Mau Ajak si Kecil ke Restoran? Yuk, Lihat Tipsnya!

Mau Ajak si Kecil ke Restoran? Yuk, Lihat Tipsnya!

Pernahkah Anda mendengar keluhan dari anak Anda yang bosan makan di rumah terus? Saya pernah mengalami hal tersebut saat si Kecil berusia 5 tahun. Awalnya, saya merasa sedikit jengkel karena merasa sudah berusaha memberikan makanan yang enak dan sehat di rumah. Namun, setelah saya berpikir lebih dalam, saya menyadari bahwa si Kecil juga butuh variasi dan pengalaman baru dalam hal makan. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengajaknya makan di restoran. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar makan di restoran bersama si Kecil menjadi pengalaman yang menyenangkan.

1. Pilih Restoran yang Sesuai
Saat memutuskan untuk makan di restoran, pertimbangkan restoran yang memiliki suasana yang ramah anak dan cocok untuk keluarga. Pilihlah restoran yang memiliki menu anak-anak yang disukai oleh si Kecil. Selain itu, pastikan juga restoran tersebut memiliki fasilitas yang memadai untuk anak-anak, seperti area bermain atau tempat duduk yang nyaman.

2. Persiapkan Anak sebelumnya
Sebelum pergi ke restoran, berikan penjelasan kepada si Kecil tentang apa yang akan terjadi di restoran. Jelaskan bahwa kita akan makan di luar dan berapa lama waktu yang akan dihabiskan di sana. Berikan juga penjelasan tentang tata krama makan di restoran, seperti tidak berteriak atau berlari-larian di dalam restoran. Dengan memberikan penjelasan sebelumnya, si Kecil akan lebih siap dan mengerti apa yang diharapkan darinya.

3. Bawa Mainan atau Buku
Membawa mainan atau buku kesukaan si Kecil adalah hal yang penting ketika makan di restoran. Mainan atau buku tersebut dapat mengalihkan perhatian si Kecil saat menunggu makanan datang. Selain itu, mainan atau buku juga dapat membantu menjaga keamanan dan kebersihan restoran, karena si Kecil akan lebih fokus pada mainannya daripada bermain dengan peralatan makan.

Baca Juga:  4 Hal yang Membuat Ukuran Perut Ibu Hamil Berbeda

4. Pilih Menu yang Disukai oleh Anak
Saat memesan makanan, pastikan Anda memilih menu yang disukai oleh si Kecil. Tanyakan kepada si Kecil apa yang dia ingin makan dan berikan pilihan yang sesuai. Jika restoran tersebut tidak memiliki menu anak-anak, Anda dapat meminta pelayan untuk membuatkan menu khusus untuk si Kecil, seperti nasi goreng atau spaghetti yang lebih sederhana.

5. Ajak Anak untuk Memilih Makanan
Selain memilih menu yang disukai oleh si Kecil, ajaklah si Kecil untuk memilih sendiri makanannya. Berikan beberapa pilihan yang disesuaikan dengan preferensinya. Dengan melibatkan si Kecil dalam proses pemilihan makanan, dia akan merasa lebih bersemangat dan merasa memiliki kontrol atas apa yang dia makan.

6. Berikan Hadiah Setelah Makan
Setelah makan, berikan penghargaan kepada si Kecil atas sikap baiknya selama makan di restoran. Anda dapat memberikan hadiah berupa permen atau mainan kecil sebagai bentuk apresiasi. Dengan memberikan hadiah setelah makan, si Kecil akan merasa senang dan termotivasi untuk bersikap baik saat makan di restoran lainnya.

7. Bersikap Sabar dan Fleksibel
Makan di restoran bersama anak-anak tidak selalu mulus. Mungkin ada saat-saat ketika si Kecil rewel atau tidak mau makan. Dalam situasi seperti ini, tetaplah bersikap sabar dan fleksibel. Jangan memaksakan si Kecil untuk makan jika dia tidak mau. Biarkan dia bermain atau menghibur diri sendiri dengan mainan atau buku yang sudah Anda bawa.

8. Mengajak si Kecil Membantu
Mengajak si Kecil untuk membantu dalam proses makan juga dapat membuatnya lebih antusias. Misalnya, mintalah bantuan si Kecil untuk mengaduk makanan atau memberikan makanan kepada anggota keluarga yang lain. Dengan melibatkan si Kecil dalam proses makan, dia akan merasa lebih penting dan merasa bangga atas kontribusinya.

Baca Juga:  Bu, Ini 7 Protein Hewani untuk MPASI si Kecil

9. Jangan Lupa Etika Makan
Selain mengajarkan sikap baik kepada si Kecil saat makan di restoran, jangan lupa juga mengajarkan etika makan yang baik. Ajarkan si Kecil untuk menggunakan sendok dan garpu dengan benar, tidak berbicara dengan mulut penuh, dan meminta izin sebelum mengambil makanan dari piring anggota keluarga yang lain. Dengan mengajarkan etika makan yang baik sejak dini, si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sopan dan beradab.

10. Nikmati Momen Bersama Keluarga
Yang terpenting dari semua ini adalah menikmati momen bersama keluarga saat makan di restoran. Jangan terlalu fokus pada aturan atau hal-hal yang harus dilakukan. Biarkan diri Anda dan si Kecil menikmati makanan dan waktu bersama tanpa ada beban. Jadikan makan di restoran sebagai kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, saya yakin makan di restoran bersama si Kecil akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan memberikan pengalaman baru kepada si Kecil. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com