7 Cara Sederhana Atasi Si Kecil yang Benci Buah dan Sayur

7 Cara Sederhana Atasi Si Kecil yang Benci Buah dan Sayur

Si Kecil tidak menyukai buah dan sayur? Tenang! Hal itu sangat normal dialami oleh balita. Mereka umumnya lebih menyukai berbagai makanan yang manis seperti permen dan cokelat. Namun, Bunda tentu mengetahui betapa pentingnya asupan buah dan sayur bagi tubuh si Kecil. Nutrisinya tidak akan tercukupi jika asupan buah dan sayur tidak didapatkan oleh tubuh si Kecil. Oleh karena itu, Bunda bisa mencoba 7 cara sederhana berikut ini agar si Kecil mau mengonsumsi buah dan sayur. Yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Ajak si Kecil untuk menyiapkan makanannya

Untuk membuat si Kecil menyukai buah dan sayur memang bukan perkara mudah. Namun ibu bisa mengusahakan hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengajak si Kecil membantu menyiapkan makanannya. Biarkan si Kecil memilih buah dan sayur apa yang ingin ia makan. Bunda sebaiknya memberi peraturan bahwa minimal harus ada 2 jenis buah dan 2 jenis sayur dalam piring si Kecil. Dengan membantu menyiapkan makanan untuk dirinya sendiri, si Kecil akan lebih bersemangat dan berselera saat makan.

2. Potong sayur dan buah dengan berbagai bentuk unik

Pada usia dini, si Kecil mudah teralih perhatiannya serta kagum pada hal baru. Pada bagian inilah ibu diharapkan dapat berkreasi sebanyak mungkin. Buatlah berbagai potongan unik dan menarik sehingga si Kecil mau memakan buah dan sayur di piringnya. Bentuk potongan tersebut menjadi figur yang lucu. Cara ini biasanya cukup efektif membuat si Kecil mau menghabiskan buah dan sayur yang disajikan untuknya.

3. Sajikan sebagai olahan yang tidak tampak seperti sayur dan buah

Selain membuat potongan yang unik, Bunda juga bisa mencoba menggunakan cara lain. Si Kecil yang pintar tentu telah mengenali berbagai bentuk buah dan sayur. Oleh karena itu, Bunda dapat mencoba menyajikan berbagai buah dan sayur dalam bentuk olahan. Hal ini dilakukan supaya makanan tersebut tidak lagi terlihat seperti buah dan sayur. Olahan yang bisa Bunda coba misalnya kue, puding, dan jus.

Baca Juga:  Wheelbarrow Position: Posisi Seks Buat yang Punya Rahim Terbalik Selain Doggy Style

4. Jangan memaksa si Kecil menghabiskan makanannya

Si Kecil tentu memiliki rasa bosan yang tinggi dan mudah hadir. Jadi, jika ia tidak sanggup menghabiskan makanannya, Bunda sebaiknya tidak memaksa. Bunda hanya akan membuat si Kecil merasa tertekan dan semakin membenci buah juga sayur apabila terus memaksa si Kecil menghabiskan makanannya. Triknya adalah berikan porsi kecil buah atau sayur namun dengan intensitas tinggi. Hal ini lebih efektif ketimbang memberikan porsi besar dalam satu waktu.

5. Sajikan makanan yang beragam warna dan bentuknya

Saat ibu menyajikan aneka sayur di piring si Kecil, usahakan ada berbagai warna. Meletakkan sayur yang hanya berwarna hijau saja tidak akan membuat si Kecil tertarik untuk makan. Semakin banyak warna sayur dan buah di piring, semakin menarik makanan tersebut. Berbagai warna akan mengingatkan si Kecil pada pelangi. Dengan begitu, si Kecil akan memakan sayur dan buah dengan lebih semangat.

6. Ajak si Kecil untuk makan bersama Bunda

Si Kecil belajar melalui apa yang ia lihat di sekitarnya, termasuk mengenai makanan. Bunda dapat membantu si Kecil agar menyukai buah dan sayur dengan cara memberi contoh. Ajaklah si Kecil makan bersama setiap hari. Tunjukkan padanya bahwa ibu selalu mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur. Dengan begitu, si Kecil akan mulai memakan buah dan sayur karena ingin seperti Bunda.

7. Berikan hadiah untuk membuatnya mau mengonsumsi buah dan sayur

Apabila si Kecil sangat keras kepala dan terus menolak makan buah dan sayur, gunakanlah cara ini. Katakan padanya bahwa Bunda akan memberi hadiah jika ia mau makan buah dan sayur. Hadiahnya tidak perlu besar dan mahal. Semisal dalam seminggu si Kecil bisa menghabiskan buah dan sayur yang selalu tersedia di piringnya, maka Bunda akan memberinya sebungkus lollipop atau coklat.

Baca Juga:  Manfaat Pengganti Baby Walker untuk si Kecil Belajar Jalan

Dengan menerapkan 7 cara sederhana ini, diharapkan si Kecil akan mulai menyukai buah dan sayur. Asupan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya akan tercukupi. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki preferensi makanan yang berbeda-beda. Jadi, Bunda harus tetap memperhatikan kebutuhan dan kesukaan si Kecil dalam menentukan menu makanannya. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com