Segar dan Menyehatkan, Begini Cara Pembuatan Es Lilin Buah

Es lilin adalah salah satu jajanan yang sangat digemari oleh anak-anak. Rasanya yang segar dan menyegarkan membuatnya menjadi pilihan yang populer, terutama di musim panas. Namun, jika kita membeli es lilin di jalanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kebersihan es lilin tersebut tidak terjamin. Kita tidak tahu bagaimana proses pembuatannya dan apakah bahan-bahan yang digunakan sudah bersih atau tidak. Kedua, kadar gizi dalam es lilin tersebut juga tidak terjamin. Kita tidak tahu apakah bahan-bahan yang digunakan mengandung nutrisi yang cukup atau tidak.

Oleh karena itu, mengapa tidak mencoba membuat es lilin buah sendiri di rumah? Selain lebih terjamin kebersihannya, kita juga bisa memilih buah-buahan segar sebagai bahan dasarnya. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa es lilin yang kita buat lebih sehat dan mengandung nutrisi yang cukup bagi anak-anak kita.

Berikut ini adalah cara pembuatan es lilin buah yang dapat Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:
– 1 paket gelatin rasa jeruk
– ½ cangkir air mendidih
– ½ cangkir jus jeruk
– 1 cangkir yoghurt vanila
– ½ cangkir susu murni
– ½ sdt ekstrak vanila
– Cetakan es lilin (atau bisa juga menggunakan cangkir kecil)
– Stick es krim

Langkah-langkah:
1. Pertama, larutkan gelatin dengan air mendidih di dalam mangkuk besar. Aduk hingga gelatin benar-benar larut.
2. Setelah itu, diamkan larutan gelatin selama 30-45 menit hingga dingin.
3. Setelah larutan gelatin dingin, tambahkan yoghurt vanila, jus jeruk, susu murni, dan ekstrak vanila ke dalamnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
4. Tuangkan campuran tadi secara merata ke dalam cetakan es lilin atau cangkir kecil. Jangan lupa untuk menancapkan stick es krim di bagian tengahnya.
5. Setelah semua campuran dituangkan ke dalam cetakan, masukkan cetakan ke dalam freezer. Biarkan es lilin membeku dan mengeras selama beberapa jam.
6. Setelah es lilin benar-benar mengeras, Anda bisa mengeluarkannya dari cetakan. Jika Anda menggunakan cetakan es lilin, cukup tekan bagian bawahnya untuk mengeluarkannya. Jika Anda menggunakan cangkir, Anda bisa mengeluarkannya dengan cara mencelupkan bagian bawah cangkir ke dalam air hangat sebentar.
7. Es lilin buah siap untuk disantap! Anda bisa langsung menyajikannya kepada anak-anak sebagai camilan sehat dan menyegarkan.

Baca Juga:  3 Cara Mencari Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Dengan cara ini, Anda bisa memberikan es lilin yang lebih sehat dan bergizi bagi anak-anak Anda. Anda juga bisa mengganti jenis buah sesuai dengan selera anak-anak. Misalnya, Anda bisa menggunakan buah strawberry, mangga, atau pisang sebagai bahan dasarnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar di dalamnya untuk memberikan variasi rasa dan tekstur.

Selain itu, membuat es lilin buah sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Anda bisa melibatkan mereka dalam proses pembuatan es lilin, mulai dari memilih buah-buahan yang akan digunakan hingga menuangkan campuran ke dalam cetakan. Dengan begitu, anak-anak tidak hanya bisa menikmati es lilin yang lezat, tetapi juga belajar tentang proses pembuatan makanan dan pentingnya memilih makanan yang sehat.

Tidak hanya itu, membuat es lilin buah sendiri juga bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis. Harga es lilin di toko-toko seringkali cukup mahal, terutama jika kita membelinya dalam jumlah yang banyak. Dengan membuat sendiri di rumah, Anda bisa menghemat biaya dan juga bisa mengatur kualitas bahan-bahan yang digunakan.

Namun, meskipun membuat es lilin buah sendiri terdengar mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Pilihlah buah-buahan yang masih segar dan matang sempurna. Hindari menggunakan buah-buahan yang sudah terlalu matang atau busuk, karena hal ini dapat mempengaruhi rasa dan tekstur es lilin yang dihasilkan. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan bahan-bahan lain yang segar dan bebas dari kontaminasi.

Kedua, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan teliti. Pastikan Anda mengukur bahan-bahan dengan benar dan mengaduk campuran secara merata. Jika Anda menggunakan cetakan es lilin, pastikan Anda menancapkan stick es krim di tengahnya dengan benar. Jika Anda menggunakan cangkir, pastikan Anda mencelupkan bagian bawahnya ke dalam air hangat sebentar agar es lilin bisa keluar dengan mudah.

Baca Juga:  Si Kecil Suka dan Selalu Bertanya

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan es lilin buah di dalam freezer setelah dikeluarkan dari cetakan. Es lilin akan cepat mencair jika tidak disimpan di dalam freezer. Jika Anda ingin menyimpan es lilin dalam waktu yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara di dalam freezer.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat es lilin buah yang segar dan menyehatkan untuk anak-anak Anda. Anda juga dapat mengatur rasa dan tekstur es lilin sesuai dengan selera dan kebutuhan anak-anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya memilih makanan yang sehat dan seimbang.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba membuat es lilin buah sendiri di rumah. Selain lebih sehat dan bergizi, Anda juga bisa menghemat biaya dan melibatkan anak-anak dalam proses pembuatannya. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com