Fakta Lidah Bayi Putih: Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasi



Fakta Lidah Bayi Putih: Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasi

Lidah bayi putih merupakan kondisi yang umum terjadi pada bayi. Banyak orang menganggap bahwa lidah bayi putih disebabkan oleh endapan ASI atau susu yang dikonsumsi setiap hari oleh bayi. Namun, sebenarnya lidah bayi putih bisa menjadi pertanda bahwa bayi mengalami infeksi jamur. Infeksi jamur pada lidah bayi bisa membuat bayi tidak nyaman, rewel, dan kehilangan nafsu makan. Bahkan, infeksi jamur ini juga bisa berpindah ke puting payudara ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui penyebab, tanda, dan cara mengatasi lidah bayi putih secara tepat.

Penyebab Lidah Bayi Putih
Lidah bayi putih umumnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida Albicans. Jamur ini sebenarnya hidup di mulut dan tidak berbahaya. Namun, jika jumlah jamur tersebut terus bertambah, bisa menyebabkan infeksi. Beberapa penyebab lidah bayi putih antara lain:

1. Daya tahan tubuh lemah
Daya tahan tubuh bayi yang masih lemah membuat jamur Candida Albicans mudah berkembang biak secara tidak terkendali. Selain itu, bayi yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga rentan terhadap infeksi dan iritasi pada saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan lidah bayi putih.

2. Kebersihan mulut bayi yang kurang terjaga
Kurangnya kebiasaan membersihkan mulut bayi dapat menyebabkan pertumbuhan kuman. Mulut yang kotor menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri di sekitar rongga mulut dan gusi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk membersihkan mulut dan gusi bayi secara rutin guna mencegah lidah bayi putih.

3. Pemberian obat-obatan tertentu
Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik atau kortikosteroid, dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di mulut bayi. Bakteri baik tersebut dapat mengendalikan jumlah jamur Candida Albicans yang menyebabkan lidah bayi putih. Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan tertentu pada bayi sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga:  Ingin Calon Atasan Terkesan? Tanyakan 26 Pertanyaan Ini Saat Wawancara Kerja

Tanda-tanda Lidah Bayi Putih
Terdapat beberapa tanda yang membedakan lidah bayi putih akibat infeksi jamur dengan lidah bayi putih akibat endapan susu atau ASI. Beberapa cara untuk mengetahui apakah bercak putih tersebut disebabkan oleh jamur Candida Albicans antara lain:

1. Letak jamur
Jamur biasanya tampak pada bagian dalam pipi, bibir, gusi, dan lidah bayi. Jika lidah bayi terlihat memiliki lapisan tipis yang melapisinya, kemungkinan disebabkan oleh susu. Namun, jika lapisan putih pada lidah bayi lebih tebal, kemungkinan besar disebabkan oleh jamur.

2. Tidak segera hilang
Bercak susu di dalam pipi dan bibir biasanya akan hilang setelah bayi makan berikutnya. Namun, jika lapisan putih tersebut tidak hilang dalam waktu yang lama, kemungkinan disebabkan oleh jamur Candida Albicans.

3. Sulit dihilangkan
Coba bersihkan bercak putih menggunakan jari atau kain bersih. Jika bercak putih mudah hilang, kemungkinan disebabkan oleh sisa susu. Namun, jika sulit dihilangkan dan bahkan dapat berdarah saat dibersihkan, kemungkinan besar disebabkan oleh jamur.

Selain itu, tanda-tanda lidah bayi putih akibat infeksi jamur Candida Albicans antara lain:

1. Terdapat bintik putih di lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut
2. Lidah putih pada bayi tidak mudah hilang meski sudah diusap beberapa kali
3. Terdapat lapisan putih pada bibir bayi
4. Bayi merasa tidak nyaman saat menyusu
5. Perut bayi terasa kurang nyaman karena terinfeksi jamur

Cara Mengatasi Lidah Bayi Putih
Jika lidah bayi putih tidak hilang setelah melakukan langkah pencegahan, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Dokter akan memberikan obat antijamur yang aman untuk bayi. Beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi lidah bayi putih antara lain:

Baca Juga:  Mengenal Disleksia

1. Miconazole
Obat dalam bentuk gel ini sering digunakan untuk mengobati lidah bayi putih. Penggunaannya dilakukan dengan mengoleskan gel pada bagian yang berwarna putih dengan jari yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

2. Nystatin
Obat ini diresepkan jika bayi tidak cocok dengan miconazole. Nystatin hadir dalam bentuk tetes yang lebih mudah diberikan pada bayi.

Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan tersebut hanya boleh diberikan sesuai anjuran dokter. Penting bagi ibu untuk tidak memberikan obat sembarangan pada bayi, karena dapat berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Pencegahan Lidah Bayi Putih
Untuk mencegah tumbuhnya jamur Candida Albicans yang berlebihan dan menyebabkan lidah bayi putih, ibu perlu melakukan beberapa langkah pencegahan, antara lain:

1. Bersihkan lidah bayi secara rutin
Bersihkan lidah bayi dengan mengusapnya menggunakan kasa steril atau kapas. Celupkan kasa steril atau kapas ke dalam air hangat terlebih dahulu, kemudian bersihkan lidah bayi dengan gerakan melingkar secara lembut. Pastikan tidak ada sisa kasa atau kapas yang tertinggal di lidah bayi.

2. Jaga kebersihan benda-benda yang menyentuh mulut bayi
Pastikan alat pompa payudara dan alat makan bayi steril sebelum digunakan. Sterilisasi dapat dilakukan dengan cara merebus dalam air selama kurang lebih 20 menit atau menggunakan alat sterilisasi peralatan bayi.

3. Merawat payudara ibu
Pastikan payudara ibu kering sempurna sebelum ditutup dengan bra. Basuh payudara dengan kain lembut yang sudah direndam air hangat setiap kali selesai menyusui. Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada payudara ibu.

Dengan melakukan langkah pencegahan secara rutin, ibu dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur Candida Albicans yang berlebihan pada lidah bayi. Jika lidah bayi putih tetap muncul dan mengganggu kesehatan bayi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Baca Juga:  Tips Olahraga Saat Hamil


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com