Ini 7 Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

Ini 7 Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu sapi mengandung berbagai nutrisi penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Cari tahu manfaat, kandungan, dan ide olahannya di sini!

Susu sapi murni merupakan salah satu jenis susu yang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Selain rasanya yang lezat, susu sapi juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, banyak orang tua yang telah membiasakan memberikan susu sapi kepada buah hatinya sejak mereka berusia 1 tahun.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam masa bayi, disarankan untuk memberikan ASI (Air Susu Bunda) sebagai nutrisi utama bagi si Kecil. ASI merupakan nutrisi terbaik yang dapat memenuhi semua kebutuhan gizi harian si Kecil. Pemberian ASI eksklusif dilakukan saat si Kecil baru lahir sampai berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan, si Kecil membutuhkan tambahan nutrisi dari MPASI (Makanan Pendamping ASI) dengan kandungan zat gizi yang seimbang. Baru setelah itu, susu sapi dapat diberikan sebagai nutrisi tambahan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan Nutrisi Susu Sapi

Dalam masa tumbuh kembang, setiap anak membutuhkan asupan makanan yang bergizi seimbang. Pemberian susu sapi menjadi salah satu solusi untuk melengkapi kebutuhan gizi harian si Kecil. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang terdapat dalam susu sapi:

1. Protein
Susu sapi merupakan sumber protein hewani yang penting bagi tubuh. Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap dibandingkan dengan protein nabati. Asam amino esensial merupakan bentuk sederhana dari protein yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri dan harus didapatkan dari sumber protein berkualitas. Kekurangan asam amino esensial dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memenuhi asupan protein pada si Kecil dengan memberikan susu sapi atau susu pertumbuhan yang berbahan dasar sapi.

2. Karbohidrat
Susu sapi mengandung karbohidrat dalam bentuk laktosa atau gula susu. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi yang penting bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga membantu metabolisme tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan meningkatkan kesehatan jantung. Kebutuhan karbohidrat anak usia 1-3 tahun sekitar 215 gram per hari, sehingga penting bagi Bunda untuk menyeimbangkan asupan nutrisi karbohidrat dari makanan lainnya.

Baca Juga:  Milestone dan Tumbuh Kembang Anak Usia 11 Tahun

3. Lemak susu
Lemak susu merupakan lemak alami yang kompleks dan penting untuk tumbuh kembang anak. Lemak susu dapat meningkatkan penyerapan mineral, menjadi cadangan energi, dan membantu meningkatkan daya pikir si Kecil.

4. Vitamin dan mineral
Susu sapi mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Di dalamnya terdapat vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, serta mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, natrium, zinc, dan fosfor. Nutrisi ini memberikan manfaat bagi kesehatan tulang, mata, sistem imun, dan lain sebagainya.

Manfaat Susu Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

Terdapat banyak manfaat dari mengonsumsi susu sapi untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa manfaat susu sapi yang bisa si Kecil dapatkan:

1. Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang
Susu sapi memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi si Kecil. Kandungan nutrisi seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, vitamin D3, dan zinc dalam susu pertumbuhan membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang si Kecil.

2. Meningkatkan fungsi otak
Protein yang terdapat dalam susu sapi dapat membantu meningkatkan fungsi otak si Kecil. Selain itu, beberapa jenis susu juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak si Kecil.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh
Susu sapi murni dapat menjadi nutrisi tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang berkualitas agar terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya. Dengan mengonsumsi susu sapi secara rutin, si Kecil dapat memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan kesehatan.

4. Sebagai sumber energi
Anak-anak seringkali memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, sehingga membutuhkan asupan energi yang cukup. Susu sapi mengandung protein yang dapat memberikan energi tambahan bagi si Kecil.

Baca Juga:  5 Cara Mempercepat Pembukaan yang Alami dan Mudah

5. Menjaga kesehatan jantung
Susu sapi mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Susu sapi mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus. Dengan mengonsumsi susu sapi, si Kecil memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

7. Membantu menjaga berat badan ideal
Susu sapi mengandung protein yang dapat membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi susu sapi secara teratur, si Kecil dapat menjaga berat badan idealnya.

Ide Olahan Susu Sapi

Rasa susu sapi yang tawar terkadang membuat anak enggan untuk meminumnya. Namun, susu sapi dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik dan lezat. Berikut ini beberapa ide olahan susu sapi yang bisa Bunda coba buat di rumah:

1. Es krim susu
Es krim merupakan salah satu olahan susu sapi yang disukai oleh anak-anak. Bunda dapat membuat es krim sendiri di rumah dengan menggunakan susu sapi. Selain lebih sehat, membuat es krim sendiri juga dapat lebih hemat. Caranya adalah dengan mencampurkan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, gula pasir, tepung maizena, vanili bubuk, dan garam dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk terus hingga adonan mengental, angkat dan biarkan uap panas hilang. Setelah itu, tuang adonan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam atau hingga membeku. Es krim susu siap disajikan.

2. Bolu kukus susu
Bolu kukus susu dapat menjadi pilihan yang sehat dan lezat untuk si Kecil. Caranya adalah dengan mencampur telur, gula pasir, terigu protein sedang, air, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, minyak goreng, baking soda, dan garam dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata dan tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi dengan tepung terigu. Kukus adonan selama 45 menit dengan api sedang. Setelah matang, angkat dan biarkan bolu dingin sebelum disajikan.

Baca Juga:  4 Cara Optimalkan Fungsi Otak Kanan Anak Agar Lebih Kreatif

3. Puding cokelat
Puding cokelat menjadi salah satu hidangan yang disukai oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Bunda dapat membuat puding cokelat rumahan dengan mencampurkan agar-agar bubuk putih, cokelat bubuk, gula pasir, dan susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah dilarutkan dengan air. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih, lalu matikan api dan tuang adonan ke dalam cetakan puding. Simpan puding di dalam kulkas hingga set. Puding cokelat susu siap disajikan untuk si Kecil.

Dengan mengolah susu sapi menjadi berbagai hidangan yang menarik, si Kecil akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Selain itu, Bunda juga dapat memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi dari susu sapi.

Kesimpulan

Susu sapi murni mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh kembang anak. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi protein, karbohidrat, lemak susu, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi susu sapi, si Kecil dapat mendapatkan manfaat seperti meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun tubuh, menjadi sumber energi, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga berat badan ideal.

Selain itu, susu sapi juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik seperti es krim susu, bolu kukus susu, dan puding cokelat. Dengan mengolah susu sapi menjadi hidangan yang lezat, si Kecil akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua anak dapat mengonsumsi susu sapi. Beberapa anak mungkin memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa yang membuatnya tidak bisa mengonsumsi susu sapi murni. Oleh karena itu, Bunda perlu memperhatikan kondisi kesehatan si Kecil sebelum memberikan susu sapi sebagai nutrisi tambahan.

Dengan memahami manfaat dan kandungan nutrisi dalam susu sapi, Bunda dapat memberikan asupan yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang si Kecil. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai susu sapi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com