4 Manfaat bila si Kecil Aktif Bergerak

4 Manfaat bila si Kecil Aktif Bergerak

Mendukung perkembangan balita agar ia aktif bergerak, cepat tangkap, dan tumbuh sesuai usia penting dilakukan sejak dini! Yuk, lihat manfaatnya di sini!

Sebagai orang tua, Bunda tentu merasa senang ketika melihat perkembangan balita kesayangan berjalan sesuai usianya. Nah, tak hanya tumbuh menjadi anak yang cepat tanggap, fisik si Kecil juga diperkuat agar ia bisa bebas menjelajah dunia sekitarnya. Apalagi, menginjak usia satu tahun, si Kecil akan mulai lebih aktif bergerak dan memerhatikan sekelilingnya dibanding saat masih bayi. Oleh sebab itu, saya pun mulai mencari tahu informasi soal pentingnya si Kecil tumbuh kuat sejak dini. Berikut informasi yang saya dapatkan, Bu!

1. Mempermudah Proses Belajar Berjalan

Memasuki usia 1 tahun, umumnya si Kecil mulai belajar berjalan sendiri. Menurut jurnal penelitian online yang saya baca di US National Library of Medicine National Insitutes of Health, idealnya bayi akan belajar merangkak pada usia 11 bulan dan sudah mampu berjalan pada usia 13 bulan. Jika ia memiliki tulang yang kuat, proses anak belajar berjalan pun akan menjadi lebih mudah. Tahukah, Bunda? Serat Pangan (Inulin) bisa membantu memelihara fungsi saluran cerna si Kecil sehingga sistem pencernaannya bekerja dengan optimal. Dengan sistem pencernaan yang baik, si Kecil diharapkan tidak mudah sakit sehingga bisa lebih aktif bergerak dan leluasa menjelajahi dunia sekitarnya.

2. Lebih Bebas Menjelajah

Bu, pada usia ini, si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan termotivasi untuk mempelajari hal-hal baru di sekitarnya. Untuk itu, saya selalu memerhatikan agar ia mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan usianya. Jika nutrisi tubuhnya tercukupi, si Kecil bisa lebih bebas dan aktif bergerak untuk menjelajah lingkungannya.

3. Lebih Senang Olahraga

Baca Juga:  5 SD Favorit di Medan, Prestasi Boleh Diadu

Setiap Bunda tentu mendambakan si Kecil tumbuh menjadi anak yang aktif bergerak dan cepat tanggap. Ketika si Kecil lebih aktif bergerak, ia akan lebih tertarik melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Nah, bila si Kecil sudah senang berolahraga, Bunda perlu memenuhi kebutuhan Kalsium si Kecil agar tulangnya mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

4. Tidak Mudah Sakit

Ketika si Kecil aktif bergerak, daya tahan tubuhnya secara perlahan akan menguat sehingga ia tidak mudah sakit. Dengan demikian, si Kecil diharapkan akan tumbuh sesuai usianya. Nah, menurut dokter spesialis anak tempat saya berkonsultasi, manfaat satu ini bisa dioptimalkan dengan memberikan makanan yang mengandung Protein. Menurut dokter, asupan Protein dapat membantu sistem imun tubuh bekerja secara optimal.

Sekarang Bunda sudah mengerti alasan si Kecil perlu aktif bergerak sejak dini, bukan? Untuk itu, Bunda disarankan mulai mencukupi kebutuhan nutrisi seimbang si Kecil dengan memberikannya Protein, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Vitamin, dan Zink sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang aktif bergerak, cepat tangkap, dan tumbuh sesuai usianya. Semoga artikel ini bisa membantu Bunda mengoptimalkan proses perkembangan balita, ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Dapatkan info parenting dan hadiah spesial dari Bunda&Balita

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Salah satunya adalah memberikan nutrisi yang tepat agar pertumbuhannya optimal. Namun, tidak semua orang tua memiliki pengetahuan yang cukup tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil. Oleh karena itu, konsultasi dengan ahli gizi dapat menjadi solusi yang tepat.

Mengapa Penting Konsultasi dengan Ahli Gizi?

Ahli gizi adalah orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang nutrisi dan mampu memberikan informasi yang tepat mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi, kita dapat mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, dan apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh si Kecil.

Baca Juga:  Belajar Menjadi “Dokter” untuk si Kecil

Selain itu, ahli gizi juga dapat membantu mengatasi masalah gizi yang mungkin dialami oleh si Kecil, seperti masalah kurang gizi, kelebihan gizi, atau gangguan pada saluran pencernaan. Dengan bantuan ahli gizi, kita dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Konsultasi dengan Ahli Gizi?

Untuk mendapatkan konsultasi dengan ahli gizi, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh. Salah satunya adalah dengan mengikuti program konsultasi gratis yang disediakan oleh beberapa organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang gizi. Program ini biasanya dilakukan secara online melalui aplikasi atau website khusus.

Selain itu, kita juga dapat mencari informasi tentang ahli gizi yang berkualitas dan terpercaya melalui internet, media sosial, atau rekomendasi dari teman atau keluarga yang sudah pernah berkonsultasi dengan ahli gizi. Setelah itu, kita dapat menghubungi ahli gizi tersebut untuk membuat janji konsultasi.

Selama sesi konsultasi, ahli gizi akan menanyakan berbagai informasi mengenai si Kecil, seperti usia, berat badan, tinggi badan, riwayat kesehatan, dan pola makan. Dari informasi tersebut, ahli gizi akan mengevaluasi kebutuhan nutrisi si Kecil dan memberikan saran atau rekomendasi yang tepat mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh si Kecil.

Selain itu, ahli gizi juga dapat memberikan informasi mengenai cara menyajikan makanan yang sehat dan bergizi, serta memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah makan pada si Kecil, seperti anak yang susah makan atau memilih-milih makanan.

Manfaat Konsultasi dengan Ahli Gizi

Mengikuti konsultasi dengan ahli gizi memiliki banyak manfaat bagi si Kecil dan kita sebagai orang tua. Beberapa manfaatnya adalah:

Baca Juga:  Biaya Masuk Sekolah Dasar di Tangerang & Tangerang Selatan

1. Mendapatkan informasi yang tepat mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi, kita dapat mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil dan berapa jumlahnya. Dengan demikian, kita dapat memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi si Kecil.

2. Mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, kita dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi, seperti kurang gizi, kelebihan gizi, atau gangguan pada saluran pencernaan.

3. Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Dengan bantuan ahli gizi, kita dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sehingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

4. Mendapatkan tips dan trik dalam mengatasi masalah makan pada si Kecil. Anak-anak seringkali memiliki masalah dalam hal makan, seperti susah makan atau memilih-milih makanan. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi, kita dapat mendapatkan tips dan trik dalam mengatasi masalah makan pada si Kecil sehingga ia dapat memiliki pola makan yang sehat dan bergizi.

Kesimpulan

Konsultasi dengan ahli gizi sangat penting untuk memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang. Dengan bantuan ahli gizi, kita dapat mengetahui apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, dan apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh si Kecil. Selain itu, ahli gizi juga dapat membantu mengatasi masalah gizi yang mungkin dialami oleh si Kecil. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk memberikan yang terbaik bagi si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com