5 Manfaat Udang untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

5 Manfaat Udang untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Kandungan gizi yang terdapat dalam udang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Di Indonesia sendiri, udang sangat mudah ditemukan dan menjadi salah satu jenis seafood yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat udang, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat dalam udang. Dalam 85 gram udang matang, terdapat sekitar 84 kalori dan 20 gram protein. Selain itu, udang juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Tidak hanya itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, serta yodium yang baik untuk tubuh. Kandungan lemak dalam udang juga tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Salah satu manfaat utama udang adalah sebagai sumber protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein dalam udang sangat penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, dan sebagai sumber energi. Selain itu, udang juga mengandung kalsium yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga penting untuk mengoptimalkan kinerja otot, hormon, dan fungsi saraf.

Manfaat lain dari udang adalah kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak. Dalam 4 ons udang, terdapat sekitar 50% asam lemak omega-3 EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Kedua jenis omega-3 ini sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan anak dan menjaga kesehatan organ jantung. Selain itu, udang juga mengandung zat peptida yang dapat merangsang hormon cholecystokinin (CCK) yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga:  Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Demam Anak, Mitoskah?

Manfaat lainnya dari udang adalah sebagai sumber zat besi yang penting untuk membantu pembentukan energi dalam tubuh. Zat besi juga berperan dalam menguatkan sistem imunitas tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, udang juga mengandung vitamin B12 yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Meskipun udang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil, namun Bunda juga perlu berhati-hati dalam memberikannya. Beberapa anak mungkin memiliki alergi terhadap udang, sehingga perlu diperhatikan reaksi tubuh anak setelah mengonsumsi udang. Jika anak mengalami gatal-gatal atau ruam merah setelah mengonsumsi udang, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, konsumsi udang secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga perlu dikontrol dengan baik. Jumlah konsumsi udang yang disarankan adalah sekitar 85 gram per hari untuk anak-anak. Selalu pastikan untuk mengolah udang dengan cara yang sehat, seperti merebus, memanggang, atau mengukus, dan hindari menggoreng udang dengan minyak yang banyak.

Berikut ini adalah beberapa resep olahan udang yang dapat Bunda coba untuk anak-anak:

1. Tahu Isi Udang
– Bahan-bahan: 300 gram udang ukuran sedang, 1 putih telur, 1 pak tahu sutra, 1 sdt maizena, 1 sdt susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa vanilla, 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen, daun bawang secukupnya, garam dan merica secukupnya.
– Cara membuat: Masukkan udang, putih telur, susu, garam, dan merica ke dalam food processor atau blender. Cuci bersih tahu, keringkan, dan potong menjadi dua secara diagonal. Sayat sedikit bagian tengah tahu, lalu taburi dengan maizena. Isi tahu dengan campuran adonan udang. Kukus selama 5 menit. Campurkan kecap asin, minyak wijen, dan daun bawang untuk dijadikan cocolan.

Baca Juga:  8 Alasan Salah Untuk Bertahan di Dalam Pernikahan yang Tidak Bahagia

2. Udang Mini Creamy
– Bahan-bahan: 100 g mentega, 6 siung bawang putih, 500 g udang kecil, 235 g thickened cream, 8 lembar daun basil, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, garam dan merica secukupnya.
– Cara membuat: Cincang bawang putih hingga halus. Bersihkan udang dan kupas kulitnya tetapi jangan buang ekornya. Cincang daun basil. Siapkan penggorengan dan lelehkan mentega. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang dan udang, masak hingga matang. Tambahkan thickened cream dan daun basil, aduk hingga merata. Sajikan dengan taburan daun basil di atasnya.

Dengan mengolah udang dengan resep-resep di atas, Bunda dapat memberikan variasi makanan yang sehat dan lezat untuk si kecil. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan susu yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang diperkaya dengan nutrisi penting lainnya.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, Frisian Flag Indonesia menyediakan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Bunda dapat mengisi formulir yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Selain itu, Bunda juga dapat mengikuti program Bunda & Balita dari Frisian Flag Indonesia untuk mendapatkan info parenting dan hadiah spesial.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat udang untuk tumbuh kembang si kecil. Dengan memperhatikan konsumsi udang yang sehat dan seimbang, Bunda dapat memberikan asupan nutrisi yang baik bagi si kecil. Tetap jaga kesehatan anak dengan memberikan makanan bergizi dan sehat setiap harinya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com