6 Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak Kuat


Apa Saja Kandungan dalam Putih Telur?

Putih telur mengandung protein yang lebih tinggi daripada kuning telur. Satu porsi putih telur besar mengandung 3,6 gram protein, sedangkan kuning telur hanya mengandung 2,7 gram protein. Selain itu, putih telur juga mengandung kalium, sodium, magnesium, dan kalsium. Kandungan gizi dalam putih telur membuatnya menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, putih telur juga memiliki sedikit lemak dan kolesterol jenuh dibandingkan dengan kuning telur. Hal ini menjadikan putih telur sebagai pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apa Saja Manfaat Putih Telur?

Putih telur memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tumbuh kembang anak. Berikut adalah beberapa manfaat putih telur:

Sumber protein tinggi

Putih telur mengandung protein tinggi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan asupan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Tidak mengandung kolesterol

Putih telur tidak mengandung kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh anak. Kolesterol adalah lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanpa risiko kolesterol yang tinggi.

Membangun otot yang kuat

Putih telur mengandung protein yang penting untuk membangun otot tubuh. Anak yang aktif dan bergerak banyak membutuhkan asupan protein yang cukup untuk memperbaiki dan membangun otot-ototnya. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan untuk membangun otot yang kuat.

Baik untuk saraf dan fungsi otak

Putih telur mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi saraf dan otak. Kolin membantu dalam pembentukan sel DNA dan memaksimalkan fungsi saraf dan otak. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan nutrisi yang penting untuk perkembangan otaknya.

Baca Juga:  ASI Bertahan Berapa Jam di Suhu Ruang? Ini Jawabannya

Mencegah penyakit kronis

Putih telur mengandung vitamin B2 yang dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis seperti katarak dan migrain. Selain itu, putih telur juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis lainnya. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan perlindungan dari penyakit yang dapat mengganggu kesehatannya.

Mengandung vitamin

Putih telur mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin B12 dan riboflavin. Vitamin B12 penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit seperti anemia. Riboflavin memiliki peran dalam mencegah penyakit katarak dan menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi putih telur, anak akan mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya.

Ide Olahan Putih Telur untuk Si Kecil

Selain dikonsumsi secara langsung, putih telur juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat dan bergizi. Berikut adalah beberapa ide olahan putih telur yang bisa Bunda coba untuk si kecil:

Omelette putih telur

Omelette putih telur adalah olahan putih telur yang lezat dan gurih. Caranya cukup mudah, Bunda hanya perlu mengocok putih telur hingga mengembang dan memasaknya dengan api kecil hingga matang. Omelette putih telur bisa ditambahkan dengan potongan sosis, daging sapi atau ayam, atau sayuran cincang untuk menambahkan variasi rasa.

Fluffy pancake

Pancake putih telur adalah pancake yang lembut dan empuk. Untuk membuatnya, Bunda perlu mengocok putih telur hingga kaku dan mengembang, lalu campurkan ke dalam adonan pancake. Panggang pancake dengan wajan anti lengket hingga matang. Pancake putih telur bisa disajikan dengan sirup maple atau cokelat untuk menambahkan rasa yang lezat.

Whipped cream ekonomis

Whipped cream putih telur adalah whipped cream yang dibuat dengan menggunakan putih telur. Caranya, Bunda perlu mengocok putih telur, mentega putih, dan gula halus hingga kaku. Whipped cream putih telur bisa digunakan sebagai hiasan kue atau topping untuk dessert lainnya. Bunda juga bisa menambahkan ekstrak vanila atau parutan kulit lemon untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Baca Juga:  Kenali Apa Saja Bedanya Mual Hamil dan Mual Masuk Angin

Putih telur kukus

Putih telur kukus adalah olahan putih telur yang sehat dan rendah kalori. Caranya, Bunda perlu mencampur putih telur dengan garam, merica, dan potongan sayuran, lalu kukus hingga matang. Putih telur kukus bisa disajikan dengan tambahan parutan keju di atasnya untuk memberikan rasa yang lebih creamy.

Broccoli Egg White Muffin

Broccoli Egg White Muffin adalah muffin yang terbuat dari putih telur, brokoli, daging asap, garam, merica, dan kecap asin. Caranya, Bunda perlu mencampur semua bahan dan tuangkan ke dalam cetakan muffin. Panggang di dalam oven hingga matang. Broccoli Egg White Muffin bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan bergizi untuk si kecil.

Dengan mengolah putih telur menjadi berbagai macam makanan yang lezat dan bergizi, Bunda dapat memastikan bahwa si kecil mendapatkan manfaat putih telur secara optimal. Selain itu, dengan variasi olahan yang berbeda, si kecil juga akan lebih tertarik untuk mencoba dan mengonsumsi putih telur.

Perlunya Asupan Protein dan Nutrisi Lainnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain putih telur, anak juga membutuhkan asupan protein dan nutrisi lainnya untuk tumbuh kembang yang optimal. Protein merupakan nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan membangun sel-sel tubuh. Anak yang aktif dan bergerak banyak membutuhkan asupan protein yang cukup untuk memperbaiki dan membangun otot-ototnya. Selain itu, anak juga membutuhkan asupan karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Selama masa tumbuh kembang, hormon pertumbuhan sangat penting untuk perkembangan otak dan otot anak. Hormon pertumbuhan diproduksi oleh tubuh dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Kekurangan asam amino esensial (9AAE) dapat mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan. Anak yang kekurangan 9AAE dapat mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dapat mempengaruhi tinggi badannya.

Baca Juga:  11 Manfaat Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

DHA (asam docosahexaenoic) juga penting untuk perkembangan otak dan mata anak. DHA merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak biji rami. DHA membantu dalam perkembangan otak dan mata anak, serta berperan dalam meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan belajar.

Untuk memastikan anak mendapatkan asupan protein, 9AAE, dan DHA yang cukup, penting bagi Bunda untuk memberikan makanan yang seimbang dan bergizi kepada anak. Bunda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran dan panduan dalam memberikan asupan makanan yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Kesimpulan

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Putih telur mengandung protein tinggi, tidak mengandung kolesterol, membantu membangun otot yang kuat, baik untuk saraf dan fungsi otak, mencegah penyakit kronis, dan mengandung vitamin yang penting untuk kesehatan. Selain itu, putih telur juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat dan bergizi.

Namun, penting bagi Bunda untuk memastikan anak mendapatkan asupan protein, 9AAE, dan DHA yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bunda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran dan panduan dalam memberikan makanan yang tepat untuk anak. Dengan memberikan makanan yang seimbang dan bergizi, Bunda dapat membantu anak tumbuh kembang dengan baik dan menjadi anak yang sehat dan kuat.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com