Daftar SMA di Jabodatabek yang Lulusannya Banyak Diterima di PTN


SMA (Sekolah Menengah Atas) merupakan jenjang pendidikan yang menjadi titik awal bagi para siswa untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi. Di daerah Jabodetabek, terdapat banyak sekolah menengah atas yang memiliki lulusan yang berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berikut ini adalah daftar beberapa SMA di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN, baik sekolah negeri maupun swasta.

1. SMAN 1 Depok
SMAN 1 Depok merupakan salah satu SMA yang terletak di area Pancoran Mas. Pada semester ganjil tahun 2021 lalu, sekitar 80-90 persen dari sekitar 300 murid lulusan SMAN 1 Depok berhasil diterima di perguruan tinggi negeri. Dari 288 murid tersebut, sebagian besar diterima melalui tiga jalur, yaitu jalur undangan, Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan jalur mandiri untuk Universitas Indonesia. Selain itu, ada juga siswa yang diterima melalui jalur minat atau bakat untuk masuk ke UI dan IPB. Pada tahun 2022 ini, tercatat ada 111 siswa yang berhasil diterima di PTN dan 14 siswa yang masuk universitas di luar negeri.

2. SMAN 1 Cibinong
SMAN 1 Cibinong yang terletak di Cibinong juga merupakan salah satu SMA yang lulusannya banyak diterima di PTN. Jalur yang dilewati oleh para siswa SMAN 1 Cibinong juga beragam, ada yang lolos melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan ada juga yang berhasil masuk lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Dari 114 murid SMAN 1 Cibinong yang lulus, sebanyak 16 siswa diterima di Universitas Indonesia, 25 siswa diterima di IPB, dan sisanya diterima di PTN favorit lainnya, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, dan banyak lainnya.

3. MAN 13 Jakarta
Ratusan lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 13 Jakarta berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Pada tahun ajaran 2021/2022, sekitar 96 persen siswa MAN 13 Jakarta lolos diterima di PTN dan PTKIN. Dari total 305 siswa yang lulus, sebanyak 202 siswa diterima di PTN dan PTKIN, termasuk di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya, dan banyak PTN favorit lainnya. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana hanya 255 dari 265 siswa yang berhasil masuk PTN.

Baca Juga:  Rekomendasi Jasa Pest Control Alias Pembasmi Hama Buat Bersih-Bersih Rumah di Akhir Tahun

4. SLTAK PENABUR Jakarta
SLTAK PENABUR Jakarta merupakan salah satu SMA swasta yang memiliki lulusan yang berhasil masuk ke PTN. Pada tahun 2022 ini, sekitar 185 siswa SLTAK PENABUR Jakarta dinyatakan berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 151 siswa. Para siswa tersebut banyak diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

5. SMA Labschool Kebayoran
SMA Labschool Kebayoran juga memiliki lulusan yang berhasil diterima di PTN. Pada seleksi SNMPTN 2022, sebanyak 42 siswa dari SMA Labschool Kebayoran dinyatakan lolos melalui jalur prestasi akademik berupa nilai rapor dan non-akademik. Para siswa tersebut berasal dari kelas IPA dan IPS dan berhasil diterima di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

6. MAN Insan Cendekia Serpong
MAN Insan Cendekia Serpong berhasil mencetak lulusan terbaik pada tahun 2021 dengan persentase 95 persen siswa yang berhasil masuk ke PTN. Dari 121 siswa yang lulus, sebagian besar diterima di PTN favorit seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, dan banyak lainnya.

Dalam memilih SMA untuk anak-anak kita, tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik bagi mereka. Salah satu pertimbangan yang penting adalah melihat prestasi lulusan SMA tersebut dalam diterima di PTN. Dengan melihat daftar SMA di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat mempertimbangkan sekolah lanjutan terbaik untuk anak-anak kita di masa depan.

Baca Juga:  Cara Bantu Anak Menjaga Perhatiannya dalam Proses Belajar

BACA JUGA: Daftar Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Rekomendasi Sekolah Anak!

Pentingnya memilih sekolah lanjutan yang berkualitas tidak dapat dipungkiri. SMA merupakan jenjang pendidikan yang akan membentuk karakter dan pengetahuan anak-anak kita. Dengan memilih SMA yang memiliki lulusan yang banyak diterima di PTN, kita dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi anak-anak kita untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Selain itu, SMA dengan lulusan yang banyak diterima di PTN juga menunjukkan bahwa sekolah tersebut memiliki kurikulum dan sistem pembelajaran yang baik. Para siswa di SMA tersebut telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehingga mampu bersaing dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Hal ini akan memberikan keyakinan kepada kita sebagai orangtua bahwa anak-anak kita akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas di SMA tersebut.

Tentu saja, dalam memilih SMA, kita juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti lokasi, fasilitas, biaya, dan lain sebagainya. Namun, salah satu faktor yang tidak boleh kita lewatkan adalah prestasi lulusan SMA tersebut dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dengan melihat daftar SMA di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN, kita dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai sekolah-sekolah yang memiliki prestasi yang baik dalam hal ini. Namun, kita juga perlu diingat bahwa prestasi lulusan bukanlah satu-satunya ukuran keberhasilan suatu sekolah. Setiap anak memiliki potensi dan minat yang berbeda-beda, sehingga penting bagi kita untuk memilih sekolah yang sesuai dengan karakter dan minat anak-anak kita.

Selain itu, kita juga perlu melihat dukungan yang diberikan oleh sekolah kepada siswanya dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. Apakah sekolah tersebut memberikan bimbingan dan persiapan yang memadai, baik dalam hal akademik maupun non-akademik? Hal ini juga perlu dipertimbangkan dalam memilih SMA untuk anak-anak kita.

Baca Juga:  Atasi Rambut Kering dan Rusak, Ini 6 Rekomendasi Hair Mask yang Mengandung Collagen

Dalam memilih SMA, kita juga perlu melibatkan anak-anak kita dalam proses pengambilan keputusan. Ajak mereka untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang menjadi pilihan kita, berbicara dengan para siswa dan guru di sekolah tersebut, serta melihat fasilitas dan lingkungan belajar yang disediakan. Dengan melibatkan mereka dalam proses ini, kita dapat membantu mereka untuk merasa memiliki dan bertanggung jawab atas pilihan sekolah mereka.

Terakhir, kita juga perlu mengingat bahwa prestasi lulusan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan anak-anak kita di masa depan. Selain prestasi akademik, kita juga perlu membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan sosial, kepemimpinan, dan kreativitas. Dukungan dan perhatian yang kita berikan sebagai orangtua juga sangat penting dalam membantu mereka meraih kesuksesan di berbagai bidang kehidupan.

Dalam memilih SMA untuk anak-anak kita, kita perlu mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk prestasi lulusan dalam diterima di PTN. Dengan melihat daftar SMA di Jabodetabek yang lulusannya banyak diterima di PTN, kita dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai sekolah-sekolah yang memiliki prestasi yang baik dalam hal ini. Namun, kita juga perlu mengingat bahwa prestasi bukanlah satu-satunya ukuran keberhasilan suatu sekolah. Setiap anak memiliki potensi dan minat yang berbeda-beda, sehingga penting bagi kita untuk memilih sekolah yang sesuai dengan karakter dan minat anak-anak kita. Dukungan dan perhatian yang kita berikan sebagai orangtua juga sangat penting dalam membantu mereka meraih kesuksesan di berbagai bidang kehidupan. Oleh karena itu, dalam memilih SMA, kita perlu melibatkan anak-anak kita dalam proses pengambilan keputusan dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk meraih kesuksesan di masa depan.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com