Kenali Manfaat Ikan Salmon untuk Tumbuh Kembang Bayi

Kenali Manfaat Ikan Salmon untuk Tumbuh Kembang Bayi

Sebagai makanan tinggi protein, manfaat ikan salmon diketahui sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Ikan salmon termasuk sumber protein hewani yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang berperan dalam mendukung potensi tumbuh kembang bayi lebih optimal.

Kebutuhan 9AAE ini harus ada dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat. Jika kekurangan satu jenis Asam Amino Esensial, maka akan mengurangi fungsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, ikan salmon termasuk makanan kaya akan protein yang memiliki 9AAE secara lengkap. Maka dari itu, Bunda perlu memberikan si Kecil asupan bernutrisi ini, sehingga ia akan mendapatkan manfaat ikan salmon secara optimal.

9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap bisa didapatkan dalam sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya.

Kandungan Ikan Salmon
Sebelum Bunda mengetahui manfaat ikan salmon untuk kesehatan si Kecil, ada baiknya jika Bunda mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain:

Protein
Asam lemak omega 3
Vitamin B3
Vitamin B5
Vitamin B6
Vitamin B12
Vitamin D
Selenium
Fosfor
Kolesterol

Dengan banyaknya kandungan nutrisi ini, tak heran jika manfaat ikan salmon sangat penting dalam membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, pastikan Bunda mengolah menu MPASI ikan salmon secara bervariasi agar kebutuhan gizi harian si Kecil terpenuhi.

Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi
Sebagai sumber makanan yang kaya akan protein, pastinya manfaat ikan salmon cukup banyak dalam membantu memaksimalkan gizi harian si kecil. Berikut ini manfaat ikan salmon untuk bayi yang perlu Bunda ketahui:

Meningkatkan kecerdasan bayi
Manfaat ikan salmon ini bisa didapatkan karena salmon mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang berperan untuk pembentukan sel otak. Selain itu, omega 3 juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem saraf dan perkembangan retina. Kandungan omega 3 berkaitan dengan kecerdasan dan kinerja kognitif pada masa bayi dan anak-anak.

Membangun dan memelihara jaringan tubuh bayi
Seperti yang Bunda ketahui, ikan salmon merupakan salah satu sumber makanan hewani yang kaya akan kandungan protein. Protein ini diperlukan oleh tubuh bayi demi memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Manfaat ikan salmon ini berfungsi untuk menjaga jaringan tubuh serta otak pada bayi.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Senam Ibu Hamil!?

Menjaga kesehatan mata
Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan salmon berfungsi agar retina pada mata bayi mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Manfaat ikan salmon untuk bayi ini berguna agar mata si kecil mampu mendeteksi dan merespon cahaya yang nantinya diteruskan ke otak untuk diproses dalam bentuk visual. Selain itu, omega 3 yang terkandung sebagai manfaat ikan salmon ini juga punya peran penting dalam meminimalisasi risiko penyakit mata.

Mendukung kesehatan tulang dan gigi
Manfaat ikan salmon ini bisa didapatkan berkat adanya kandungan protein dan vitamin D yang ada di dalamnya. Kedua kandungan tersebut merupakan elemen penting dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Dengan mencukupi asupan nutrisi tersebut, manfaat ikan salmon untuk bayi juga bisa meningkatkan kondisi fisik si kecil lebih kuat dan sehat. Oleh karena itu, kandungan ini penting untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tahukah ibu, ternyata manfaat ikan salmon juga bisa sebagai antibodi lho. Antibodi ini berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Manfaat ini didapat dari kandungan selenium yang berfungsi juga sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Ikan salmon juga punya manfaat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh pada bayi. Salah satu manfaat ikan salmon ini hadir berkat kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya. Vitamin B sebagai manfaat ikan salmon ini berguna dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh, sehingga si kecil lebih cepat mendapatkan energi. Energi yang cukup dari manfaat ikan salmon ini dibutuhkan agar bayi lebih mudah bermain dan belajar.

Menjaga kesehatan jantung
Manfaat ikan salmon yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

Omega 3 bekerja dengan mengurangi peradangan di seluruh tubuh yang dapat menyebabkan pembuluh darah rusak hingga memunculkan penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan penyumbatan pembuluh darah arteri.

Baca Juga:  Sekoteng Susu Jahe

Mengurangi risiko peradangan
Dalam masa tumbuh kembangnya, jaringan tubuh bayi masih membutuhkan penyesuaian untuk dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, jaringan tubuhnya rentan mengalami peradangan yang berisiko terserang penyakit kronis. Agar terhindar dari risiko penyakit tersebut, manfaat ikan salmon lainnya adalah sebagai anti peradangan.

Manfaat ikan salmon ini hadir berkat kandungan DHA dan EPA dari asam lemak esensial. Kedua kandungan tersebut berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti radang usus, radang sendi, hingga penyakit jantung.

Meskipun manfaat ikan salmon cukup banyak, namun Bunda perlu memerhatikan konsumsi ikan salmon pada si kecil. Sebaiknya Bunda tidak memberikan ikan salmon secara berlebihan dalam setiap MPASI yang dikonsumsi oleh si kecil. Seimbangkan asupan nutrisi si Kecil dengan makanan bergizi lainnya, seperti ASI.

Ide Resep Beserta Khasiat Ikan Salmon
Setelah mengetahui beragam manfaat ikan salmon, Bunda pasti semakin yakin untuk mengolah MPASI berbahan dasar salmon, kan? Nah, di bawah ini ada beberapa ide resep MPASI ikan salmon yang lezat.

Bubur Salmon Ayam Telur
Menu MPASI ini kaya akan nutrisi karena di dalamnya terdapat sumber protein seperti ikan salmon, ayam, dan telur, serta tambahan vitamin dari wortel dan brokoli. Selain sehat, MPASI ini pasti disukai si Kecil lho.

Bahan-bahan:
– 70 gr salmon
– 1/3 cup beras putih
– 1 butir telur
– Air perasan jeruk secukupnya
– 1 gelas air mineral
– 2 sdm minyak wijen
– 1 buah wortel
– 1/4 brokoli
– 1 siung bawang putih
– 1/4 bagian bawang bombay
– Daun seledri secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan wortel, brokoli, bawang putih, bawang bombay, dan daun seledri.
2. Potong ikan salmon menjadi bagian-bagian kecil.
3. Masak beras, potongan salmon, dan bahan yang sudah dihaluskan. Tambahkan air, air perasan jeruk, minyak wijen, dan telur yang sudah dikocok.
4. Masak hingga MPASI matang merata. Jika ingin lebih halus, Bunda bisa menghaluskan lagi bubur tersebut menggunakan blender.

Bubur Jagung Ikan Salmon
Manfaat ikan salmon bisa si Kecil dapatkan dari menu MPASI ini. Selain itu, karbohidrat dari jagung juga bermanfaat untuk dikonsumsi si Kecil.

Bahan-bahan:
– 100 gram jagung pipil
– 100 gram ikan salmon cincang
– 1 buah wortel, parut halus
– Olive oil secukupnya
– ASI atau susu formula secukupnya

Baca Juga:  Daftar Psikolog & Konselor Pernikahan di Wilayah Jakarta

Cara membuat:
1. Kukus jagung, salmon, dan wortel bersamaan hingga matang.
2. Setelah matang dan empuk, haluskan semua bahan dengan menggunakan blender secara terpisah.
3. Setelah jagung, salmon, dan wortel halus, pastikan Bunda menyaringnya kembali semua bahan tersebut agar tidak ada sisa ampas.
4. Tambahkan ASI untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.
5. Tambahkan minyak zaitun secukupnya dan sajikan untuk si Kecil.

Skotel Kentang Salmon
Khasiat dari menu MPASI ini selain kaya akan protein, tetapi juga mengandung karbohidrat dari kentang yang berguna sebagai sumber energi untuk si Kecil.

Bahan-bahan:
– 2 ruas jari ikan salmon
– 1 buah kentang ukuran besar
– 1 butir telur
– Sayuran dipotong sesuai selera
– Daun seledri dan peterseli secukupnya
– Garam secukupnya
– Keju parut secukupnya
– Bawang putih dan bawang bombay

Cara membuat:
1. Kukus kentang selama 15 menit. Setelah matang, haluskan, dan sisihkan.
2. Tumis kedua bawang dan ikan salmon. Setelah matang, campurkan dengan kentang. Tambahkan garam secukupnya.
3. Masukkan semua sayuran dan telur. Aduk sampai rata.
4. Masukkan adonan ke wadah tahan panas.
5. Taburkan keju dan peterseli di atasnya.
6. Kukus MPASI selama 30 menit.
7. Sajikan untuk si Kecil.

Dengan mengolah ikan salmon menjadi menu MPASI yang lezat dan bergizi, Bunda dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tumbuh kembang bayi. Pastikan Bunda memerhatikan asupan nutrisi yang seimbang dan memvariasikan menu MPASI untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil.

Selain itu, konsultasikan juga dengan ahli gizi atau dokter anak untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih spesifik mengenai pemberian ikan salmon dalam menu MPASI bagi si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com