Mendampingi si Kecil Nonton Film Action Tips Dampingi si Kecil Nonton Film Action

Mendampingi si Kecil Nonton Film Action: Tips Dampingi si Kecil Nonton Film Action

Film action memang menjadi salah satu genre film yang paling digemari oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Aksi yang seru dan adrenalin yang tinggi membuat film action menjadi tontonan yang menarik bagi si Kecil. Namun, sebagai orang tua, kita perlu mendampingi si Kecil saat nonton film action agar tidak memberikan dampak negatif bagi perkembangannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk mendampingi si Kecil nonton film action.

1. Cari tahu isi film sebelumnya
Sebelum mengizinkan si Kecil untuk menonton film action, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu isi dari film tersebut. Baca sinopsis film dan lihat rating yang diberikan untuk film tersebut. Rating film bisa memberikan gambaran tentang konten yang terdapat di dalamnya. Jika rating film tersebut tidak cocok untuk usia si Kecil, sebaiknya kita hindari untuk mengizinkannya menonton film tersebut.

2. Tonton film bersama si Kecil
Salah satu cara terbaik untuk mendampingi si Kecil nonton film action adalah dengan menontonnya bersama-sama. Dengan menonton film bersama, kita bisa mengontrol apa yang ditonton oleh si Kecil dan memberikan penjelasan tentang adegan-adegan yang mungkin sulit dipahami olehnya. Selain itu, dengan menonton bersama, kita juga bisa memberikan contoh sikap yang baik saat menonton film action, seperti tidak meniru aksi kekerasan yang ditampilkan dalam film.

3. Jelaskan perbedaan antara film dan kehidupan nyata
Saat menonton film action, si Kecil mungkin akan melihat adegan-adegan kekerasan yang dilakukan oleh tokoh utama dalam film. Hal ini bisa membuatnya berpikir bahwa kekerasan adalah hal yang biasa dan dapat diterima dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjelaskan perbedaan antara film dan kehidupan nyata kepada si Kecil. Jelaskan bahwa adegan kekerasan dalam film hanyalah fiksi belaka dan tidak boleh ditiru dalam kehidupan nyata.

Baca Juga:  Mengenal Hamil Kosong: Tanda dan Penanganannya

4. Diskusikan film setelah selesai ditonton
Setelah menonton film action, luangkan waktu untuk berdiskusi dengan si Kecil tentang apa yang ia lihat dalam film tersebut. Ajak si Kecil untuk bercerita tentang kesan dan pendapatnya tentang film tersebut. Selain itu, kita juga bisa memberikan penjelasan dan pemahaman kepada si Kecil tentang dampak negatif dari kekerasan dalam kehidupan nyata. Diskusi ini bisa menjadi momen yang baik untuk mengajarkan nilai-nilai positif kepada si Kecil.

5. Batasi durasi menonton film action
Meskipun film action bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi si Kecil, tetapi kita perlu membatasi durasi menonton film tersebut. Terlalu lama menonton film action bisa membuat si Kecil terlalu terpapar dengan adegan kekerasan yang ditampilkan dalam film. Sebaiknya, atur waktu menonton film action agar tidak berlebihan dan tetap seimbang dengan aktivitas lainnya.

6. Pilih film action yang mengandung nilai positif
Tidak semua film action mengandung adegan kekerasan yang berlebihan. Ada beberapa film action yang memiliki cerita yang mengandung nilai positif dan pesan moral yang baik. Sebagai orang tua, kita bisa memilih film action yang memiliki cerita yang menginspirasi dan mengajarkan nilai-nilai positif kepada si Kecil. Dengan memilih film yang tepat, kita bisa memberikan pengalaman menonton yang bermanfaat bagi si Kecil.

7. Berikan alternatif tontonan yang lain
Selain menonton film action, kita juga bisa memberikan alternatif tontonan yang lain kepada si Kecil. Misalnya, kita bisa mengajaknya menonton film animasi atau film dengan genre lain yang lebih cocok untuk usianya. Dengan memberikan alternatif tontonan yang lain, kita bisa mengenalkan si Kecil pada berbagai genre film yang beragam dan memberikan pengalaman menonton yang lebih luas bagi si Kecil.

Baca Juga:  7 Film Animasi Ini Bantu Bimbing Edukasi Anak

8. Pantau perkembangan si Kecil setelah menonton film action
Setelah menonton film action, penting bagi kita untuk memantau perkembangan si Kecil. Perhatikan apakah ada perubahan sikap atau perilaku yang timbul setelah menonton film tersebut. Jika ada perubahan yang negatif, segera lakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Komunikasikan dengan si Kecil tentang apa yang ia lihat dalam film dan berikan pemahaman yang benar tentang kekerasan dalam kehidupan nyata.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita bisa mendampingi si Kecil nonton film action dengan lebih baik. Selain memberikan hiburan, menonton film action juga bisa menjadi momen yang baik untuk mengajarkan nilai-nilai positif kepada si Kecil. Jadi, jangan khawatir jika si Kecil ingin menonton film action, asalkan kita sebagai orang tua bisa memainkan peran yang tepat dalam mendampinginya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com