Catat! Inilah 6 Bekal Anak Sekolah Saat New Normal

Catat! Inilah 6 Bekal Anak Sekolah Saat New Normal

Di era new normal, persiapan anak untuk kembali masuk sekolah menjadi sangat penting. Saat ini, Indonesia sedang menghadapi era new normal di mana beberapa pekerja kantoran sudah mulai masuk kembali untuk bekerja. Namun, untuk anak-anak sekolah, mereka masih belajar secara online di rumah hingga bulan Desember nanti. Namun, ketika saatnya tiba untuk kembali ke sekolah, anak-anak perlu dibekali dengan baik oleh orang tuanya.

Dalam era new normal ini, kebersihan dan keamanan anak menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, orang tua perlu mempersiapkan bekal anak sekolah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan buah hati dari virus penyakit. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang perlu dibawa anak saat mulai bersekolah lagi:

1. Bekal Makanan Sehat
Jajanan anak yang banyak dijual di sekitar sekolah belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu, anak sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sehat dari rumah untuk menghindari jajan sembarangan. Selain itu, anak juga perlu diedukasi tentang bahaya jajanan yang tidak sehat, sehingga ia akan lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsinya.

Bekali anak dengan makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembangnya. Pastikan bekal anak terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. Selain makanan pokok, berikan anak cemilan yang sehat seperti buah, biskuit, puding, jus, susu, keju, atau yogurt. Kemaslah bekal dengan tatanan yang menarik agar anak lebih semangat untuk melahapnya.

2. Masker
Masker merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa anak saat sekolah di era new normal ini. Masker berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut anak agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuhnya. Jenis masker yang digunakan bisa berupa masker medis sekali pakai atau masker kain yang bisa dicuci ulang untuk dipakai lagi.

Baca Juga:  Masalah Pada Usia Pernikahan di Atas 10 Tahun

Pastikan anak membawa beberapa masker cadangan saat bersekolah. Jika menggunakan masker medis, masker tersebut hanya boleh dipakai sekali dan harus segera diganti dengan yang baru jika sudah kotor atau rusak. Sementara itu, masker kain bisa dicuci setelah digunakan dan digantikan dengan yang bersih. Pilihlah masker kain yang nyaman digunakan agar tidak menyebabkan pengap atau iritasi pada kulit anak. Ingatkan anak untuk selalu memakai masker selama berada di sekolah.

3. Hand Sanitizer
Tangan merupakan sumber utama penyebaran kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, penting bagi anak untuk selalu membersihkan tangan setiap saat, terutama setelah menyentuh benda, sebelum makan, dan setelah bepergian. Namun, tidak selalu memungkinkan bagi anak untuk mencuci tangan dengan air dan sabun di sekolah.

Untuk itu, anak perlu selalu membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol dan mampu membunuh virus. Dengan membawa hand sanitizer, anak tidak perlu repot-repot pergi ke kamar mandi untuk mencuci tangan.

4. Face Shield
Face shield dapat menjadi alternatif untuk melindungi anak dari virus berbahaya. Alat ini berfungsi sebagai pelindung wajah agar virus tidak langsung masuk ke hidung, mulut, dan mata anak. Penggunaan face shield dapat memberikan perlindungan ekstra selain menggunakan masker.

Untuk anak, pilihlah face shield yang terbuat dari mika dengan lingkar kepala dilapisi busa untuk memberikan kenyamanan saat digunakan. Pada bagian lingkar kepala, biasanya terdapat gambar-gambar lucu yang disukai anak-anak serta tempat untuk menulis nama anak agar tidak tertukar dengan milik teman-temannya.

5. Tissue Basah dan Kering
Anak juga sebaiknya selalu dibekali dengan tissue basah dan tissue kering saat bersekolah. Tissue kering berguna untuk mengeringkan tangan yang basah, membersihkan peralatan yang kotor, dan melapisi tangan saat akan menyentuh apapun. Meskipun sudah menggunakan hand sanitizer, tetapi lebih baik lagi jika tangan dilapisi dengan tissue agar tidak langsung menyentuh wajah secara langsung.

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Senam Ibu Hamil!?

Sementara itu, tissue basah yang mengandung alkohol dapat digunakan sebagai pengganti hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan peralatan sekolah yang kotor agar terbebas dari virus.

6. Pelembab Tangan
Pelembab tangan adalah perlengkapan yang opsional, namun sangat penting terutama bagi anak yang memiliki kulit sensitif. Frekuensi mencuci tangan yang tinggi dapat membuat kulit tangan menjadi kering dan iritasi. Oleh karena itu, penting untuk membekali anak dengan pelembab tangan yang sesuai dengan jenis kulitnya.

Minta anak untuk mengoleskan pelembab tangan setelah mencuci tangan agar tetap lembab dan terhindar dari iritasi. Dengan demikian, anak tidak akan merasa tidak nyaman saat harus sering mencuci tangan di sekolah.

Itulah beberapa perlengkapan yang perlu dibawa anak saat sekolah di era new normal. Pastikan semua perlengkapan tersebut tersedia dan siap digunakan oleh anak. Selain itu, penting juga untuk mengingatkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta orang lain di sekitarnya.

Di rumah, orang tua juga harus tetap meningkatkan sistem imun anak dengan memberikan makanan bernutrisi dan menjaga kebersihan lingkungan. Ketika anak pulang sekolah, pastikan ia segera mandi, mencuci tangan dan kaki, serta membersihkan peralatannya dengan desinfektan. Dengan cara ini, diharapkan keluarga dapat terlindungi dari virus berbahaya dan tetap sehat.

Jadi, sudah siapkah Anda dengan bekal anak sekolah untuk menghadapi era new normal ini? Pastikan tidak ada hal yang terlewatkan. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan anak, dan ajarkan mereka pentingnya menjaga kebersihan diri di sekolah dan di lingkungan sekitar. Semoga keluarga Anda senantiasa sehat dan terhindar dari virus.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com