9 Manfaat Kencur Untuk Bayi dan Kesehatan

Manfaat Kencur untuk Bayi dan Kesehatan

Kencur merupakan salah satu tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, baik untuk orang dewasa maupun bayi. Kencur memiliki sifat-sifat yang baik untuk kesehatan bayi, dan dalam artikel ini kita akan membahas manfaat kencur untuk bayi secara lebih rinci.

1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan, dan kencur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Kandungan zat dalam kencur dapat mendukung sistem kekebalan tubuh bayi dan melindunginya dari serangan virus, bakteri, dan kuman penyakit. Bunda dapat mencampurkan air perasan kencur ke dalam susu atau makanan bayi secara rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

2. Mencegah Berbagai Penyakit
Kencur juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit. Kencur dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan seperti batuk, flu, dan pneumonia. Selain itu, kencur juga dapat mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah, serta penyakit kulit seperti ruam dan gatal. Kencur juga dapat digunakan untuk mengobati keputihan pada lidah bayi (kandidiasis oral).

3. Menghangatkan Tubuh
Kencur mengandung minyak atsiri yang dapat membantu menghangatkan tubuh bayi. Bunda dapat menumbuk kencur hingga halus dan merasukannya untuk mendapatkan cairan ekstrak kencur. Cairan ini dapat dioleskan ke tubuh bayi untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Dengan tubuh yang hangat, bayi akan merasa lebih nyaman dan tidak mudah rewel.

4. Mencegah Masuk Angin
Suhu tubuh yang hangat juga dapat membantu mencegah masuk angin pada bayi. Masuk angin dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, perut kembung, dan sering buang angin. Bayi juga biasanya menjadi lemas, rewel, dan malas menyusu atau makan saat terserang masuk angin. Kencur dapat membantu mencegah gejala-gejala masuk angin dengan cara mengoleskan cairan ekstrak kencur pada perut bayi, terutama setelah mandi dan sebelum tidur.

Baca Juga:  10 Tanda Orang Tua Tidak Menghargai Anak

5. Meningkatkan Nafsu Makan
Jika bayi sulit makan, kencur dapat membantu meningkatkan nafsu makannya. Bunda dapat mencampurkan ekstrak cairan kencur dengan susu bayi untuk meningkatkan nafsu makan bayi. Meskipun rasanya kurang enak, Bunda disarankan untuk memberikannya secara perlahan-lahan dan rutin. Jangan memaksanya, karena hal itu hanya akan membuat bayi semakin enggan untuk meminumnya.

6. Sebagai Obat Batuk Alami
Kencur juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk bayi. Campurkan air perasan kencur dengan ekstrak jahe dan sedikit air, lalu berikan kepada bayi untuk meredakan batuknya. Bayi yang batuk akan kesulitan bernapas dan tidur karena ada dahak di saluran pernapasannya. Batuk juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan berat badan bayi turun. Kencur dapat membantu meredakan batuk kering maupun batuk berdahak pada bayi.

7. Mencegah Rasa Lelah
Bayi yang banyak bergerak cenderung merasa lelah dan sulit tidur. Kencur dapat membantu mencegah rasa lelah pada bayi. Bunda dapat memberikan ekstrak kencur ke dalam susu atau makanan bayi untuk mengembalikan energinya dan menghilangkan rasa lelahnya. Selain itu, cairan ekstrak kencur juga dapat dioleskan pada tubuh bayi sambil melakukan pijatan lembut.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Kencur dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi yang masih sensitif. Bunda dapat mengoleskan atau mengonsumsi ekstrak kencur secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Kencur dapat mengurangi risiko terkena penyakit kulit seperti mengelupas, ruam, bintik-bintik kecil, dan alergi pada bayi. Kencur juga dapat membuat kulit bayi terasa halus dan bersih.

9. Meredakan Radang Telinga
Bayi rentan terkena radang telinga akibat infeksi dari luar maupun dalam, terutama ketika sedang mengalami flu. Kencur dapat membantu meredakan radang telinga dengan cara mencampurkan ekstrak kencur ke dalam susu atau makanan bayi. Kandungan tertentu dalam kencur memiliki efek analgesik yang dapat meredakan radang dan mengurangi rasa nyeri pada telinga bayi.

Baca Juga:  Diet Mayo: Dari Review Sampai Resep!

Itulah beberapa manfaat kencur untuk bayi dan kesehatan. Kencur dapat digunakan secara rutin untuk menjaga kesehatan bayi dan mencegah berbagai penyakit. Namun, sebaiknya konsultasikan penggunaan kencur kepada dokter atau ahli kesehatan sebelum memberikannya kepada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bunda dan buah hati Bunda selalu sehat.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com