perhatian orang-orang di sekitarnya terbagi dengan kelima adik kembarnya. Habibie dan Lely berbagi tugas dalam mengurus anak-anak. Ketika Lely mengurus bayi kembar lima, Habibie akan menemani dan mengajak main Shakira. Mereka juga mengajak Shakira mengobrol dan memberi pengertian bahwa ia sudah menjadi seorang kakak. Saat ini, Shakira justru lebih ngemong dan suka membantu menjaga adik-adiknya.

2. Memiliki kesabaran ekstra

Merawat kembar lima membutuhkan kesabaran ekstra. Habibie mengatakan bahwa tanpa kesabaran ekstra, mereka mungkin akan mudah emosi atau stres. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk menjalani setiap hari dengan sabar dan mengatasi tantangan dengan sikap positif. Mereka mencoba untuk menikmati waktu bersama anak-anak dan menghadapi setiap situasi dengan sabar.

3. Pendekatan berbeda-beda ke setiap anak

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Misalnya, ada anak yang mudah disuruh melakukan tugas, ada yang sulit. AIUEOS memiliki pendekatan personal untuk setiap anak. Mereka memberikan penanganan yang berbeda kepada setiap anak sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka. Hal ini membantu dalam membangun hubungan yang baik antara orang tua dan anak-anak.

Baca Juga:  Berbelanja Perlengkapan Bayi, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

4. Berbagi waktu

Merawat kembar lima membutuhkan energi dan waktu yang banyak. Habibie dan Lely saling pengertian dan berbagi waktu dalam tugas menjadi orang tua. Ketika salah satu dari mereka merasa lelah atau butuh istirahat, mereka saling mendukung dan mengambil alih tanggung jawab dalam merawat anak-anak. Mereka berusaha untuk saling bergantian menjaga anak dan tidak memaksakan diri ketika merasa lelah.

5. Meminta bantuan

Habibie dan Lely sadar bahwa mereka tidak bisa mengurus ketujuh anaknya sendirian. Oleh karena itu, mereka tidak ragu meminta bantuan orang tua dan baby sitter untuk membantu mengurus anak-anak di rumah. Mereka menyadari bahwa mereka perlu istirahat dan juga memiliki tanggung jawab lain di luar rumah. Meminta bantuan adalah langkah yang bijak dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

6. Bekerja keras

Merawat kembar lima dan dua anak lainnya membutuhkan biaya yang besar. Habibie dan Lely berusaha dengan keras untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka menyadari bahwa mereka harus bekerja keras untuk menghadapi tantangan finansial yang datang dengan merawat anak-anak. Meskipun terkadang mereka harus meninggalkan anak-anak di rumah untuk bekerja, mereka berusaha untuk mengatur waktu dengan bijak dan tetap memberikan perhatian yang cukup kepada anak-anak.

7. Mencontohkan dari perilaku sendiri

Dalam membesarkan anak-anak, Habibie dan Lely mengutamakan nilai-nilai agama Islam. Mereka berusaha memberikan contoh dari diri sendiri dengan menjalankan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka berdisiplin dalam menjalankan sholat lima waktu, tidak boleh berbohong, dan menyayangi keluarga. Mereka percaya bahwa anak-anak akan lebih mudah menyerap nilai-nilai tersebut jika mereka melihatnya di contohkan oleh orang tua mereka.

Baca Juga:  Catat, Ini 25 Dokter Anak Favorit di Surabaya

8. Mendukung minat masing-masing anak

Habibie dan Lely mendukung minat dan bakat masing-masing anak. Mereka percaya bahwa setiap anak memiliki potensi dan minat yang berbeda-beda. Mereka berusaha untuk mengenalkan dan mengarahkan anak-anak sesuai dengan minat mereka. Habibie mengatakan bahwa ia akan mendukung apa pun langkah dan impian anak-anak sesuai dengan yang mereka inginkan.

Merawat dan membesarkan anak kembar lima memang merupakan tugas yang tidak mudah. Namun, AIUEOS Family membuktikan bahwa dengan kesabaran, kerja keras, dan cinta yang tulus, mereka dapat menghadapi tantangan tersebut. Tips parenting dari Habibie dan Lely dapat menjadi inspirasi bagi orang tua lain yang memiliki anak kembar atau anak-anak dalam jumlah banyak. Dengan pendekatan yang tepat dan komunikasi yang baik, setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com