Jenis Makanan Penambah Berat Badan Anak dan Resepnya

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Anak dan Resepnya

Makanan penambah berat badan anak adalah hal yang penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Anak yang memiliki berat badan yang kurang dapat mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dapat berdampak negatif pada kesehatannya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan makanan yang tepat sehingga anak dapat mencapai berat badan yang ideal.

Ada beberapa jenis makanan penambah berat badan anak yang bisa Anda berikan. Salah satunya adalah susu. Susu mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, kalsium, dan vitamin D yang dapat membantu anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Anda dapat memberikan susu formula yang kaya akan nutrisi atau susu sapi yang sudah dipasteurisasi.

Selain susu, telur juga dapat menjadi pilihan makanan penambah berat badan anak. Telur mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan otot anak. Anda dapat mengolah telur menjadi berbagai menu yang disukai oleh anak, seperti telur dadar, telur rebus, atau telur mata sapi.

Daging merah juga merupakan makanan penambah berat badan anak yang baik. Daging merah mengandung banyak protein dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anda dapat mengolah daging merah menjadi berbagai masakan yang disukai oleh anak, seperti steak atau beef teriyaki.

Selain itu, buah-buahan juga dapat menjadi pilihan makanan penambah berat badan anak. Buah-buahan mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan anak. Anda dapat memberikan anak Anda buah-buahan seperti pisang, alpukat, atau apel. Anda juga dapat mengolah buah-buahan ini menjadi jus atau smoothie yang disukai oleh anak.

Kacang-kacangan juga merupakan makanan penambah berat badan anak yang baik. Kacang-kacangan mengandung banyak protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk pertumbuhan anak. Anda dapat memberikan anak Anda kacang tanah, almond, atau kacang mete. Anda juga dapat mengolah kacang-kacangan ini menjadi selai kacang yang lezat.

Baca Juga:  Membangun Mental Juara Pada Anak

Selain makanan-makanan di atas, Anda juga dapat memberikan anak Anda makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, roti gandum, atau pasta. Karbohidrat kompleks dapat memberikan energi yang cukup untuk anak Anda sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sekarang, mari kita bahas lebih detail tentang beberapa jenis makanan penambah berat badan anak dan resepnya.

1. Susu
Susu merupakan sumber nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Anda dapat memberikan susu formula yang kaya akan nutrisi atau susu sapi yang sudah dipasteurisasi. Anda juga dapat mengolah susu menjadi berbagai minuman yang disukai oleh anak, seperti smoothie atau milkshake.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan otot anak. Anda dapat mengolah telur menjadi berbagai menu yang disukai oleh anak, seperti telur dadar, telur rebus, atau telur mata sapi. Anda juga dapat menambahkan sayuran atau keju ke dalam telur untuk meningkatkan nutrisinya.

3. Daging merah
Daging merah mengandung banyak protein dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anda dapat mengolah daging merah menjadi berbagai masakan yang disukai oleh anak, seperti steak atau beef teriyaki. Pastikan untuk memilih daging merah yang segar dan bebas dari lemak berlebih.

4. Pisang
Pisang mengandung banyak kalori, karbohidrat, dan gula alami yang baik untuk menambah berat badan anak. Anda dapat memberikan anak Anda pisang sebagai camilan sehat atau mengolahnya menjadi jus atau smoothie yang disukai oleh anak.

5. Alpukat
Alpukat mengandung banyak kalori, karbohidrat, dan lemak yang baik untuk menambah berat badan anak. Anda dapat mengolah alpukat menjadi berbagai makanan yang disukai oleh anak, seperti guacamole atau selai alpukat.

Baca Juga:  Menu MPASI 9 Bulan yang Praktis dan Lezat

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk pertumbuhan anak. Anda dapat memberikan anak Anda kacang tanah, almond, atau kacang mete sebagai camilan sehat. Anda juga dapat mengolah kacang-kacangan ini menjadi selai kacang yang lezat.

7. Oatmeal
Oatmeal mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan pencernaan anak. Anda dapat mengolah oatmeal menjadi bubur atau kue yang disukai oleh anak. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan atau selai kacang ke dalam oatmeal untuk meningkatkan nutrisinya.

8. Kentang
Kentang mengandung banyak karbohidrat kompleks yang baik untuk memberikan energi yang cukup bagi anak. Anda dapat mengolah kentang menjadi berbagai masakan yang disukai oleh anak, seperti kentang goreng atau kentang panggang. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak minyak atau garam dalam mengolah kentang.

9. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung banyak karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan anak. Anda dapat mengolah ubi jalar menjadi berbagai masakan yang disukai oleh anak, seperti ubi jalar panggang atau ubi jalar goreng. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak minyak atau garam dalam mengolah ubi jalar.

10. Es loli susu pisang
Es loli susu pisang adalah camilan yang sehat dan menyegarkan untuk anak. Anda dapat mengolah pisang dan susu menjadi es loli yang disukai oleh anak. Anda juga dapat menambahkan sirup atau buah-buahan lain ke dalam es loli untuk meningkatkan rasanya.

Itulah beberapa jenis makanan penambah berat badan anak dan resepnya. Anda dapat mencoba mengolah makanan-makanan tersebut di rumah dan memberikannya kepada anak Anda. Pastikan untuk mengkonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan makanan penambah berat badan anak kepada anak Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak Anda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com