Fakta Susu Cokelat yang Perlu Ibu Ketahui

Fakta Susu Cokelat yang Perlu Bunda Ketahui

Susu cokelat, lepas dari banyak manfaatnya masih memiliki citra negatif di masyarakat Indonesia. Simak 3 mitos mengenai susu cokelat dan ketahui faktanya!

Mitos mengenai susu cokelat sering kali membuat banyak orang ragu untuk mengonsumsinya. Beberapa di antara mereka menganggap susu cokelat sebagai susu penggemuk badan karena mengandung banyak gula. Ada juga yang menganggap bahwa susu cokelat dapat merusak gigi si Kecil. Namun, sebenarnya tidak semua mitos tersebut benar. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita bahas satu per satu mitos dan fakta sebenarnya mengenai susu cokelat.

Mitos Pertama: Hiperaktivitas pada Si Kecil
Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa susu cokelat dapat membuat Si Kecil menjadi hiperaktif. Pendapat ini muncul karena banyak yang beranggapan bahwa susu cokelat mengandung lebih banyak gula daripada susu putih. Namun, faktanya adalah konsumsi susu cokelat tidak ada kaitannya dengan munculnya hiperaktivitas pada Si Kecil. Hiperaktivitas sendiri merupakan gangguan tingkah laku pada anak-anak yang ditandai dengan sulitnya Si Kecil untuk duduk diam dan cenderung terus bergerak. Kandungan gula dan cokelat dalam susu cokelat tidak memberikan dampak atau efek apapun pada Si Kecil yang mengalami kondisi ini.

Mitos Kedua: Gigi Keropos
Mitos lain yang sering beredar adalah bahwa konsumsi susu cokelat dapat membuat gigi Si Kecil menjadi keropos lebih cepat. Hal ini dikaitkan dengan adanya kandungan gula pada susu cokelat. Namun, faktanya adalah gigi keropos tidak hanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman manis, tetapi juga dipengaruhi oleh pola perilaku dan kebiasaan menjaga kebersihan gigi. Jika ingin mengaitkan konsumsi susu cokelat dengan gigi keropos, perlu dicatat bahwa tidak hanya susu cokelat saja yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Konsumsi makanan atau minuman manis lainnya juga dapat berdampak pada kesehatan gigi. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengajarkan Si Kecil menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi dan membatasi asupan gula secara umum.

Baca Juga:  Permainan Seru untuk Bayi Merangkak

Mitos Ketiga: Kegemukan
Mitos terakhir yang sering dikaitkan dengan susu cokelat adalah bahwa konsumsi susu cokelat dapat membuat Si Kecil menjadi kegemukan. Stigma ini muncul karena anggapan bahwa susu cokelat mengandung lemak yang tinggi dan dapat menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan. Namun, faktanya adalah susu cokelat memiliki dampak dan manfaat yang sama dengan susu lainnya. Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, susu cokelat tidak akan menyebabkan kegemukan pada Si Kecil. Sebuah data menyebutkan bahwa konsumsi susu cokelat yang rutin dan sesuai porsi dapat memberikan penambahan berat badan antara 1 hingga 1,5 Kg dalam satu tahun. Angka ini termasuk dalam angka yang ideal dan tidak berlebihan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak mitos yang beredar mengenai susu cokelat yang sebenarnya tidak benar. Konsumsi susu cokelat tidak menyebabkan hiperaktivitas pada Si Kecil, tidak membuat gigi menjadi keropos lebih cepat, dan tidak menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu ragu untuk memberikan susu cokelat kepada Si Kecil sebagai bagian dari asupan nutrisinya.

Selain itu, perlu diingat bahwa susu cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Si Kecil. Susu cokelat mengandung zat gizi penting seperti protein, kalsium, dan vitamin D yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Konsumsi susu cokelat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi Si Kecil, serta memberikan energi tambahan untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, penting bagi Bunda untuk memilih susu cokelat yang berkualitas dan mengandung gula dalam jumlah yang wajar. Pastikan juga untuk membiasakan Si Kecil untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi setelah mengonsumsi susu cokelat. Dengan begitu, Bunda dapat memberikan yang terbaik bagi Si Kecil tanpa perlu khawatir akan mitos yang tidak benar mengenai susu cokelat.

Baca Juga:  Waspada Dampak Stres Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Dalam rangka memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada para Bunda, Frisian Flag Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan edukasi mengenai nutrisi dan kesehatan anak. Sebagai produsen susu cokelat yang terpercaya, Frisian Flag Indonesia selalu mengutamakan kualitas dan keamanan produknya. Dengan memilih susu cokelat dari Frisian Flag Indonesia, Bunda dapat yakin bahwa Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jadi, jangan biarkan mitos menghalangi Bunda untuk memberikan yang terbaik bagi Si Kecil. Pilihlah susu cokelat yang berkualitas dan seimbang, serta tetap menjaga pola makan dan kebersihan gigi Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, sambil tetap menikmati kelezatan susu cokelat yang menyegarkan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com