Daftar Sekolah Hindu dan Buddha yang Ada di Indonesia, Bisa Jadi Rekomendasi!


Sekolah berbasis agama Hindu dan Buddha di Indonesia memang belum sebanyak sekolah berbasis agama lainnya, tetapi tidak berarti tidak ada. Beberapa sekolah berbasis agama Hindu dan Buddha sudah hadir dan menawarkan jenjang pendidikan lengkap mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi. Untuk para ibu yang mencari rekomendasi tempat pendidikan bagi anak-anak mereka, berikut ini adalah daftar sekolah Hindu dan Buddha yang bisa menjadi pilihan.

Sekolah Hindu di Indonesia

1. Pertiwi Abhilasa

Pertiwi Abhilasa adalah sebuah sekolah Hindu yang terletak di daerah Jakarta Timur. Sekolah ini menawarkan tiga jenjang pendidikan, yaitu KB (Kelompok Bermain), TK (Taman Kanak-Kanak), dan SD (Sekolah Dasar). Selain mendapatkan pendidikan formal, anak-anak di sekolah ini juga diajarkan dasar-dasar agama Hindu, seperti sikap sembahyang yang benar dan pasraman kilat yang dapat diikuti oleh semua siswa. Alamat sekolah ini berada di Jl. Daksinapati Raya No. 10 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

2. SMP Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo

Sekolah ini tidak hanya berbasis pada satu agama atau budaya tertentu, tetapi juga menyediakan pendidikan agama Hindu. Para siswa yang beragama Hindu di sekolah ini akan diajarkan dan diuji dalam membuat canang sari dan kwangen, praktik sembahyang, melafalkan doa (mantra) dan kidung-kidung suci, serta melaksanakan persembahan sehari-hari atau yajna sesa. Alamat sekolah ini berada di Kawasan Taman Vancouver J1/1, Puri Surya Jaya Gedangan Sidoarjo, Gedangan – Sidoarjo (61254).

3. Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten Jawa Tengah

STHD Klaten Jawa Tengah adalah sekolah lanjutan yang menawarkan pendidikan yang berfokus pada agama Hindu. Sekolah ini memiliki 3 jurusan dengan 7 program studi, termasuk program studi pendidikan agama Hindu. Alamat sekolah ini berada di Morangan, Karanganom, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah 57438.

Baca Juga:  Manfaat Watercoloring Terutama di Kala Pandemi

4. Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

IAHN Gde Pudja Mataram adalah lembaga pendidikan tinggi agama Hindu di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Lembaga pendidikan ini memiliki 10 jurusan S1 dan dua jurusan Pasca Sarjana. Alamat lembaga pendidikan ini berada di Jl. Pramuka, Mataram Bar., Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83126.

5. SD dan SMP di Gianyar

Untuk jenjang pendidikan yang lebih muda, seperti SD dan SMP, di Gianyar, Bali terdapat 3 SD dan 3 SMP yang berbasis agama Hindu. Sekolah-sekolah ini menerapkan kurikulum dengan persentase pembelajaran 60% agama Hindu dan 40% pendidikan umum.

Sekolah Buddha di Indonesia

1. Ehipassiko School BSD City

Ehipassiko School BSD City adalah sekolah berbasis agama Buddha yang mengedepankan kompetensi ASTA. Kompetensi ini terdiri dari 8 kompetensi, salah satunya adalah kompetensi kasih yang merupakan nilai inti Ekayana. Sekolah ini mengajarkan siswa untuk memahami, menghayati, dan menerapkan nilai-nilai karakter Buddhis dalam kehidupan sehari-hari. Alamat sekolah ini berada di Jl. Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor 14.4, BSD City, Rawa Mekar Jaya, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten 15310.

2. Perguruan Buddhis Bodhicitta

Perguruan Buddhis Bodhicitta adalah sebuah yayasan yang menyelenggarakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari PG/TK, SD, SMP, hingga SMA. Perguruan ini beroperasi secara resmi sejak bulan Juli 2001. Alamat sekolah ini berada di Jl. Selam No.39 – 41, Tegal Sari Mandala I, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Atisa Dipamkara School – Lippo Karawaci

Sekolah Atisa Dipamkara adalah sekolah nasional yang berlandaskan pada ajaran Buddha Dhamma. Sekolah ini menyediakan jenjang pendidikan mulai dari KB, TK, SD, SMP, hingga SMA-SMK. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum muatan lokal unggulan yang mengedepankan pendidikan budi pekerti, Bahasa Mandarin (HSK), dan Bahasa Inggris (TOEFL dan TOEIC). Alamat sekolah ini berada di Villa Permata, Lippo Karawaci, Tangerang.

Baca Juga:  5 Kandungan Nutrisi Susu Ibu Menyusui untuk Pelancar ASI

4. Sekolah Tri Ratna

Sekolah Tri Ratna adalah sebuah sekolah berbasis agama Buddha yang terletak di Jakarta Barat. Sekolah ini memiliki beberapa jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK. Sekolah ini memiliki motto “SMART, GOOD, dan MINDFULNESS” yang mengajarkan siswa untuk menjadi cerdas, baik, dan memiliki kesadaran diri. Alamat sekolah ini berada di Jl. Talib I No.35, RT.9/RW.7, Krukut, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11140.

5. Dharma Widya School

Sekolah Dharma Widya menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TK/KB, SM, SMP, hingga SMK. Sekolah ini mendukung para siswanya untuk aktif dalam berbagai kompetisi dan telah berhasil meraih berbagai prestasi. Alamat sekolah ini berada di Jl. Iskandar Muda No: 90, Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

Itulah beberapa sekolah Hindu dan Buddha di Indonesia yang dapat menjadi pilihan bagi para Bunda yang mencari tempat pendidikan untuk anak-anak mereka. Dengan adanya sekolah berbasis agama ini, diharapkan anak-anak dapat mempelajari nilai-nilai agama Hindu dan Buddha serta mengembangkan karakter dan moral yang baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com