Kumpulan Film yang Baik Ditonton Si Kecil

Kumpulan Film yang Baik Ditonton Si Kecil

Pada hari yang cerah ini, saya ingin berbagi informasi dengan para ibu mengenai kumpulan film yang baik ditonton oleh si kecil. Mendukung pendidikan karakter anak bisa dilakukan dengan cara sederhana lho, Bu. Salah satunya adalah melalui tontonan yang mereka saksikan. Film-film yang memiliki pesan moral positif dapat membantu membentuk karakter anak secara positif. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa rekomendasi film yang cocok untuk ditonton oleh si kecil.

Genre Komedi

Apakah si kecil masih kesulitan mengikuti jalan cerita suatu film? Coba ajak ia menonton film kartun dengan genre komedi. Film kartun dengan genre komedi biasanya memiliki jalan cerita yang sederhana dan lucu. Selain itu, usahakan ibu mencari film tanpa dialog agar lebih mudah dimengerti oleh si kecil. Berikut adalah beberapa rekomendasi film kartun komedi yang bisa ibu pertimbangkan:

1. Marsha and The Bear
Film ini mengisahkan tentang persahabatan antara Marsha, seorang anak kecil yang ceria, dan seekor beruang. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang pentingnya saling tolong menolong dan arti persahabatan.

2. Larva
Film ini mengisahkan tentang kehidupan dua cacing bernama Red dan Yellow. Dalam film ini, si kecil akan diajak untuk menikmati petualangan lucu yang dilakukan oleh kedua cacing tersebut.

3. Qumi-Qumi
Film ini mengisahkan tentang petualangan tiga karakter utama, yaitu Juga, Shumadan, dan Yusi. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang kerjasama dan pentingnya persahabatan.

Film dengan Pesan Moral Tinggi

Apabila si kecil sudah mampu menilai dan mengerti alur cerita suatu film, ibu bisa mempertimbangkan untuk menonton film dengan cerita yang lebih kompleks. Pastikan ibu memilih film yang memiliki pesan moral positif, namun tetap sesuai dengan usia si kecil. Berikut adalah beberapa rekomendasi film dengan pesan moral tinggi:

Baca Juga:  Inilah Pentingnya Vitamin untuk Ibu Menyusui

1. Doraemon
Film ini mengisahkan tentang petualangan Nobita, seorang anak laki-laki yang ceria, bersama robot kucing masa depan bernama Doraemon. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang pentingnya persahabatan, kejujuran, dan ketekunan.

2. Upin & Ipin
Film ini mengisahkan tentang petualangan kembar Upin dan Ipin bersama teman-temannya di kampung halaman mereka. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang nilai-nilai kebaikan, kebersamaan, dan persatuan.

3. Adit Sopo Jarwo
Film ini mengisahkan tentang petualangan Adit, seorang anak laki-laki yang ceria, bersama teman-temannya. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang keberanian, kejujuran, dan persahabatan.

4. Finding Nemo (2003)
Film ini mengisahkan tentang perjalanan Nemo, seorang ikan kecil yang terpisah dari keluarganya. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang pentingnya keluarga, keberanian, dan tekad yang kuat.

Karakter Hewan

Mengenalkan si kecil pada jenis-jenis hewan sejak usia dini ternyata sangat penting, Bu. Berinteraksi dengan hewan dapat memberikan rasa nyaman dan mendorong kepercayaan diri si kecil. Oleh sebab itu, ibu bisa mempertimbangkan untuk menonton film-film yang mengenalkan beragam jenis hewan. Berikut adalah beberapa rekomendasi film yang melibatkan karakter hewan:

1. Tom and Jerry
Film ini mengisahkan tentang perseteruan antara kucing bernama Tom dan tikus bernama Jerry. Melalui film ini, si kecil akan diajak untuk menikmati petualangan lucu dan belajar tentang pentingnya menjaga perdamaian.

2. Lion King (1994)
Film ini mengisahkan tentang perjuangan seekor singa muda bernama Simba untuk mendapatkan takhtanya sebagai raja hutan. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang kepemimpinan, keberanian, dan tanggung jawab.

3. Madagascar (2005)
Film ini mengisahkan tentang petualangan empat hewan dari kebun binatang New York yang terdampar di pulau Madagascar. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang persahabatan, kerjasama, dan pentingnya menerima perbedaan.

Baca Juga:  Lakukan 8 Stimulasi Kemampuan Bicara Ini Saat Si Kecil Mulai Mengoceh

Genre Musikal

Apakah si kecil sudah mulai aktif berbicara? Yuk, latih kemampuan bahasanya dengan menonton film genre musikal. Saat mendengarkan musik, si kecil akan menghafal lirik dalam lagu tersebut. Oleh sebab itu, ibu bisa mempertimbangkan untuk menonton film-film musikal. Berikut adalah beberapa rekomendasi film musikal yang bisa ibu pertimbangkan:

1. Petualangan Sherina (2000)
Film ini mengisahkan tentang petualangan Sherina, seorang anak perempuan yang ceria, bersama teman-temannya. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang keberanian, persahabatan, dan pentingnya menghargai orang lain.

2. Barney and Friends
Film ini mengisahkan tentang petualangan Barney, dinosaurus ungu yang ceria, bersama teman-temannya. Melalui film ini, si kecil akan diajak untuk menyanyi dan menari bersama serta belajar tentang kebaikan dan persahabatan.

3. Laskar Pelangi (2008)
Film ini mengisahkan tentang perjuangan sekelompok anak di desa terpencil untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang pentingnya pendidikan, keberanian, dan tekad yang kuat.

4. Frozen (2013)
Film ini mengisahkan tentang petualangan Elsa dan Anna, dua saudara perempuan dengan kekuatan sihir. Melalui film ini, si kecil akan belajar tentang keberanian, persahabatan, dan pentingnya menerima diri sendiri.

Ternyata mengajarkan pendidikan karakter anak bisa dilakukan dengan cara sederhana, bukan? Dengan memilih film yang sesuai dengan usia dan minat si kecil, kita dapat membantu membentuk karakter dan nilai-nilai positif dalam dirinya. Selain itu, penting juga bagi ibu dan ayah untuk tetap mendampingi si kecil saat menonton film agar proses belajarnya dapat lebih maksimal. Jadi, ayo segera tonton film-film yang baik untuk si kecil dan nikmati momen berkualitas bersama-sama!

Baca Juga:  10+ Manfaat Memberikan Oat untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

Jika ibu memiliki referensi film anak lainnya, ayo berbagi informasi di forum Bunda & Balita. Dengan saling berbagi, kita dapat membantu orang tua lain dalam memilih tontonan yang baik untuk si kecil. Terima kasih dan selamat menonton!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com