6 Cara Efektif Mengantisipasi Mata Anak Belekan


Jenis-jenis Infeksi Mata

Infeksi mata pada anak dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan penyebab. Salah satu jenis infeksi mata yang sering terjadi pada anak adalah mata belekan. Mata belekan pada anak biasanya disertai dengan kondisi bengkak dan berair. Namun, sebelum membahas tentang mata belekan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu jenis-jenis infeksi mata pada anak. Berikut adalah beberapa jenis infeksi mata yang perlu Anda ketahui:

1. Saluran Air Mata Terhambat
Salah satu jenis infeksi mata pada anak adalah saluran air mata terhambat. Saat anak masih dalam kandungan, saluran air mata di dalam mata belum sepenuhnya terbuka. Hal ini menyebabkan air mata tidak dapat mengalir dengan baik, sehingga cairan mata anak menjadi berlebihan. Akibatnya, mata anak menjadi belekan dan sulit untuk membuka mata setelah bangun tidur.

2. Timbilan
Timbilan adalah jenis infeksi mata yang seringkali disebut sebagai bintitan. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcal yang menyerang kelopak mata. Pada timbilan, terdapat nanah yang dapat pecah sewaktu-waktu. Timbilan dapat menyebabkan mata anak menjadi merah, bengkak, dan berair.

3. Blepharitis
Blepharitis adalah infeksi di bagian kelopak mata yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Infeksi ini dapat terjadi baik di bagian dalam kelopak mata maupun di tempat tumbuhnya bulu mata. Blepharitis menyebabkan kelopak mata menjadi meradang dan iritasi. Infeksi ini seringkali disertai dengan munculnya ketombe pada kulit kepala.

4. Konjungtivitis
Konjungtivitis, atau yang sering disebut sebagai penyakit mata merah, adalah infeksi pada lapisan bening yang menutupi bagian putih mata dan selaput kelopak. Infeksi ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau alergi. Konjungtivitis ditandai dengan mata yang merah, gatal, berair, dan terasa perih. Infeksi ini dapat menular jika disebabkan oleh virus atau bakteri.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Aplikasi Kencan Untuk para Single Parents

Cara Mengantisipasi Mata Anak Belekan

Setelah mengetahui jenis-jenis infeksi mata pada anak, Anda perlu mengantisipasi mata anak belekan dengan beberapa cara yang efektif. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Jaga Kebersihan Mata
Salah satu cara yang paling penting dalam mengantisipasi mata anak belekan adalah dengan menjaga kebersihan mata. Pastikan Anda selalu membersihkan mata anak dengan menggunakan kain bersih atau kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Bersihkan kotoran atau nanah yang ada pada mata anak secara lembut untuk menghindari penyebaran infeksi.

2. Membersihkan Mata dengan Benar
Ketika membersihkan mata anak belekan, pastikan Anda membersihkan kotoran dari bagian dalam kelopak mata ke arah luar. Gunakan sisi yang bersih dari kain atau kapas setelah membersihkan bagian yang terinfeksi. Jika menggunakan kapas, segera buang setelah digunakan satu kali dan ganti dengan kapas yang baru untuk mencegah penyebaran bakteri.

3. Berikan Obat Tetes Mata
Jika dokter meresepkan obat tetes mata antibiotik, pastikan Anda memberikan obat tersebut sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Jangan biarkan ujung obat menyentuh mata anak, karena hal ini dapat menyebabkan penyebaran infeksi. Jika terjadi kontak tidak sengaja, segera bersihkan dengan air bersih.

4. Oleskan Salep Mata
Selain obat tetes mata, dokter juga dapat meresepkan salep mata antibiotik untuk mengobati mata anak belekan. Oleskan salep tersebut dengan cara menarik kelopak bawah mata anak dan masukkan salep dari sisi dalam ke sisi luar mata. Lakukan ini empat kali sehari, atau sesuai dengan petunjuk dokter.

5. Berikan Obat Oral
Jika mata anak belekan disertai dengan rasa sakit, dokter mungkin akan meresepkan obat oral seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk meredakan rasa sakitnya. Pastikan Anda memberikan obat sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.

Baca Juga:  3 Kreasi Kerajinan dari Kardus dan Ragam Manfaatnya

6. Kompres dengan Lap Hangat atau Dingin
Mengompres mata anak dengan lap hangat atau dingin dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan pada mata belekan. Jika mata belekan disebabkan oleh bakteri atau virus, gunakan kompres lap hangat. Namun, jika mata belekan disebabkan oleh alergi atau iritasi, gunakan kompres lap dingin. Lakukan kompres setelah anak bangun tidur, dan pastikan Anda menggunakan lap yang bersih setiap kali melakukan kompres.

Cara Pencegahan Penyebaran Virus

Jika mata anak belekan disebabkan oleh virus, penting bagi Anda untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar virus tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:

1. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Pastikan seluruh anggota keluarga menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum menyentuh mata atau makan. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan benda-benda di rumah yang sering disentuh, seperti mainan anak, pegangan pintu, keran, dan benda lainnya.

2. Hindari Berbagi Lap atau Handuk
Setiap anggota keluarga sebaiknya menggunakan lap atau handuk mereka sendiri untuk menghindari penyebaran virus. Jangan saling berbagi lap atau handuk, karena hal ini dapat menyebabkan penyebaran infeksi.

3. Hindari Menyentuh Mata
Usahakan untuk tidak menyentuh mata, terutama jika tangan Anda kotor atau belum dicuci. Jika tidak sengaja menyentuh mata, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghindari penyebaran infeksi.

4. Cuci Pakaian dan Perlengkapan Anak
Setelah anak sembuh dari mata belekan, pastikan Anda mencuci sprei, sarung bantal, dan pakaian anak dengan air panas. Hal ini dapat membantu membunuh bakteri atau virus yang mungkin masih ada pada pakaian atau perlengkapan anak.

Baca Juga:  6 Manfaat Balance Bike untuk Latih Motorik dan Sensorik Anak

Jika mata anak belekan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari atau ada gejala lain yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan kondisi mata anak, karena infeksi mata yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengantisipasi dan mengatasi mata anak belekan. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan mata anak dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang telah disebutkan untuk mencegah penyebaran infeksi. Jaga kesehatan mata anak dengan baik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com