Manfaat Kursus Robotik untuk Anak dan Rekomendasinya


Semakin banyak diminati karena dapat menunjang kemampuan sekaligus pengetahuan anak, berikut manfaat kursus robotik untuk anak beserta rekomendasi kursusnya.

Robot menjadi salah satu mainan yang anak sukai. Tak heran, banyak anak yang tertarik mendalami soal robot dan mempelajari tentang robotika. Robotika adalah ilmu tentang mesin robot. Di luar negeri, robotika dipertimbangkan untuk menjadi keterampilan yang harus diajarkan dalam kurikulum akademik kepada anak-anak di tingkat sekolah. Memang terdengar dan terkesan sulit, namun telah diamati bahwa terdapat banyak manfaat yang baik bagi perkembangan anak jika belajar tentang robotika.

Dikutip dari Robogenius, ini 5 keuntungan luar biasa belajar robotika untuk anak-anak.

1. Mendorong minat pada mata pelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)
Pembelajaran robotika memiliki efek yang luar biasa dalam membangkitkan minat anak terhadap pelajaran STEM. Hal ini dikarenakan robotika lebih menekankan pada pembelajaran praktis daripada hafalan teoritis. Tentunya anak lebih suka belajar sambil praktik karena mendapatkan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

2. Asah keterampilan coding
Pada tahap membuat program robot, siswa mengerjakan berbagai kombinasi kode program komputer seperti menulis, menguji, menjalankan, menemukan kesalahan, dan memperbaiki masalah dalam kode yang mereka buat. Praktik berkelanjutan ini dapat memperkuat keterampilan pengkodean anak dan memberi manfaat yang baik juga dalam kehidupan profesional anak dalam ilmu komputer.

3. Belajar memecahkan masalah
Robot dirancang dan diciptakan untuk mengerjakan pekerjaan berat yang tidak bisa dilakukan manusia. Ketika membuat robot, anak diharuskan memikirkan suatu masalah dan mencoba menyelesaikannya dengan cara yang paling mudah dengan bantuan robot. Sehingga, belajar robotika dapat membuat anak mampu menjadi pemecah masalah dalam dunia nyata.

4. Berpikir kreatif
Robotika merupakan bidang teknologi yang menggabungkan kreativitas dan kesenangan dengan dasar pengetahuan teknis. Sehingga, anak diajarkan untuk merancang dan membuat mesin dan perangkat yang luar biasa hanya dengan kreativitas yang dimiliki anak.

Baca Juga:  Berkunjung Ke Observatorium Bosscha, Bandung

5. Mengembangkan keterampilan masa depan
Belajar robotika juga dapat mempersiapkan anak untuk menjadi tenaga kerja yang kompetitif di masa depan. Robotika memungkinkan anak untuk bekerja pada keterampilan hidup mereka bersama keterampilan sosial. Keterampilan ini membantu anak untuk lebih menonjol daripada orang lain di masa depan.

Manfaat-manfaat tersebut menjadikan kursus robotika sebagai pilihan yang sangat baik untuk anak-anak. Untuk mendukung anak yang memiliki minat dalam mempelajari robotika, saat ini sudah mulai banyak kursus robotik yang tersedia dan menawarkan pelatihan membuat robot. Kursus robotik bukan hanya mengajarkan anak membuat robot, tapi juga mengajarkan teknik-teknik membuat program yang imajinatif dan kreatif.

Berikut beberapa kursus robotik di Indonesia yang bisa dipilih untuk si kecil.

1. Superprof
Superprof menyediakan kursus robotik online dengan guru-guru terbaik. Kerennya lagi, Anda bisa memilih sendiri guru yang akan mengajarkan anak, kemudian mengatur sendiri kursusnya. Terdapat keuntungan juga jika anak mengambil Student Pass yaitu akses tak terbatas ke semua guru yang tersedia selama 1 bulan. Kursus di Superprof ini termasuk cukup terjangkau, mulai dari Rp100ribuan.

2. Rumah Coding
Rumah Coding memiliki beberapa kelas sesuai usia anak, seperti Kelas Neutron untuk TK hingga 3 SD, Kelas Inventor untuk 4 SD hingga 9 SMP, dan Kelas IOT untuk SMA dan Umum. Pada beberapa kelas, peserta juga bisa membawa pulang robot yang dirakit dengan ketentuan yang berlaku. Peserta juga dapat memilih jam dan kelas di weekday dan weekend. Setelah menyelesaikan semua kelas, peserta akan mendapatkan sertifikat. Biaya kursus mulai dari Rp790.000.

3. El Rahma Education Centre
Kursus robotik di El Rahma memiliki berbagai level, mulai dari level basic yang ditujukan untuk anak-anak dengan materi dasar-dasar building dan dimensi 1-3, pola bentuk dan pola warna dalam bentuk dengan menggunakan media LEGO, sampai dengan level advance yang ditujukan untuk dewasa dengan materi building robot dengan microcontroller, menggunakan arduino dan bahasa pemrograman menggunakan bahasa C. Biaya kursus bervariasi dan tergantung dari kelas yang dipilih mulai dari Rp250.000.

Baca Juga:  Kumpulan Kata Nasehat untuk Anak Agar Patuh kepada Ibu

4. Robotics Education Centre
Robotics Education Centre menyediakan kursus robotik dengan beberapa kelas yang terdiri dari kelas Basic dengan level Mosaic (4-6 tahun), Fun with Machine (6-7 tahun), Fun with Programming (7-8 tahun), kelas Elementary dengan level Mekanik (9+ tahun), dan kelas Advance dengan level Programming (12+ tahun). Biaya kursus mulai dari Rp400.000.

5. Robota Robotics School
Sudah berdiri sejak 2006, PT Robota Indonesia dengan Divisi Kursus dan Pelatihan Robot sudah bekerjasama dengan banyak sekolah di Indonesia dalam bentuk ekstrakulikuler dan intrakulikuler pelajaran robotik di sekolah. Terdapat tiga kategori yang disediakan Robota, yaitu Robotics for Kids, kelas Inventor, dan kelas Juara.

Dengan adanya kursus robotika yang tersedia di Indonesia, anak-anak dapat belajar dan mengembangkan minat mereka dalam bidang robotika. Kursus-kursus tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat robot, tetapi juga mengajarkan anak-anak untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan mengembangkan keterampilan masa depan yang penting dalam dunia kerja yang kompetitif. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan anak Anda ke kursus robotika yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com