Yuk, Membuat Permen Bersama si Kecil, Bu! Ini Caranya

Yuk, Membuat Permen Bersama si Kecil, Bu! Ini Caranya

Siapa yang tidak suka permen? Rasanya yang manis dan bentuknya yang menarik membuat permen menjadi camilan favorit bagi banyak orang, terutama anak-anak. Namun, terlalu banyak mengonsumsi permen yang mengandung gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama pada gigi dan berat badan. Oleh karena itu, membuat permen sendiri di rumah bisa menjadi solusi yang baik agar kita dapat mengontrol jumlah gula yang digunakan dan menyesuaikan dengan kebutuhan anak.

Membuat permen sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama si Kecil. Selain dapat mengajarkan mereka tentang proses pembuatan makanan, hal ini juga dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Jadi, mari kita bahas cara membuat permen sendiri yang sehat dan enak untuk si Kecil.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat permen. Pertama, tentukan jenis permen apa yang ingin kita buat. Ada banyak variasi permen yang bisa kita coba, seperti permen berbentuk jeli, permen berlapis gula, atau permen berisi kacang. Kedua, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam pembuatan permen antara lain gula, air, pewarna makanan, dan flavoring (misalnya ekstrak buah). Ketiga, pastikan kita memiliki peralatan yang diperlukan, seperti panci, spatula, cetakan permen, dan termometer makanan (jika diperlukan).

Berikut ini adalah resep permen sederhana yang dapat kita coba:

Permen Jeli Buah

Bahan:
– 250 ml air
– 200 gram gula
– 10 gram agar-agar bubuk
– Pewarna makanan (sesuai selera)
– Flavoring buah (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Siapkan panci dan tuang air ke dalamnya.
2. Tambahkan gula dan agar-agar bubuk ke dalam panci, aduk rata.
3. Panaskan campuran air, gula, dan agar-agar bubuk dengan api kecil sambil terus diaduk.
4. Setelah mendidih, tambahkan pewarna makanan dan flavoring buah sesuai selera. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan permen. Biarkan hingga dingin dan mengeras.
6. Setelah permen mengeras, keluarkan dari cetakan dan sajikan.

Baca Juga:  Anak Suka Jajan? Atasi dengan Cara Ini, Bu

Permen Kacang Berlapis Gula

Bahan:
– 200 gram kacang tanah
– 200 gram gula pasir
– 100 ml air
– Pewarna makanan (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Sangrai kacang tanah dalam wajan dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
2. Panaskan gula pasir dan air dalam panci dengan api kecil hingga gula larut dan mendidih.
3. Masukkan kacang tanah ke dalam panci, aduk rata.
4. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan permen berbentuk kacang. Biarkan hingga mengeras.
6. Setelah permen mengeras, keluarkan dari cetakan dan sajikan.

Selain resep-resep di atas, kita juga dapat mencoba variasi permen lainnya, seperti permen berisi jelly, permen berlapis cokelat, atau permen berbentuk buah-buahan. Kreativitas kita tidak terbatas dalam membuat permen sendiri di rumah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat membuat permen sendiri. Pertama, pastikan kita mengikuti instruksi resep dengan teliti. Jumlah bahan dan tahap-tahap pembuatan permen harus sesuai agar hasilnya maksimal. Kedua, perhatikan suhu saat memasak permen. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat memengaruhi tekstur dan konsistensi permen. Gunakan termometer makanan untuk memastikan suhu yang tepat.

Terakhir, jangan lupa untuk mencuci peralatan setelah selesai membuat permen. Permen yang menempel pada panci atau cetakan dapat sulit dibersihkan jika dibiarkan lama. Bersihkan peralatan dengan air panas dan sabun agar permen tidak menempel dan sulit dibersihkan.

Dengan membuat permen sendiri di rumah, kita dapat memberikan camilan yang sehat dan lezat untuk si Kecil. Kita juga dapat mengontrol kandungan gula dan bahan-bahan lain yang digunakan dalam permen. Selain itu, proses membuat permen bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mendidik untuk dilakukan bersama si Kecil. Jadi, yuk mulai membuat permen sendiri di rumah dan nikmati momen kebersamaan dengan si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com