Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang kondisi yang umum terjadi pada bayi yang baru lahir, yaitu mata belekan. Mata belekan adalah kondisi di mana bayi memiliki keluarnya cairan yang berlebihan dari mata, baik berupa air mata atau lendir. Kondisi ini umumnya terjadi pada minggu pertama setelah bayi dilahirkan dan dapat sembuh dengan sendirinya saat bayi berusia 6 hingga 12 bulan. Namun, penting bagi para orang tua untuk mengetahui penyebab mata belekan pada bayi dan cara mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Mata Belekan pada Bayi

1. Tersumbatnya Saluran Air Mata

Salah satu penyebab umum mata belekan pada bayi adalah tersumbatnya saluran air mata. Pada bayi yang baru lahir, saluran air mata mereka masih belum sepenuhnya berkembang dengan baik, sehingga sering kali terjadi penyumbatan pada saluran tersebut. Kondisi ini dapat menyebabkan mata bayi menjadi belekan dan berair terus menerus. Meskipun kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, tetapi tetap perlu diawasi dan dirawat dengan baik.

2. Iritasi Ringan

Selain tersumbatnya saluran air mata, mata belekan pada bayi juga dapat disebabkan oleh iritasi ringan. Iritasi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan bayi menggosok-gosokkan matanya atau karena paparan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Misalnya, debu atau kotoran yang masuk ke mata bayi dapat menyebabkan mata menjadi meradang dan berair. Untuk mengatasi iritasi ringan ini, Anda dapat membersihkan mata bayi dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Usapkan kapas tersebut perlahan-lahan dari sudut mata menuju pangkal hidung, dan ganti kapas setiap kali Anda membersihkannya.

Baca Juga:  5 Cara Mengurus Perceraian Sendiri Tanpa Pengacara

3. Masuknya Benda Asing

Selain itu, mata belekan pada bayi juga bisa disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam mata. Bayi yang sedang bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya sering kali tidak sengaja mengenai mata mereka dengan tangan atau benda-benda kecil lainnya. Hal ini dapat menyebabkan mata bayi menjadi meradang dan berair. Jika Anda mencurigai bahwa mata belekan pada bayi disebabkan oleh masuknya benda asing, sebaiknya segera membawanya ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

4. Infeksi Bakteri

Selain itu, mata belekan pada bayi juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri pada mata bayi biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke mata melalui saluran air mata yang tersumbat. Infeksi ini dapat menyebabkan mata bayi menjadi meradang, berair, berlendir, dan bahkan mengeluarkan nanah. Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut pada bayi Anda, sebaiknya segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Infeksi bakteri pada mata bayi dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera diobati.

Cara Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

1. Membersihkan Mata dengan Usapan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata belekan pada bayi adalah dengan membersihkan mata bayi secara teratur. Anda dapat menggunakan kapas yang dibasahi air hangat untuk membersihkan mata bayi. Usapkan kapas tersebut perlahan-lahan dari sudut mata menuju pangkal hidung, dan ganti kapas setiap kali Anda membersihkannya. Lakukan pembersihan ini secara teratur setiap hari agar mata bayi tetap bersih dan tidak terjadi penumpukan lendir atau kotoran.

2. Memberikan Pijatan pada Mata

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata belekan pada bayi adalah dengan memberikan pijatan pada mata bayi. Pijatan ini dapat membantu membuka saluran air mata yang tersumbat dan meredakan iritasi pada mata bayi. Anda dapat memberikan pijatan dengan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah. Caranya adalah dengan melakukan pijatan dari sudut dalam mata bayi, yaitu dari pangkal hidung menuju sudut luar mata. Lakukan pijatan ini secara perlahan-lahan dan dengan tekanan yang lembut. Lakukan pijatan ini sebanyak 5-10 kali, dan ulangi beberapa kali sehari.

Baca Juga:  5 Pilihan Cushion Lokal untuk Mommies yang Nggak Mau Repot Dandan

3. Menggunakan ASI

ASI atau Air Susu Bunda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mengatasi mata belekan pada bayi. ASI mengandung zat-zat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi pada mata bayi, sehingga dapat membantu mengatasi mata belekan. Anda dapat menggunakan ASI dengan cara meneteskan beberapa tetes ASI ke mata bayi atau dengan mengusapkan ASI pada mata bayi menggunakan kapas yang bersih.

4. Menghindari Paparan Bahan-Bahan yang dapat Menyebabkan Iritasi

Selain melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga perlu menghindari paparan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata bayi. Beberapa bahan yang perlu dihindari adalah sabun mandi, sampo, atau produk perawatan kulit lainnya yang mengandung bahan kimia yang keras. Gunakanlah produk yang aman dan bebas dari bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada mata bayi.

5. Membawa Bayi ke Dokter

Jika mata belekan pada bayi tidak kunjung membaik setelah melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya segera membawa bayi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada bayi dan mungkin akan meresepkan obat tetes mata atau antibiotik jika diperlukan. Penting untuk segera mengatasi mata belekan pada bayi agar tidak berlanjut menjadi infeksi yang lebih serius.

Kesimpulan

Mata belekan pada bayi adalah kondisi umum yang terjadi pada bayi yang baru lahir. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, penting bagi para orang tua untuk mengetahui penyebab mata belekan pada bayi dan cara mengatasi kondisi tersebut. Beberapa penyebab mata belekan pada bayi antara lain tersumbatnya saluran air mata, iritasi ringan, masuknya benda asing, dan infeksi bakteri. Untuk mengatasi mata belekan pada bayi, Anda dapat membersihkan mata bayi dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat, memberikan pijatan pada mata bayi, menggunakan ASI, menghindari paparan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi, dan membawa bayi ke dokter jika kondisi tidak kunjung membaik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sebagai orang tua dalam mengatasi mata belekan pada bayi Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com