Manfaat Tidur Siang yang Mampu Optimalkan Perkembangan Anak

Manfaat Anak Tidur Siang
Tidur Malam Lebih Nyenyak
Banyak orang tua yang beranggapan bahwa tidur siang dapat membuat anak sulit tidur malam. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa hal ini sebenarnya tidak benar. Menurut artikel medis yang diterbitkan oleh St. Louis Children’s Hospital, melewatkan waktu tidur siang justru dapat membuat anak menjadi stres, rewel, marah, dan bingung. Bahkan, anak yang tidak tidur siang berisiko mengalami kesulitan tidur malam. Jika waktu tidur malam anak tidak mencukupi, maka daya tahan tubuhnya dapat menurun, sehingga ia lebih rentan terkena penyakit.

Meningkatkan Kecerdasan
Tidur siang juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health Study, tidur siang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap pelajaran dan mengingatnya ketika ia mulai bersekolah. Ketika anak tidur siang, ia akan bangun dalam kondisi yang segar dan bugar. Hal ini membuat anak lebih mudah berkonsentrasi dan belajar dengan lebih baik.

Selain itu, anak yang tidur siang secara rutin cenderung memiliki kecerdasan akademis yang lebih tinggi daripada anak yang jarang tidur siang. Tidur siang juga memberikan energi tambahan bagi anak untuk aktif beraktivitas dan mengeksplorasi diri serta lingkungannya dengan lebih aktif.

Mengoptimalkan Tinggi dan Berat Badan
Tidur siang juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan anak. Tidak hanya makanan yang dikonsumsi, tidur siang juga berkontribusi dalam proses pertumbuhan anak. Saat anak tidur siang, tubuhnya akan melakukan proses pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuhnya. Oleh karena itu, tidur siang yang cukup dapat membantu anak mencapai tinggi dan berat badan yang ideal sesuai dengan usianya.

Mengurangi Stres
Anak juga membutuhkan waktu untuk melepas stres, meskipun mereka masih kecil. Tidur siang dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres pada anak. Ketika anak tidur siang, ia akan menjadi lebih tenang dan rileks. Aktivitas dan masalah yang membuatnya stres akan terlupakan sementara waktu. Hal ini dapat membuat suasana hati anak menjadi lebih baik setelah bangun tidur.

Baca Juga:  Simak 4 Tips Menjadi Menantu Idaman Mertua Berikut Ini

Waktu yang Dibutuhkan untuk Tidur Siang
Untuk anak usia 1 hingga 3 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah sekitar 12 hingga 14 jam per hari. Dari total waktu tidur tersebut, sekitar 1,5 hingga 2 jam adalah waktu tidur siang. Sisanya, anak harus tidur pada malam hari. Penting untuk memastikan bahwa anak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih, agar perkembangannya dapat optimal.

Tidur Siang yang Berkualitas
Pada usia ini, anak-anak memiliki energi yang berlimpah dan ingin terus bermain. Hal ini dapat membuat mereka sulit tidur siang. Jika anak tidak ingin tidur siang, tidak disarankan untuk memaksanya. Memaksa anak tidur siang dapat membuatnya membenci tidur siang dan mengurangi kualitas tidurnya.

Sebaiknya, biarkan anak tidur siang secara alami. Jika anak sudah terbiasa tidur siang, ia akan merasakan kapan saatnya untuk tidur siang. Ketika anak mulai merasa ngantuk dan mengantuk, bawalah mereka ke kamar tidur dan biarkan mereka tidur sendiri. Jika anak tidak ingin atau tidak bisa tidur siang, biarkan mereka bermain dengan tenang di kamarnya. Majukan waktu tidur malam anak agar mereka tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Supaya Anak Bisa Tidur Siang Teratur
Untuk memastikan anak mendapatkan manfaat tidur siang dengan optimal, penting untuk membiasakan mereka tidur siang secara teratur. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak tidur siang secara teratur:

1. Membuat suasana tidur yang nyaman:
Buatlah suasana tidur yang tenang, sejuk, dan bersih agar kualitas tidur anak lebih baik. Biasakan anak tidur siang di tempat tidur yang sama dengan tempat tidur malam mereka untuk membantu mereka lebih mudah tertidur.

Baca Juga:  8 Manfaat Vitamin A untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

2. Mengenali tanda-tanda anak mulai mengantuk:
Anak akan lebih mudah tertidur saat mereka sudah menunjukkan tanda-tanda mengantuk, seperti menguap, mengusap mata, atau rewel. Bawa anak ke kamar tidur secara perlahan saat mereka mulai mengantuk dan terapkan hal ini secara konsisten. Dengan demikian, Anda dapat membentuk kebiasaan tidur siang yang baik pada anak.

3. Ajak anak untuk beraktivitas di kamar tidur:
Saat mendekati waktu tidur siang, ajak anak untuk beraktivitas ringan di dalam kamar tidur. Anda bisa tiduran di kasur dengan mata tertutup dan tidak berbicara. Dengan melihat Anda dan melihat suasana tidur yang tenang, anak akan lebih mudah tertidur sendiri.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat membantu anak tidur siang secara teratur sehingga mereka dapat merasakan manfaat tidur siang dengan optimal. Mulailah membiasakan anak tidur siang sejak dini untuk mendukung tumbuh kembang mereka dengan baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran lain terkait tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau tenaga medis yang kompeten. Mereka dapat memberikan saran dan informasi yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Dengan mengetahui manfaat tidur siang bagi anak dan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membantu anak tumbuh kembang dengan optimal dan menjaga kesehatan serta kesejahteraannya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan tidur anak dan memberikan waktu tidur yang cukup agar mereka dapat tumbuh dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com