Info Gaji ART dan Baby Sitter & Tips


Gaji Asisten Rumah Tangga (ART) dan Baby Sitter di Tahun 2024: Info dan Tips Mempekerjakan Mereka!

Di tengah pandemi ini, banyak dari kita yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Namun, itu tidak berarti kita tidak membutuhkan bantuan dari Asisten Rumah Tangga (ART) atau baby sitter, terutama bagi para ibu yang bekerja atau yang menjalankan bisnis dari rumah. ART dan baby sitter dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kewarasan kita sebagai ibu.

Bagi mereka yang baru mencari asisten rumah tangga atau mungkin memiliki rencana untuk menggantinya setelah pulang kampung dan tidak kembali, berikut ini adalah informasi tentang gaji ART dan baby sitter di tahun 2024 di area Jabodetabek, Bandung, dan Semarang. Kami juga akan memberikan tips bonus tentang mempekerjakan ART atau baby sitter baru di tengah pandemi.

Gaji ART Datang Pagi Pulang Siang

Untuk kategori ART yang datang pagi dan pulang siang di area Jabodetabek, gaji berkisar antara 1 juta hingga 1,5 juta rupiah. Di area Bogor, beberapa ART bahkan menerima tambahan ongkos transportasi sekitar 240.000 rupiah per bulan. Hal ini membuat total gaji mereka mencapai hampir 2 juta rupiah. Tentunya, kesepakatan ini juga tergantung pada perjanjian yang dibuat bersama. Beberapa ART mungkin bertanggung jawab untuk melakukan semua pekerjaan rumah, mulai dari membersihkan rumah, mencuci dan menyetrika pakaian, hingga menjaga anak-anak sampai mereka pulang. Oleh karena itu, penting untuk berkomunikasi dengan jelas mengenai tugas dan tanggung jawab yang diharapkan dari ART.

Gaji ART yang Menginap

Untuk ART yang tinggal di rumah dan tidak pulang pergi, gaji mereka berkisar antara 1,2 juta hingga 2 jutaan rupiah. Sebagai contoh, seorang teman yang bekerja sebagai ibu dengan dua anak menggaji ART-nya sebesar 1,7 juta rupiah per bulan tanpa tugas cuci setrika, namun ART tersebut bertanggung jawab penuh terhadap kebutuhan kedua anaknya yang masih kecil. Gaji ini dianggap sepadan mengingat tanggung jawab yang diemban oleh ART tersebut.

Baca Juga:  6 Fakta Anak Kedua yang Perlu Ibu Ketahui

Gaji Baby Sitter yang Menginap

Bagi baby sitter yang tinggal di rumah kita, biasanya mereka direkrut dari yayasan. Gaji baby sitter di area Jakarta bisa mencapai 3 jutaan rupiah. Namun, untuk yang belum berpengalaman, gaji mereka berkisar antara 1,5 juta rupiah. Sementara itu, bagi yang sudah berpengalaman, gaji mereka berkisar antara 1,8 juta hingga 2 juta rupiah. Di area Semarang dan Bandung, gaji baby sitter berkisar antara 1,5 juta hingga 2 juta rupiah. Dapat kita lihat bahwa gaji ART dan baby sitter di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Bandung sudah semakin merata.

Mempersiapkan ART atau Baby Sitter yang Menginap

Sebelum ART atau baby sitter yang tinggal di rumah datang, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama, sediakan dana tambahan setidaknya untuk meminta mereka melakukan tes swab, minimal tes swab antigen. Selain itu, minta mereka untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari setelah tes dilakukan, terutama jika memungkinkan, tempatkan mereka di kamar yang terpisah dari keluarga. Jika mereka tidak bersedia, sebaiknya batalkan niat untuk mempekerjakan mereka. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan dan untuk mencegah tes yang berulang-ulang yang hanya akan menghabiskan biaya.

Selain itu, penting juga untuk membuat kesepakatan bahwa mereka harus bekerja setidaknya selama 3-6 bulan sebelum meminta pulang kampung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko perjalanan pulang pergi yang dapat meningkatkan risiko penularan, serta menghindari biaya tes Covid yang harus ditanggung oleh kita sebagai majikan.

Aturan untuk ART yang Pulang Pergi

Bagi ART yang pulang pergi setiap hari, ada beberapa aturan yang perlu diterapkan. Pertama, mintalah asisten untuk selalu menggunakan masker medis yang telah disediakan di depan pintu masuk sebelum masuk ke dalam rumah. Setelah menggunakan masker, mintalah mereka untuk segera mandi dan keramas. Sediakan sabun dan sampo antiseptik untuk mereka. Pastikan ART selalu menggunakan masker medis selama bekerja di rumah, terutama ketika berinteraksi dengan anak-anak atau orang tua. Jika memungkinkan, sediakan dana tambahan untuk meminta ART untuk melakukan tes swab antigen secara berkala.

Baca Juga:  7 Jenis Kacang-kacangan yang Tepat untuk Dijadikan MPASI

Menghadapi Tantangan dalam Mempekerjakan ART atau Baby Sitter

Tidak dapat dipungkiri bahwa mempekerjakan ART atau baby sitter dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, jika kita dapat menemukan asisten yang patuh dan dapat diandalkan, itu merupakan rezeki yang luar biasa. Yang paling penting adalah komunikasi yang baik antara majikan dan asisten rumah tangga. Jika gaji yang diberikan sudah cukup besar, namun mereka tetap meminta untuk tidak menggunakan masker saat keluar rumah untuk berbelanja, maka itu dapat menjadi sumber stres baru bagi kita sebagai majikan.

Selamat mencari ART atau baby sitter yang cocok untuk keluarga Anda. Semoga Anda bisa mendapatkan asisten yang mudah diajak bekerja sama dan gajinya sesuai dengan yang diharapkan. Semoga beruntung!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com